Sukses


Tembus 8 Besar Piala Eropa, Timnas Islandia Disambut Bak Pahlawan

Bola.com, Reykjavik - Tim nasional Islandia pulang kampung usai tersingkir pada babak perempatfinal Piala Eropa 2016. Sesampainya di rumah, anggota timnas disambut seperti layaknya pahlawan baru pulang dari medan perang. Masyarakat Islandia tumpah ruah di jalanan Reykjavik, Senin (4/7/2016) waktu setempat, untuk merayakan kesuksesan Islandia.

Para pemain Islandia menaiki bus terbuka di Reykjavik, Islandia. Ribuan warga Islandia turun meramaikan pawai tersebut. Mereka mengibarkan bendera Islandia sambil memberikan sambutan meriah. Para pemain Islandia juga mengajak warga untuk melakukan ritual ala Viking yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Islandia datang ke Prancis sebagai negara paling kecil, dengan populasi hanya 332,529 jiwa. Tidak hanya pada Piala Eropa 2016, namun pada seluruh catatan penyelenggaraan Piala Eropa, Islandia adalah negara terkecil yang pernah berpartisipasi.

Tetapi kecilnya negara tidak menjadi tolok ukur bagi negara untuk meraih prestasi. Di Prancis, Islandia berhasil berbicara banyak dengan prestasi yang mereka buat. Sebagai satu di antara negara debutan, Islandia sukses menembus babak perempat final. Pada prosesnya, skuat asuhan Heimir Hallgrimsson ini menyingkirkan Inggris pada babak 16 besar.

Mantan pelatih timnas Swedia yang kini berstatus sebagai asisten Hallgrimsson, Lars Lagerback, tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya bisa mencetak sejarah bersama Islandia.

"Kami datang sebagai negara underdog pada turnamen Piala Eropa. Namun dukungan luar biasa dari para suporter juga mempunyai andil besar dalam penampilan kami. Mereka sangat fantastis dan memberikan kesan yang positif terhadap Islandia. Pencapaian ini memang patut dirayakan," ujar Lagerback.

Islandia tergabung di Grup F bersama Hungaria, Portugal dan Austria. Diprediksi akan kesulitan pada fase grup, Islandia justru berhasil melaju ke fase knockout dengan status runners-up grup. Mereka hanya kalah selisih gol dari Hungaria yang menjadi juara Grup F.

Pada babak 16 besar Piala Eropa 2016, Islandia berhadapan dengan Inggris. Tanpa diduga, Gilvy Sigurdsson dan rekan-rekannya mampu menang dengan skor 2-1 dan melaju ke babak perempat final. Tuan rumah Prancis mengakhiri perjalanan mereka di perempat final setelah memenangi laga dengan skor 5-2.

Sumber: Daily Mail

Video Populer

Foto Populer