Sukses


Gol Otamendi Membuat Argentina Lolos dari Kekalahan Memalukan

Bola.com, Merida - Argentina hanya mampu meraih satu angka saat melawat ke markas Venezuela, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Bertanding di Estadio Metropolitano de Mérida, Mérida, Selasa (6/9/2016) atau Rabu (7/9/2016) dini hari WIB, Tim Tanggo ditahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2.

Nicolas Otamendi menjadi penyelamat muka Argentina, setelah mencetak gol penyeimbang pada menit ke-83. Sebelumnya, tuan rumah unggul dua gol lebih dulu via Juanpi pada menit ke-35 dan Josef Martinez (53').

Argentina baru bisa membalas pada menit ke-58 melalui Lucas Pratto. Hasil imbang ini membuat Argentina mengoleksi 15 poin dari 8 pertandingan. Venezuela masih berada di peringkat terbawah klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, dengan raihan 2 poin.

Pada pertandingan tersebut, Argentina turun dengan kekuatan penuh, di luar Lionel Messi. Hasilnya, dominasi permainan mutlak menjadi milik mereka. Kuartet lini belakang yang diisi Ramiro Funes Mori, Nicolás Otamendi, Marcos Rojo dan Pablo Zabaleta, awalnya bisa bermain nyaman.

Begitu juga dengan Ever Banega, Javeri Mascherano dan Lucas Biglia, yang relatif bebas mengatur irama bola dari lapangan tengah. Sedangkan trio lini depan, Lucas Pratto, Angel Di Maria dan Erik Lamela, bisa berkreasi.

Sayang, dominan tersebut tak berjalan efektif, karena justru tak sanggup mencetak gol pada babak pertama. Permainan solid Venezuela terlihat berkat performa bagus para bek di depan kiper Rafael Dudamel.

Daniel Hernandez, Oswaldo Vizcarrondo, José Velázquez, Mikel Villanueva dan Alexander González, sanggup tampil tegas. Begitu juga dengan Arles Flores, Tomás Rincón, Adalberto Peñaranda, Juanpi dan Josef Martinez, yang mampu mengeliminir serangan lawan.

Bahkan, beberapa kali justru Venezuela sanggup memberi sengatan via serangan balik, dengan bola langsung dikirim ke arah bomber Salomón Rondon. Hasilnya tergolong efektif. Pada menit ke-35, Venezuela berhasil memimpin pertandingan.

Sepakan kaki kiri Juanpi dari dalam kotak penalti, gagal dihalau kiper Argentina, Sergio Romero. Gol tersebut berawal dari dua pelanggaran beruntun yang dilakukan Nicolas Otamendi dan Javier Mascherano. Nama terakhir menjadi awal dari proses terciptanya gol tuan rumah.

Sempat bereaksi, namun Argentina kembali gagal menyamakan kedudukan. Usai rehat, Tim Tango langsung menggebrak. Kombinasi Lamela, Angel Di Maria, Ever Banega dan Lucas Pratto, sempat membuat keteteran kubu tuan rumah.

Sayang, asik menyerang, mereka justru lupa dengan konsentrasi di lini belakang. Alhasil, pada menit ke-53, tuan rumah menambah gol. Josef Martinez menjadi penakluk Romero, setelah sepakan kaki kanannya mengarah ke pojok kiri bawah, dan gagal dibendung.

Kali ini reaksi cepat Argentina membuahkan hasil. Lima menit usai gol kedua Venezuela, striker Lucas Pratto mampu merobek jala lawan. Keberuntungan hinggap di kubu Argentina. Venezuela harus kehilangan momentum penggantian pemain, setelah sang pengganti justru terkena cedera.

Pada menit ke-78, Jacobo Kouffaty menggantikan Josef Martinez. Namun, tiga menit berselang sang pemain pengganti justru cedera, dan harus digantikan Yonathan Del Valle. Pada menit ke-83, Argentina berhasil menyamakan kedudukan via Nicolas Otamendi.

Sang pemain berhasil memanfaatkan momentum kemelut di depan gawang Venezuela. Bek tengah asal Manchester City tersebut sukses memanfaatkan umpan Angel Di Maria, dan mengoyak jala Daniel Hernandez.

Skor 2-2 bertahan sampai akhir babak kedua. Argentina akan berlaga kembali kontra Peru (6/20/2016) dan Paraguay, lima hari kemudian.

Sumber: FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer