Sukses


10 Fakta Menarik Jelang Laga Jerman Vs Italia

Bola.com, Bordeaux - Jerman dan Italia akan saling berhadapan di perempat final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade de Bordeaux, Sabtu (2/7/2016) atau Minggu dini hari WIB. Duel ini akan berjalan sengit mengingat sejarah panjang rivalitas kedua tim.

Jerman lolos ke perempat final setelah mengalahkan Slovakia tiga gol tanpa balas di Stade Pierre-Mauroy, 26 Juni 2016. Sementara itu, Italia berhasil membungkam Spanyol dengan skor 2-0 pada laga 16 besar di Stade de France, 27 Juni 2016.

Sejauh ini, Jerman dan Italia telah 33 kali bertemu di seluruh ajang kompetisi. Dari 33 pertemuan tersebut, Italia mampu memetik 15 kemenangan, Jerman dengan delapan kemenangan, dan 10 laga sisa berakhir imbang.

Pertemuan terakhir antara kedua negara terjadi pada Maret 2016 dalam laga uji coba. Pada pertandingan yang berlangsung di Kota Munchen tersebut, Die Mannschaft menang 4-1 atas Gli Azzurri. 

Sementara itu, pertemuan terakhir kedua negara di turnamen kompetitif terjadi pada semifinal Piala Eropa 2012. Ketika itu, Italia yang mampu mengalahkan Jerman dengan skor 2-1.

Berikut ini adalah 10 fakta menarik jelang laga Jerman melawan Italia:

1. Gawang Jerman belum kebobolan dalam lima laga terakhir yang mereka jalani. Terakhir kali gawang mereka kemasukan gol adalah pada pertandingan uji coba menghadapi Slovakia. Pada laga tersebut, Jerman kalah dengan skor 1-3.

2. Jerman akan bermain untuk kali pertama di Stade de Bordeaux.

3. Jerman menjalani Piala Eropa ke-12 secara beruntun. Kali terakhir mereka tidak lolos ke putaran final adalah pada 1968.

4. Jerman merupakan juara Piala Eropa edisi 1972, 1980 dan 1996. Secara total, Jerman telah menembus final sebanyak enam kali, dan tiga kali keluar sebagai pemenang.

5. Pada Piala Eropa 2000 dan 2004, Jerman gagal lolos dari fase grup.

6. Italia berhasil memenangi lima dari enam laga terakhir yang mereka jalani. Gli Azzurri selalu mencatatkan clean sheet dari lima laga yang mereka menangi tersebut.

7. Italia sudah tampil sebanyak sembilan kali di putaran final Piala Eropa. Terakhir kali Italia tidak lolos ke putaran final adalah pada Piala Eropa 1992.

8. Italia adalah juara Piala Eropa 1968. Secara total, mereka berhasil menembus final sebanyak tiga kali. Terakhir kali Italia bermain di final adalah pada Piala Eropa 2012.

9. Laga melawan Jerman adalah untuk kedua kalinya Italia bermain di Stade de Bordeaux. Sebelumnya Italia pernah bertanding melawan Cile di tempat yang sama pada Piala Dunia 1998.

10. Pada delapan pertemuan sebelumnya di turnamen kompetitif, Jerman belum pernah meraih kemenangan atas Italia

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer