Sukses


Wales Tendang Belgia, Bale Jumpa Ronaldo di Semifinal

Bola.com, Lille - Wales menaklukkan Belgia, 3-1, pada perempat final Piala Eropa 2016 di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Jumat (1/7/2016) atau Sabtu dini hari WIB. Pada laga tersebut, The Dragons sempat tertinggal lebih dahulu dari De Rode Duivels.

Belgia tampil tanpa dua pilar andalan di lini belakang. Thomas Vermaelen menjalani sanksi akumulasi kartu kuning, sementara Jan Vertonghen mengalami cedera yang membuatnya mengakhiri Piala Eropa 2016 lebih cepat.

Sedangkan Wales bermain dengan skuat terbaik. Gareth Bale dan Aaron Ramsey masih menjadi andalan The Dragons untuk menggempur pertahanan De Rode Duivels.

Memasuki menit ke-7, Belgia hampir membuka keunggulan. Tiga peluang beruntun dari Yannick Ferreira Carrasco, Thomas Meunier, dan Eden Hazard masih gagal karena penyelematan gemilang dari para pemain Wales.

Namun, keberuntungan The Dragons sirna pada menit ke-13. Tembakan jarak jauh Radja Nainggolan tak mampu dihentikan kiper Wales, Wayne Hennessey. Belgia membuka skor 1-0 atas Wales.

Itu menjadi gol kedua Nainggolan pada ajang ini. Sebelumnya, pemain AS Roma tersebut juga mencetak gol dari jarak jauh saat Belgia menang 1-0 atas Swedia, Rabu (22/6/2016).

Tertinggal gol dari Belgia, Wales mencoba membangun serangan lebih efektif. Pada menit ke-26, Wales hampir menyamakan skor melalui Neil Taylor, namun masih bisa digagalkan Thibaut Courtois.

Lima menit berselang, Wales akhirnya bisa menyamakan skor 1-1. Umpan sepak pojok Ramsey disambut sundulan Ashley Williams yang mengoyak jala Belgia.

Gol tersebut membangkitkan semangat para pemain Wales. Namun hingga babak pertama berakhir, skor bertahan 1-1.

Pada babak kedua, pelatih Belgia, Marc Wilmots, melakukan pergantian pemain. Carrasco ditarik keluar untuk memberikan kesempatan kepada Marouane Fellaini bermain.

Namun, keputusan tersebut justru membawa petaka bagi De Rode Duivels. Wales mampu berbalik unggul melalui gol Hal Robson-Kanu setelah menerima umpan Ramsey pada menit ke-55.

Gol dari Robson-Kanu terbilang bagus. Mendapat pengawalan dari Thomas Meunier dan Fellaini, pemain yang saat ini tidak mempunyai klub itu melakukan gerak tipu dan tinggal berhadapan dengan Courtois. Tanpa kesulitan, Robson-Kanu melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dihalau Courtois.

Skor 2-1 untuk Wales membuat Belgia semakin tertekan. Pasukan Wilmots kesulitan meladeni permainan disiplin dari anak-anak asuhan Chris Coleman.

Pada menit ke-75, Belgia mencoba tampil lebih menyerang demi mencetak gol penyeimbang. Jordan Lukaku yang bermain di posisi bek digantikan Dries Mertens yang merupakan pemain sayap.

Pada menit itu juga pemain andalan Wales, Ramsey, harus menerima kartu kuning karena dianggap dengan sengaja menyentuh bola menggunakan tangan. Itu tandanya, Ramsey harus absen jika Wales lolos ke semifinal Piala Eropa 2016.

Saat Belgia berupaya tampil lebih menyerang, Wales mampu memaksimalkan setiap peluang yang ada. Pada menit ke-85, pemain pengganti Sam Vokes menambah keunggulan timnya melalui sundulan memanfaatkan umpan Chris Gunter. Laga pun berakhir 3-1 untuk kemenangan Wales.

Hasil ini membawa The Dragons lolos ke semifinal Piala Eropa 2016. Pada laga nanti, Bale dan kawan-kawan akan berjumpa Portugal yang dikapteni Cristiano Ronaldo di Stade de Lyon, Lyon, Rabu (6/7/2016) atau Kamis dini hari WIB.

Susunan pemain

Wales: 1-Wayne Hennessey; 5-James Chester, 6-Ashley Williams, 4-Ben Davies; 2-Chris Gunter, 7-Joe Allen, 16-Joe Ledley (8-Andy King 78), 10-Aaron Ramsey (19-James Collins 90), 3-Neil Taylor; 11-Gareth Bale; 9-Hal Robson-Kanu (18-Sam Vokes 80)
Pelatih: Chris Coleman

Belgia: 1-Thibaut Courtois; 16-Thomas Meunier, 2-Tobias Alderweireld, 15-Jason Denayer, 21-Jordan Lukaku (14-Dries Mertens 75); 4-Radja Nainggolan, 6-Axel Witsel; 11-Yannick Ferreira Carrasco (8-Marouane Fellaini 46), 7-Kevin de Bruyne, 10-Eden Hazard; 9-Romelu Lukaku (22-Michy Batshuayi 84)
Pelatih: Romelu Lukaku

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer