Sukses


Gol Vidal-Muller Antar Bayern Munchen Juara Piala Super Jerman

Bola.com, Dortmund - Bayern Munchen meraih trofi Piala Super Jerman 2016 setelah menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0, di Stadion Signal Iguna Park, Dortmund, Minggu (14/8/2016) atau Senin (15/8/2016) dini hari WIB. Dua gol FC Hollywood dilesakkan Arturo Vidal pada menit ke-58 dan Thomas Muller (79').

Raihan tersebut membuat Bayern Munchen menambah koleksi trofi Piala Super Jerman. Saat ini, Die Roten mengumpulkan 5 trofi. Tiga gelar sebelumnya diraih pada edisi 1987, 1990, 2010 dan 2012.

Pada pertarugan klasik di Jerman tersebut, kedua tim tampil dengan kekuatan seimbang. Persaingan seru dan ketat terjadi di lapangan. Tercatat, dalam 90 menit, wasit Tobias Welz mengeluarkan enam kartu kuning, masing-masing tiga bagi Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

Di lapangan, Dortmund langsung menggebrak. Bermain di venue sendiri membuat mereka bermain agresif. Hasilnya, pada menit ke-6, Shinji Kagawa sudah membuka peluang via tembakan kaki kanan.

Gelandang Bayern Munchen, Arturo Vidal merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund, pada laga Piala Super Jerman, di Signal Iduna Park, Dortmund, Senin (15/8/2016) dini hari WIB. Bayern Munchen unggul 2-0.  (AFP/Patrik Stollarz)

Dua menit berselang, giliran bomber Pierre-Emerick Aubameyang yang nyaris merobek jala 'tim tamu'. Sayang, sepakan kaki kanan sang penyerang berhasil diblok barisan pertahanan musuh.

Aubameyang kembali mendapatkan peluang pada menit ke-11. Berada di sudut sempit, ia masih sempat mengirim sepakan. Sayang, umpan dari Gonzalo Castro tersebut hanya melayang di atas gawang Manuel Neuer.

Bayern teru tertekan. Pada menit ke-32 dan 33', Dortmund kembali meraih peluang emas melalui Ousmane Dembele dan Adrian Ramos. Namun, usaha keduanya tak menemui sasaran.

FC Hollywood baru bereaksi pada menit ke-38. Arturo Vidal menuai atensi setelah sepakan kaki kanannya nyaris membuat timnya unggul. Begitu juga kans Robert Lewandowksi yang didapat pada menit ke-43.

Pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Thomas Muller (dua dari kanan). Bayern Munchen menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0, di Signal Iduna Park, Senin (15/8/2016) dini hari WIB. Dua gol dicetal Arturo Vidal dan Thomas Muller.  (AFP/Pat

Usai rehat, Dortmund tak mengendurkan tekanan. Terus menekan, mereka lengah. Kondisi tersebut dimanfaatkan Arturo Vidal untuk membuat Bayern Munchen unggul pada menit ke-58. Sepakan kaki kanannya sempat dimentahkan kiper Roman Bürki. Namun bola muntah disambar eks pemain Juventus tersebut, yang berhasil merobek jala Dortmund.

Dortmund bereaksi positif dengan meningkatkan tekanan. Lagi-lagi, kelengahan membuat jala mereka kebobolan. Kali ini melalui set piece sepakan pojok. Eks bek Dortmund, Mats Hummels berhasil menanduk bola dan mengarahkan pada Thomas Muller.

Nama terakhir lepas dari kawalan barisan pertahanan Dortmund, sehingga leluasa melesakkan boa ke gawang Dortmund melalui tembakan kaki kanan. Keunggulan 2-0 milik Bayern Munchen bertahan sampai akhir.

Catatan statistik DFB menunjukkan Dortmund menguasai pertandingan dengan 55 persen. Mereka juga mengirim 20 tembakan, dengan 5 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Bayern Munchen bermain lebih efektif dengan melakukan 9 tembakan, dan 5 di antaranya tepat sasaran.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: 38-Roman Bürki, 5-Marc Bartra, 25-Sokratis Papastathopoulos, 29-Marcel Schmelzer, 30-Felix Passlack, 23-Shinji Kagawa, 18-Sebastian Rode, 27-Gonzalo Castro, 17-Pierre-Emerick Aubameyang (9-Emre Mor, 78'), 7-Ousmane Dembele (21-André Schürrle), 20-Adrián Ramos (33-Julian Weigl)
Pelatih: Thomas Tuchel (Jerman)

Bayern Munchen: 1-Manuel Neuer, 8-Javi Martínez, 5-Mats Hummels, 27-David Alaba, 21-Philipp Lahm, 14-Xabi Alonso, 6-Thiago Alcantara, 23-Arturo Vidal (32-Joshua Kimmich, 71'), 9-Robert Lewandowski, 7-Franck Ribéry (29-Kingsley Coman, 65'), 25-Thomas Müller (13-Rafinha, 86')
Pelatih: Carlo Ancelotti (Jerman)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer