Sukses


Ronaldo Gemilang, Portugal Pupus Mimpi Wales ke Final Piala Eropa

Bola.com, Lyon - Cristiano Ronaldo tampil gemilang untuk membawa Portugal menang 2-0 atas Wales pada semifinal Piala Eropa 2016 di Stade de Lyon, Lyon, Rabu (6/7/2016) atau Kamis dini hari WIB. Pemain Real Madrid tersebut mencetak satu gol dan satu assist untuk membawa Portugal ke final.

Dalam laga itu, Portugal tampil tanpa dua pemain andalan, yakni Pepe dan William Carvalho. Pepe mengalami cedera, sementara Carvalho absen karena akumulasi kartu kuning.

Sedangkan kubu Wales juga kehilangan dua pemain inti. Aaron Ramsey dan Ben Davies tidak bisa ikut bermain lantaran menerima akumulasi kartu kuning saat menghadapi Belgia.

Kehilangan beberapa pemain pilar, membuat kedua tim sedikit kesulitan mengembangkan permainan. Peluang pertama bahkan baru tercipta ketika pertandingan memasuki menit ke-16. Namun, tembakan Joao Mario masih melenceng dari sasaran.

Setelah peluang dari Portugal, Wales mencoba membalas. Tiga menit berselang, Gareth Bale mampu menciptakan kesempatan mencetak gol. Akan tetapi, sepakannya membuat bola hanya melambung dari sasaran.

Bale kembali mampu memberikan ancaman ke daerah pertahanan Portugal. Sayangnya, kesempatan Bale harus digagalkan penjaga gawang Seleccao, Rui Patrico, pada menit ke-23.

Sementara itu, Ronaldo yang menjadi andalan lini depan Portugal gagal memberikan kontribusi maksimal sepanjang babak pertama. Tercatat, pemain Real Madrid itu tidak sekalipun melepaskan tembakan ke gawang Wales hingga jeda pertandingan. Skor pun bertahan tanpa gol.

Ketidakmampuan Ronaldo memberikan kontribusi terbaik untuk Portugal, ternyata hanya terjadi pada babak pertama. Pemain berusia 31 tahun itu terbukti bisa mengembalikan performa permainannya setelah jeda.

Pada menit ke-50, Ronaldo bisa memecah kebuntuan dalam laga tersebut. Umpan silang Raphael Guerreiro disambut sundulan Ronaldo yang bersarang di gawang Wales. Portugal memimpin 1-0.

Belum sempat Wales bangkit dari gol pembuka itu, gawang Wayne Hennessey kembali harus kebobolan dalam tempo singkat. Kali ini, sepakan Ronaldo disambut sontekan Luis Nani yang membuat bola kembali mengoyak jala Wales pada menit ke-53.

Tertinggal dua gol, pelatih Wales, Chris Coleman, melakukan pergantian tiga pergantian pemain. Sam Vokes masuk menggantikan Joe Ledley pada menit ke-58, sementara Simon Church mengisi posisi Hal Robson-Kanu pada menit ke-63. Terakhir, Jonny Williams dimainkan untuk menukar posisi James Collins pada menit ke-66.

Sementara itu, Portugal baru melakukan pergantian pemain pada menit ke-74, saat memasukkan Andre Gomes. Lima menit kemudian, Joao Moutinho mendapatkan menit bermain dari pelatih Fernando Santos.

Namun, segala upaya Wales untuk membalas gagal terwujud. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Portugal.

Kemenangan ini membawa Portugal lolos ke final. Ronaldo dan kawan-kawan akan bertemu pemenang antara Jerman kontra Prancis. Laga final bakal berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Minggu (10/7/2016) atau Senin dini hari WIB.

Susunan pemain

Portugal: 1-Rui Patricio; 21-Cedric Soares, 2-Bruno Alves, 4-Jose Fonte, 5-Raphael Guerreiro; 13-Danilo Pereira; 23-Adrien Silva (8-Joao Moutinho 79), 16-Renato Sanches (15-Andre Gomes 74), 10-Joao Mario; 17-Luis Nani (20-Ricardo Quaresma 86), 7-Cristiano Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Wales: 1-Wayne Hennessey; 5-James Chester, 6-Ashley Williams, 19-James Collins (20-Jonny Williams 66); 2-Chris Gunter, 7-Joe Allen, 8-Andy King, 16-Joe Ledley (18-Sam Vokes 58), 3-Neil Taylor; 11-Gareth Bale; 9-Hal Robson-Kanu (23-Simon Church 63)
Pelatih: Chris Coleman

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer