Sukses


Penuhi Janji, Del Bosque Tinggalkan Timnas Spanyol

Bola.com, Madrid - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, memenuhi janji untuk mundur seusai perhelatan Piala Eropa 2016. Pada Kamis (30/6/2016), pelatih berusia 65 tahun itu meletakkan jabatannya.

"Saya memutuskan tidak meneruskan karier sebagai pelatih timnas Spanyol. Apapun hasil yang didapat Spanyol, saya tidak ragu untuk membuat keputusan ini," kata Del Bosque kepada Radio Nacional.

Sebelumnya, Del Bosque sempat menyatakan bakal mundur seusai Piala Dunia 2014. Namun, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) membujuk sang pelatih untuk bertahan hingga Piala Eropa 2016.

Pada ajang kali ini, Spanyol gagal mempertahankan gelar yang didapat dalam dua edisi terakhir. Langkah La Furia Roja harus terhenti pada babak perdelapan final setelah kalah 0-2 dari Italia.

Del Bosque membesut Spanyol sejak 1 Juli 2008. Di bawah kendalinya, La Roja berhasil meraih gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Namun, Del Bosque gagal membawa Spanyol berjaya pada Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016.

Semenjak ditangani eks pelatih Real Madrid itu, Spanyol memiliki catatan 87 kemenangan dari 114 pertandingan. Kini, pihak RFEF masih mencari pengganti Del Bosque untuk membawa Spanyol menjalani babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer