Sukses


4 Duel Sengit Jerman Kontra Italia di Turnamen Internasional

Bola.com - Jerman dan Italia akan adu kekuatan di perempat final Piala Eropa 2016, Minggu (3/7/2016) dini hari WIB. Dihuni pemain bintang dan memiliki segudang prestasi, tak berlebihan jika menyebut duel di Stade Matmut-Atlantique ini sebagai final kepagian.

Rivalitas antara Jerman dan Italia telah berjalan panjang. Pertemuan pertama antara kedua negara terjadi pada 1 Januari 1923. Saat itu Italia mengungguli Jerman dengan skor 3-1.

Sementara itu, pertemuan terakhir sebelum laga perempat final Piala Eropa tahun ini adalah laga uji coba pada Maret 2016. Ketika itu, Jerman mempermalukan Italia dengan skor 4-1.

Secara keseluruhaan, kedua negara telah bertemu sebanyak 33 kali. Italia masih unggul dengan catatan 15 kemenangan, sedangkan Jerman hanya meraih delapan kemenangan.

Italia juga mampu meraih hasil bagus ketika menghadapi Jerman di turnamen kompetitif, baik itu di Piala Dunia ataupun Piala Eropa. Gli Azzurri sukses memetik empat kemenangan dan empat hasil imbang dari delapan laga kontra Jerman.

Berikut ini empat pertemuan dramatis antara Jerman melawan Italia di turnamen internasional:

1. Italia 4-3 Jerman Barat (Piala Dunia 1970)
Laga semifinal Piala Dunia 1970 yang berlangsung di Stadion Azteca, Meksiko, mendapat predikat 'The Game of the Century'. Sebab, Italia dan Jerman tampil mengesankan dari fase grup hingga babak empat besar.

Italia berhasil unggul ketika laga baru berjalan delapan menit melalui gol Roberto Boninsegna. Namun jelang laga berakhir, Jerman menyamakan kedudukan melalui gol Karl-Heinz Schnellinger.

Skor sama kuat 1-1 membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Pada extra time inilah kejadian dramatis terjadi. Aksi saling susul berakhir dengan kemenangan Italia dengan skor akhir 4-3. Ketika kedudukan sama kuat 3-3, Gianni Rivera tampil sebagai pahlawan Gli Azzurri berkat golnya pada menit ke-111.

Italia pun lolos ke final untuk menghadapi Brasil. Demi mengenang laga tersebut, pihak penyelenggara sampai membuatkan plakat khusus di Stadion Azteca.

2. Italia 3-1 Jerman Barat (Piala Dunia 1982)
Pertandingan antara Italia dan Jerman pada final Piala Dunia 1982 di Spanyol menjadi pertemuaan keempat di turnamen internasional. Gli Azzurri dan Die Mannschaft bermain imbang tanpa gol pada paruh pertama pertandingan.

Memasuki babak kedua, Italia sukses mencetak tiga gol melalui Paolo Rossi (57'), Marco Tardelli (69'), dan Alessandro Altobelli (81'). Jerman hanya mampu membalas melalui gol Paul Breitner menit ke-83. Kemenangan 3-1 mengantarkan Italia meraih gelar Piala Dunia untuk kali ketiga.

3. Jerman 0-2 Italia (Piala Dunia 2006)
Jerman tampil percaya diri ketika menghadapi Italia pada semifinal Piala Dunia 2006. Berstatus sebagai tuan rumah, Jerman difavoritkan meraih kemenangan perdana atas Italia di turnamen internasional dan melaju ke final.

Setelah bermain tanpa gol pada waktu normal pertandingan, Die Mannschaft harus mengakui keunggulan Italia usai takluk dua gol tanpa balas pada babak tambahan.

Sepasang gol Italia disarangkan Fabio Grosso menit ke-119 dan Alessandro Del Piero menit ke-120+1. Pada akhirnya, Italia mengamankan gelar juara dunia untuk kali keempat setelah mengalahkan Prancis dengan skor 5-3 melalui adu penalti di partai final.

4. Jerman 1-2 Italia (Piala Eropa 2012)
Pertemuan kedelapan Jerman dan Italia di turnamen internasional terjadi pada semifinal Piala Eropa 2012. Die Mannschaft lagi-lagi tak mampu membendung ketangguhan Italia. 

Pada babak pertama, Jerman tertinggal 0-2 setelah Mario Balotell sukses membobol gawang Manuel Neuer pada menit ke-20 dan 36'. Gol penalti Mesut Ozil pada menit-menit akhir pertandingan tidak mampu menyelamatkan Jerman dari kekalahan. Nationalelf pun kembali gagal memperbaiki catatan rivalitasnya kontra Italia.

Sumber: ESPN FC

Video Populer

Foto Populer