Sukses


Perjalanan Bale Membawa Kejayaan Wales

Bola.com, Jakarta - Sepak terjang Gareth Bale membawa kebahagiaan bagi Wales. Dengan mencetak tiga gol, Bale mampu membawa Wales ke perempat final Piala Eropa 2016.

Bale memulai debutnya dengan Wales pada tanggal 27 Mei 2006. Sebenarnya, karena memiliki nenek yang berasal dari Inggris, Bale berhak bermain untuk Inggris. Namun, dalam wawancara pada tanggal pada 2007, Bale menegaskan bahwa bermain untuk Wales adalah impiannya.

"Sebuah kehormatan bisa bermain untuk Wales. Saya tidak berhubungan dengan akrab dengan orang-orang dari Inggris, hanya melalui agenku," kata Bale.

Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010, Wales menempati Grup A bersama Belgia, Kroasia, Serbia, Skotlandia, dan Makedonia. Sayangnya, Bale yang mencetak empat gol tidak mampu meloloskan Wales yang hanya menempati peringkat lima dari enam tim karena kebobolan 20 gol, lebih banyak dari tim peringkat terakhir Makedonia yang hanya kebobolan 16 gol.

Namun, Bale berhasil mengangkat asa Wales pada kualifikasi Piala Eropa 2016 yang akan diadakan di Perancis. Berlaga di Grup B bersama Belgia, Bosnia-Herzegovina, Israel, Siprus, dan Andorra, Bale berhasil membawa Wales lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Eropa 2016.

Pada pertandingan pertama melawan Andorra pada tanggal 9 September 2014, menurut laporan BBC, Wales hampir saja menjadi tim pertama yang tidak bisa mengalahkan Andorra dalam 41 pertandingan kualifikasi Piala Eropa, namun Bale berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-81 dan membawa Wales menang 2-1.

Bale kembali membawa kemenangan pada pertandingan kelima melawan Israel pada tanggal 28 Maret 2015. Bale mampu menambah keunggulan Wales dari gol pertama yang dicetak Aaron Ramsey dan kemudian membawa Wales menempati peringkat pertama dengan tiga kemenangan dan dua kali seri.

Pada pertandingan keenam, Wales berhadapan dengan Belgia. Pertandingan ini sekaligus menjadi caps Bale yang ke-50. Bale berhasil mencetak gol satu-satunya ke gawang Belgia untuk membawa kemenangan bagi Wales, sekaligus menjadi kekalahan pertama Belgia sejak Piala Dunia 2014.

Pertemuan selanjutnya dengan Siprus juga berbuah kemenangan untuk Wales pada tanggal 3 September 2015. Bale mencetak gol semata wayang Wales pada menit ke-18.

Pada akhirnya Bale berhasil mengunci satu tiket Untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 melalui kemenangan 2-0 atas Andorra pada tanggal 13 Oktober 2015. Gol dicetak Ramsey dan Bale.

Dari 11 gol yang dicetak Wales, tujuh gol di antaranya dilesakkan Bale atau 70 persen dari seluruh gol yang dicetak Wales selama kualifikasi. Pada Piala Eropa 2016 pun, Bale terus mencetak sejarah.

Bale menjadi pemain ketiga Piala Eropa yang mampu mencetak gol dalam tiga pertandingan beruntun. Sebelumnya, pemain-pemain yang pernah melakukan itu adalah Milan Baros (Republik Ceska) dan Ruud van Nistelrooy (Belanda).

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer