Sukses


Del Bosque Tanggapi Ketangguhan Lini Belakang Italia

Bola.com, Paris - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, tak sepenuhnya menilai Italia sebagai tim yang gemar bertahan. Del Bosque menilai Gli Azzurri juga memiliki para penyerang yang berbahaya.

Citra sebagai tim bertahan memang telah menjadi identitas yang disematkan publik kepada Italia. Tak terkecuali di Piala Eropa 2016.

Bersama asuhan pelatih Antonio Conte, Italia menerapkan formasi andalan 3-5-2. Bertumpu pada trio Juventus, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci, membuat lini pertahanan Italia sukar ditembus.

Selama fase grup, Italia tercatat hanya kebobolan satu gol. Kekalahan itu terjadi ketika pada Chiellini tak dimainkan dalam laga fase grup matchday ketiga yakni takluk 0-1 dari Republik Irlandia (23/6/2016).

Oleh sebab itu, Vicente del Bosque meyakini laga babak 16 besar kontra Italia (27/6/2016) akan berlangsung sengit. Del Bosque pun memperingatkan anak asuhnya jika Italia tak hanya kuat dalam bertahan namun mematikan saat tengah menyerang.

"Italia sangat bagus dalam hal bertahan, tetapi mereka juga memiliki para penyerang. Mereka memiliki pemain yang suka melebar dengan dua penyerang dan benar memang dengan tiga bek ditambah De Rossi mereka tak banyak bergerak, namun itu tak membuat mereka sepenuhnya menjadi tim bertahan," kata Del Bosque.

"Mereka telah mengubah lini tengah dan mungkin lebih dalam ketimbang tahun 2012. Saya tak melihat mereka sebagai tim yang bertahan meski mereka memiliki label itu. Para bek tengah memang tampil bagus dan mereka sudah saling mengenal," ucap Del Bosque.

Spanyol melaju ke babak 16 besar dengan predikat sebagai runner-up Grup D. Sedangkan Italia lolos dari fase grup dengan mengantoni status juara Grup E.

Sumber: Sportsmole

Video Populer

Foto Populer