Sukses


7 Fakta Unik Keberhasilan Prancis Lumat Islandia

Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis sukses meraih tiket ke babak semifinal Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Islandia dengan skor 5-2, Minggu (4/7/2016). Berikut berbagai data dan fakta menarik yang berhasil terjaring seusai laga itu.

Bertanding di Stade de France, Saint-Denis, Prancis menutup jalannya babak pertama dengan keunggulan 4-0. Olivier Giroud membuka keunggulan Prancis pada menit ke-12. Kemudian, Les Bleus mencetak toga gol tambahan melalui Paul Pogba (20'), Dimitri Payet (43'), dan Antoine Griezmann (45').

Kolbeinn Sightorsson sempat memperkecil ketertinggalan Islandia menjadi 1-4 pada menit ke-56. Namun, Giroud membawa Prancis semakin menjauh melalui golnya tiga menit berselang. Islandia hanya mampu mencetak satu gol tambahan lewat aksi Birkir Bjarnason enam menit menjelang laga usai.

Prancis mendominasi jalannya pertandingan. UEFA melansir, Prancis memiliki 59 persen penguasaan bola dan meleaskan 651 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 91 persen. Les Blues memiliki 11 peluang. Sementara itu, Islandia hanya lima kali mengancam gawang Prancis.

Lawan Prancis pada babak semifinal Piala Eropa 2016 adalah Jerman, yang sebelumnya mengalahkan Italia dengan 6-5 melalui drama adu penalti. Laga akan berlangsung di Stade Velodrome, Marseille, (6/7/2016).

Catatan Menarik:

1. Islandia menjadi tim pertama sepanjang sejarah Piala Eropa yang tak merubah 11 susunan pemainnya dalam lima pertandingan.

2. Timnas Prancis tak pernah kalah dalam lima pertandingan kompetitif saat Mousa Sissoko tampil sebagai starter.

3. Bek Prancis, Samuel Umtiti, menjadi pemain di luar kiper yang mengecap caps pertama pada putaran final Piala Eropa sejak Gabriel de Michele pada tahun 1966.

3. Olivier Giroud menjadi pemain pertama Prancis yang mampu menciptakan gol pada babak pertama di Piala Eropa 2016.

4. Olivier Giroud menciptakan sembilan gol dari sembilan pertandingan terakhir ketika dia menjadi starter.

5. Prancis menjadi tim pertama yang mampu menciptakan empat gol pada babak pertama di putaran final Piala Eropa 2016.

6. Kolbeinn Sigthorsson mencetak dua gol untuk Islandia dari dua percobaan.

7. Untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, tercipta tujuh gol pada laga Piala Eropa.

Sumber: Opta Joe

 

Video Populer

Foto Populer