Sukses


5 Pemain Prancis dengan Nilai Transfer Tertinggi

Bola.com, Jakarta - Prancis dikenal sebagai satu di antara negara penghasil pesepak bola terbaik. Beberapa pemain legendaris banyak yang berasal dari negara tersebut seperti Michel Platini, Zinedine Zidane, Jean-Pierre Papin dan Just Fontaine. Negara ini juga lah yang menginisiasi adanya kejuaraan internasional seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

Sepanjang sejarah, ada dua pemain Prancis yang pernah memecahkan rekor transfer termahal di dunia, yaitu Papin dan Zidane. Papin menjadi pemain termahal ketika dibeli AC Milan dari Marseille pada tahun 1992. Rossoneri merogoh kocek mencapai 10 juta poundsterling atau setara dengan Rp 331,53 miliar jika disesuaikan dengan inflasi saat ini. Sementara itu Zidane dibeli Real Madrid dengan harga 47 poundsterling (Rp 820,16 miliar rupiah) dari Juventus pada tahun 2001.

Pada tahun 2016, rekor pemain termahal dunia berpotensi kembali dipegang oleh pemain Prancis. Banderol 100 juta poundsterling (Rp 1,74 triliun) yang disematkan kepada Paul Pobga berusaha ditebus oleh Manchester United.

Berikut ini adalah 5 Pemain Prancis dengan nilai transfer termahal:

2 dari 6 halaman

5. Karim Benzema

Karim Benzema
Karim Benzema menjadi sensasi ketika tampil gemilang bersama Olympique Lyon. Pemain keturunan Aljazair ini disebut sebagai suksesor Zinedine Zidane di timnas Prancis. Pada tahun 2009, dua klub raksasa eropa, Real Madrid dan Manchester United menjadikan Benzema sebagai buruan utama.

Benzema menjatuhkan pilihannya kepada Real Madrid yang memboyongnya dengan harga 30 juta poundsterling (Rp 523,47 miliar). Penyerang Prancis ini tampil bagus dan menjadi mesin gol Los Blancos. Benzema membentuk trisula maut di Real Madrid bersama Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale yang disebut trio BBC.

Hingga akhir musim 2015-16, Benzema sudah mencetak 161 gol dalam 317 pertandingan bersama Real Madrid.

3 dari 6 halaman

4. N'Golo Kante

N'Golo Kante
Sebelum bergabung dengan Leicester City, nama N'Golo Kante belum pernah terdengar. Kejelian yang dimiliki Steve Walsh membawa Kante ke Premier League untuk bergabung dengan Leicester City dengan harga 5,6 juta poundsterling (Rp 97,71 miliar). Tanpa disangka, pemain keturunan Mali ini menunjukkan performa positif dan menjadi tumpuan di lini tengah The Foxes dalam meraih trofi juara.

Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, menyebut Kante sebagai pembelian terbaik pada Premier League musim 2015-16. Performa apik Kante membuatnya menjadi incaran klub elit eropa. Kante menjatuhkan pilihannya kepada Chelsea yang bersedia memboyongnya dengan harga 32 juta poundsterling (Rp 558,37 miliar).

4 dari 6 halaman

3. Lilian Thuram

Lilian Thuram
Lilian Thuram menghabiskan sebagian besar kariernya di Liga Italia Serie A. Pada tahun 1996, Parma merekrutnya dari Monaco. Selama bermain di Italia, Thuram mengukuhkan namannya sebagai satu di antara bek terbaik dunia. Thuram memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya.

Pada tahun 2001, Juventus memboyong Thuram ke Turin dengan harga yang sensasional, yaitu 35 juta poundsterling (Rp 610,72 miliar). Di Bianconeri, pemain yang membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini mempersembahkan dua gelar Scudetto. Ia hengkang ke Barcelona pada tahun 2006 setelah Juventus mendapat hukuman turun ke Serie B karena terkait kasus Calciopoli.

5 dari 6 halaman

2. Anthony Martial

 

Anthony Martial
Nama Anthony Martial mulai melambung ketika Manchester United merekrutnya dengan harga 36 juta poundsterling (Rp 628,17 miliar) dari AS Monaco. Banyak yang belum mengetahui mengenai Martial karena saat itu ia masih berusia 19 tahun.

Media Inggris saat itu menyebutnya sebagai "The Next Thierry Henry". Pada musim perdananya di Old Trafford, Martial membuktikan dirinya kalau United tidak salah mengeluarkan harga yang tinggi untuk merekrutnya dengan 17 gol yang ia sumbangkan sepanjang musim 2015-16.

6 dari 6 halaman

1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane merupakan satu di antara maestro sepak bola pada generasinya. Zidane membuktikan dirinya sebagai pemain dengan atribut yang lengkap. Kemampuannya mengolah kulit bundar sering membuat pemain lawan frustrasi. Zidane adalah pahlawan Prancis ketika mencetak dua gol ke gawang Brasil pada final Piala Dunia 1998.

Setelah lima musim berkostum Juventus, Zidane memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan menerima pinangan Real Madrid. Los Blancos rela mengeluarkan uang sebesar 47 juta poundsterling (Rp 820,16 miliar) dan memecah rekor transfer termahal dunia yang mereka cetak sendiri semusim sebelumnya ketika merekrut Luis Figo dari Barcelona.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer