Sukses


Celtic FC Vs Barcelona: Balasan Pengorbanan Lionel Messi

Bola.com, Dublin - Barcelona bersua Celtic FC pada laga perdana International Champions Cup (ICC) 2016, di Aviva Stadium, Sabtu (30/7/2016) atau Minggu (31/7/2016) dini hari WIB. Bagi El Barca, yang berstatus tamu, pertandingan kali ini terasa istimewa. Di sana hadir sang ikon, Lionel Messi.

Padahal, tak ada nama Messi pada rencana awal program pramusim sang juara bertahan La Liga tersebut. Sang Messiah masih mendapat dispensasi usai membela Argentina pada ajang Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat (AS). Namun, keputusan pasangan sehati Antonella tersebut, membuat kubu Barcelona tak bisa menolak.

Messi sudah berlatih bersama rekan-rekannya sejak hari pertama datang ke Britania Raya. Ia ikut melahap rangkaian materi latihan di St. George's Park, pemusatan latihan Barcelona selama berada di Inggris.

Tak heran, beberapa pemain mengungkapkan rasa kagum dan senang dengan keberadaan Messi. Laga versus Celtic bakal dijadikan sarana untuk memperlihatkan keberadaan Messi bukan sekadar formalitas belaka.

 Ikon Barcelona, Lionel Messi (kanan) melakukan lompatan pada sesi latihan Barcelona, di St Georges Park National Football Centre, Burton-upon-Trent, Jumat (29/7/2016). Messi memutuskan untuk memangkas masa libur demi bergabung dengan armada El Barca.  (R

Gelandang Aleix Vidal mengungkapkan, rekan-rekannya semakin antusias berkat kehadiran 'mendadak' Messi. "Keputusan Messi sungguh luar biasa. Dia rela memangkas libur demi kebersamaan tim. Saya pikir laga kontra Celtic bakal berwarna beda, dan kami siap untuk memberikan kemenangan bagi Messi," tukasnya, di Barcablaugranes, Sabtu (30/7/2016).

Pemain muda Carles Alena mengaku semakin terpacu tatkala bisa merasakan latihan jelang laga versus Celtic, dengan keberadaan Messi. Meski mungkin tak berstatus starter, Messi akan memberikan dorongan motivasi tersendiri.

"Sepanjang sesi latihan, dia selalu memberi kami dorongan luar biasa. Ia selalu memberi hal-hal baru, terutama pengalaman. Sungguh, saya berharap bisa bermain dengannya saat bersua Celtic, lalu kami meraih kemenangan," tegas Alena.

Suasana latihan skuat Barcelona di St Georges Park National Football Centre, Burton-upon-Trent, Jumat (29/7/2016). Lionel Messi (dua dari kiri) dan Luis Suarez (tengah) sudah bergabung dengan rekan-rekannya.  (Reuters/Darren Staples)

Bagi Pelatih Barcelona, Luis Enrique Martinez, kehadiran Messi memberi benefit tersendiri. Setidaknya, ia bisa mencoba alternatif lebih cepat pada pola tridente tanpa Neymar. Nama terakhir tak dapat memperkuat tim sepanjang pramusim karena membela Timnas Brasil di Olimpiade Rio da Janeiro 2016.

2 dari 4 halaman

Tridente Alternatif

Berbekal skuat muda, pola ideal tridente bakal diisi Lionel Messi, Luis Suarez dan Munir El Haddadi. "Banyak manfaat ketika Anda mengadakan laga-laga pramusim. Saya bisa melihat perkembangan anak-anak muda, serta menemukan variasi individu untuk mengisi posisi tertentu, termasuk penyerang," kata Enrique.

Penampakan Messi juga menjadi bagian untuk menjaga mentalitas tim. Sepanjang pramusim, hampir dipastikan Los Azulgrana tak diperkuat beberapa pemain inti mereka. Setidaknya tak akan ada nama Gerard Piqué, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta dan Javier Mascherano, selama di Britania Raya.

Para Pemain Barcelona menikmati sesi latihan jelang laga melawan Celtic pada ajang International Champions Cup 2016 di St George's Park, Inggris (25/7/2016). (AFP/Oli Scarff)

Bagi Enrique, bersua Celtic dianggap berada dalam posisi tepat. Tuan rumah hampir dipastikan tak akan turun dengan kekuatan terbaik. Manajer Brendan Rodgers mengungkapkan, mereka fokus menghadapi Leg 2 Babak Kualifikasi III Liga Champions.

Asisten Pelatih Celtic FC, John Kennedy mengakui, Rodgers memberikan instruksi untuk menurunkan pemain secara seimbang, yakni setengah inti dan sisanya adalah pemain cadangan. "Itu pilihan terbaik bagi kami, karena konsentrasi ada pada Liga Champions, karena kami tak ingin gagal di sana. Bertemu Barcelona adalah pengalaman luar biasa, tapi tim tetap ingin ada di Liga Champions," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:
Celtic (3-5-2): Gordon; Janko, Lustig, O'Connell; Roberts, McGregor, Brown, Armstrong, Izaguirre; Griffiths, Dembélé
Pelatih: Brendan Rodgers

Barcelona (4-3-3): Masip; Roberto, Adriano, Vidal, Mathieu; Turan, D. Suárez, Samper; Messi, Suárez, Tello
Pelatih: Luis Enrique Martinez

4 dari 4 halaman

Head to Head

Head to Head
11/12/2013 Barcelona 6-1 Celtic (Liga Champions)
1/10/2013 Celtic 0-1 Barcelona (Liga Champions)
7/11/2012 Celtic 2-1 Barcelona (Liga Champions)
23/10/2012 Barcelona 2-1 Celtic (Liga Champions)
4/3/2007 Barcelona 1-0 Celtic (Liga Champions)

5 Laga Tearkhir Celtic FC
13/7/2016 Lincoln Red Imps 1-0 Celtic (Liga Champions)
16/7/2016 Celtic 2-1 Wolfsburg (Persahabatan)
21/7/2016 Celtic 3-0 Lincoln Red Imps (Persahabatan)
23/7/2016 Celtic 1-1 Leicester City (ICC)
27/7/2016 Astana 1-1 Celtic (Liga Champions)

5 Laga Terakhir Barcelona
24/4/2016 Barcelona 6-0 Sporting Gijón (La Liga)
1/5/2016 Real Betis 0-2 Barcelona (La Liga)
8/5/2016 Barcelona 5-0 Espanyol (La Liga)
14/5/2016 Granada 0-3 Barcelona (La Liga)
23/5/2016 Barcelona 2-0 Sevilla (Copa Del Rey)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer