Sukses


6 Fakta Unik Laga Portugal Vs Wales di Semifinal Piala Eropa 2016

Bola.com, Lyon - Partai semifinal Piala Eropa 2016 mempertemukan timnas Portugal menghadapi Wales yang berlangsung di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Rabu (6/7/2016). Berikut berbagai fakta menarik menjelang pertandingan nanti.

Portugal mendapatkan tiket ke babak semifinal setelah menyingkirkan Polandia dengan skor 5-3 melalui drama adu penalti (30/6/2016). Sementara itu, Wales mengalahkan Belgia dengan skor 3-1 (2/7/2016).

Terakhir kali timnas Portugal melaju ke babak final adalah pada Piala Eropa 2004 ketika mereka menjadi tuan rumah. Portugal harus takluk dari Yunani dengan skor 0-1 pada laga puncak dan merelakan trofi Henri Delaunay.

Piala Eropa 2016 merupakan keikutsertaan pertama Wales pada turnamen Piala Eropa. Meskipun berstatus sebagai negara debutan, Wales mampu membuat kejutan dengan menginjakkan kaki pada babak semifinal. Gareth Bale didaulat menjadi inspirasi utama The Dragons untuk bisa mengukir prestasi.

Pertemuan pada babak semifinal nanti, merupakan pertemuan pertama Portugal dan Wales di turnamen kompetitif. Sebelumnnya, kedua negara sudah pernah bertemu tiga kali dalam laga eksebisi, Portugal memenangi dua laga dan Wales memenangi satu laga.

Pertandingan terakhir antara kedua negara terjadia pada Juni 2000. Kala itu Portugal melumat Wales dengan skor 3-0.

 Fakta Menarik Jelang Portugal Kontra Wales:

1. Enam pertandingan terakhir Portugal pada putaran final Piala Eropa selalu berakhir imbang dalam waktu 90 menit pertandingan.

2. Pada laga kontra Hungaria yang berakhir dengan skor 3-3, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam empat turnamen Piala Eropa berbeda. Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang bermain untuk 17 pertandingan pada putaran final Piala Eropa.

3. Semifinal kali ini menjadi semifinal kelima Portugal sepanjang keikutsertaannya pada Piala Eropa. Selecao Eropa hanya sekali meraih kemenangan pada babak semifinal, yaitu pada Piala Eropa 2004.

4. Wales akan memainkan laga semifinal pertamanya di turnamen kompetitif.

5. Pencapaian terbaik Wales selama mengikuti turnamen kompetitif adalah pada Piala Dunia 1958 ketika menembus perempat final.

6. Wales akan memainkan pertandingan pertama mereka di kota Lyon.

7. Cristiano Ronaldo dan Pepe akan berhadapan dengan Gareth Bale yang merupakan rekan satu tim di klub Real Madrid.

Sumber:UEFA

Video Populer

Foto Populer