Sukses


5 Klub dengan Penjualan Jersey Terbanyak pada Musim 2015-2016

Bola.com, Jakarta - Jersey merupakan atribut yang menghubungkan penggemar dengan klub sepak bola atau pemain favoritnya. Pada era sepak bola modern saat ini, jersey dijadikan sebagai satu di antara sumber pendapatan klub.

Oleh karena itu, banyak klub besar di Eropa berusaha keras untuk memperluas citranya secara global. Bahkan tak jarang, tur pramusim dimanfaatkan klub-klub tersebut untuk mempromosikan diri ke negara lain. 

Jumlah penjualan jersey bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan. Tidak heran jika klub-klub elit mempunyai nilai kontrak yang cukup besar dengan para sponsor apparelnya. Setiap musim, raksasa apparel seperti Nike dan Adidas terus mengeluarkan desain baru agar para penggemar kembali membeli untuk menambah koleksinya.

Berikut adalah 5 klub yang mencatatkan penjualan jersey terbanyak pada musim 2015-16:

5. Bayern Munchen

Bayern Munchen bisa disebut sebagai klub terbaik di Jerman. Bayern membuat citra klub begitu superior dibanding klub Jerman lainnya. The Bavarians membuat merk dagangnya meluas secara global berkat konsistensi tampil di Liga Champions. 

Tak heran jika Die Bayern berada di peringkat kelima sebagai klub dengan penjualan jersey terbanyak. Klub yang saat ini ditangani Carlo Ancelotti tersebut menjual sebanyak 1.500.000 jersey pada musim 2015-2016. Kehadiran Robert Lewandowski, Arturo Vidal, Franck Ribery dan Mats Hummels diyakini dapat menambah target penjualan jersey Bayern untuk musim 2016-17.

2 dari 3 halaman

1

4. Chelsea

Sejak dibeli Roman Abramovic, Chelsea telah mengubah takdirnya dari klub semenjana menjadi tim papan atas Premier League dan Eropa. Reputasi The Blues terus meningkat dengan prestasi dan kedatangan para pemain bintang. Hal ini tergambar dari penjualan jersey di seluruh dunia yang terus meningkat.

Jersey The Blues musim 2015-2016 tercatat laku terjual sebanyak 1.650.000 buah. Hasil ini mengungguli penjualan jersey milik klub Inggris lainnya, yaitu Arsenal dan Liverpool.

3. Real Madrid

Real Madrid merupakan klub tersukses di Eropa. Sebelas trofi Liga Champions menjadi bukti kedigdayaan Los Blancos. Alhasil, jersey putih Real Madrid menjadi incaran para penikmat sepak bola di seluruh dunia. Kedatangan pemain-pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema membuat penjualan jersey klub terus menanjak.

Pada musim 2015-2016, El Real mencatatkan penjualan jersey sebanyak 1.980.000 buah. Keberhasilan klub menjadi juara Liga Champions musim tersebut diprediksi akan meningkatkan pendapatan klub dari sektor jersey replika pada musim ini.

3 dari 3 halaman

2

2. Barcelona

Barcelona berhasil mengungguli rivalnya, Real Madrid, dalam penjualan jersey. Barcelona tercatat sebagai klub yang menduduki peringkat kedua yang jersey nya paling banyak dibeli di dunia. Pada musim 2015-16, Blaugrana menjual 2.290.000 kostum.

Semakin padunya trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar tidak diragukan lagi menambah daya tarik para suporter. Pada musim mendatang, Barcelona kembali menggunakan seragam merah biru dengan corak vertikal.

1. Manchester United

Manchester United adalah contoh klub yang sukses mengangkat citranya secara global. Merek dagang klub telah menggurita ke seluruh benua. Tidak heran jika MU tercatat sebagai klub yang penjualan jerseynya paling banyak di seantero dunia. Pada musim 2015-2016, United mencatatkan penjualan sebanyak 2.850.000 jersey.

Jumlah tersebut akan semakin meningkat pada musim ini dengan kedatangan Zlatan Ibrahimovic. Beberapa waktu lalu, kedatangan Ibra terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan jersey. Seminggu setelah Ibra bergabung, Setan Merah mencatatkan pemasukan dari penjualan jersey sebesar 76 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun).

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer