Sukses


8 Fakta Menarik Jelang Duel Sengit Jerman vs Prancis

Bola.com, Marseille - Jerman dan Prancis akan bentrok pada laga semifinal Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB. Kedua tim bakal tampil habis-habisan demi mengamankan satu tiket berlaga di final.

Duel Jerman kontra Prancis pada fase empat besar Piala Eropa tahun ini merupakan final kepagian. Sebab, kedua negara adalah kandidat kuat menjuarai turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Die Mannschaft berhasil meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang dalam lima laga terakhir di Piala Eropa, termasuk mengalahkan Italia dengan skor 6-5 lewat drama adu penalti pada perempat final di Stade Matmut-Atlantique, 3 Juli 2016.

Hasil yang sama juga didapat Prancis dari fase grup hingga perempat final. Skuat asuhan Didier Deschamps itu merengkuh empat kemenangan dan satu hasil imbang dari lima pertandingan terakhir. Les Blues menembus semifinal usai melumat Islandia dengan skor 5-2 di Stade de France, 4 Juli 2016.

Prakiraan susunan pemain Jerman Vs Prancis. (Bola.com/Adreanus TItus)

Dengan catatan tersebut, duel ini diyakini berjalan menarik sejak menit awal. Sebab, Jerman meraih sembilan kemenangan, Prancis dengan 12 kemenangan, dan enam laga berakhir imbang dari 27 pertemuan terakhir kedua negara di seluruh ajang kompetisi.

Lantas, tim manakah yang akan meraih kemenangan dan lolos ke final Piala Eropa 2016? Layak untuk dinantikan.

Berikut ini delapan fakta menarik jelang laga Jerman melawan Prancis:
1. Kedua negara telah 27 kali bertemu di seluruh ajang kompetisi, di mana Jerman meraih sembilan kemenangan, Prancis memetik 12 kemenangan, dan enam laga berakhir imbang. Dari 27 laga itu, kedua tim juga sama-sama mencetak 43 gol.

2. Sementara itu, Jerman berhasil meraih dua kemenangan, Prancis satu kemenangan, dan satu laga berakhir imbang dari empat pertemuan terakhir kedua negara di turnamen resmi.

3. Satu-satunya kemenangan Prancis atas Jerman di turnamen resmi terjadi pada Piala Dunia 1958. Dalam laga perebutan tempat ketiga tersebut, Prancis menang dengan skor telak 6-3.

4. Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada laga persahabatan di Stade de France pada 13 November 2015. Pertandingan yang diwarnai teror bom tersebut, Prancis menang 2-0 berkat gol Olivier Giroud dan Andre-Pierre Gignac.

5. Jerman tak terkalahkan dalam enam laga terakhir, dengan rincian empat kemenangan dan dua hasil imbang. Terakhir kali Jerman menelan kekalahan adalah ketika takluk 1-3 dari Slovakia pada pertandingan persahabatan, 29 Mei 2016.

6. Jerman terakhir kali gagal lolos ke semifinal Piala Eropa terjadi pada edisi 2004. Saat itu, Die Mannschaft gagal lolos dari fase grup.

7. Prancis tidak menelan kekalahan dalam sembilan laga terakhir (8 menang; 1 imbang). Skor 0-0 kontra Swiss pada laga Grup A sekaligus menyudahi catatan enam kemenangan beruntun Les Blues.

8. Rekor timnas Prancis saat bermain di Kota Marseille adalah tujuh menang, tiga imbang, dan menelan empat kekalahan. Salah satu kemenangan Prancis di Marseille adalah saat melakoni laga final Piala Eropa 1984 di Stade Velodrome. Menghadapi Portugal, Prancis menang dengan skor 3-2.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer