Sukses


Buntut Kerusuhan Suporter, Rusia Terhindar dari Sanksi Berat

Bola.com, Nyon - Rusia terhindar dari sanksi berat buntut kerusuhan antar suporter yang terjadi di Marseille, Sabtu (11/6/2016) atau Minggu dini hari WIB. UEFA melalui pernyataannya hanya menjatuhkan sanksi percobaan berupa denda kepada Uni Sepak Bola Rusia (RFU) karena bentrokan dan penggunaan suar di dalam stadion.

Suporter Rusia terlibat baku hantam dengan Hooligan Inggris jelang laga kedua tim di luar stadion. Aksi pelemparan botol dan perusakan dilakukan oleh kedua belah pihak.

Tak cukup sampai situ, bentrokan tersebut pun berlanjut di dalam Stade Velodrome. Kejadian itu bermula dari sektor belakang gawang Inggris di mana fans Rusia langsung menyerang Hooligan setelah laga usai.

Akibat kejadian tersebut, sedikitnya 20 orang dilaporkan mengalami luka ringan dan dua lainnya mengalami luka parah dan harus mendapatkan perawatan intensif. UEFA yang langsung melakukan penyelidikan akhirnya memberikan sanksi kepada RFU berupa denda sebesar 118 ribu poundsterling atau setara Rp 2 miliar.

"Sanksi tersebut ditujukan untuk RFU terkait bentrokan, penggunaan suar, dan perilaku rasial berupa denda 118 ribu poundsterling," bunyi pernyataan UEFA.

"Sanksi akan diberikan jika insiden yang sama terjadi lagi di salah satu stadion dalam satu pertandingan sisa Rusia selama turnamen," ungkap pernyataan tersebut.

Rusia diberi kesempatan untuk melakukan banding atas sanksi tersebut. Namun, kubu tim Beruang Merah menyatakan menerima sanksi itu dengan lapang dada.

"Kami akan menerima keputusan UEFA dan tidak boleh ada sikap lain dari RFU. Hukuman memang berlebihan, tetapi kami tidak bisa mempengaruhi itu," ucap Menteri Olah Raga Rusia, Vitaly Mutko.

Rusia mengawali kiprah mereka di Piala Eropa 2016 dengan hasil imbang 1-1 melawan Inggris. Sempat tertinggal melalui gol Eric Dier (73), pasukan Leonid Slutsky terhindar dari kekalahan setelah Vasili Berezutski mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+2.

Hasil tersebut membuat Rusia kini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan satu poin. Pada laga selanjutnya, Aleksandr Kokorin dan kawan-kawan akan menghadapi Slovakia di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, Rabu (15/6/2016) malam WIB.

Sumber: Sky Sports

Video Populer

Foto Populer