Sukses


Klasemen Eropa: Barcelona - Real Madrid Ketat, Juventus Nyaman

Bola.com, Jakarta Liga-liga domestik di kawasan Eropa berhenti sementara. Pada dua pekan mendatang, para pesepak bola bakal berjibaku bersama timnas negara masing-masing.

Jeda internasional pekan ini memanggungkan partai-partai internasional, baik persahabatan ataupun kualifikasi Piala Dunia 2018. Walhasil, laga Senin (7/11/2016) dini hari WIB, menjadi sajian terakhir di 5 kompetisi paling top di Eropa.

Premier League (Inggris), La Liga (Spanyol), Serie A (Italia), Bundesliga (Jerman) dan Ligue 1(Prancis), menyelesaikan pertandingan wajib sebelum masuk ke jeda internasional. Sebelum 'ditinggalkan' para pemain, kondisi persaingan ketat tergambar di 5 liga tersebut.

Barcelona dan Real Madrid kembali bersaing ketat di papan atas La Liga. Tak kalah seru suasana di posisi empat besar Premier League. Begitu juga kejutan Nice, yang meski kalah dini hari tadi, namun masih bisa mengungguli dua tim raksasa, AS Monaco dan Paris Saint-Germain.

Berikut ini kondisi klasemen pada 5 liga di kawasan Eropa

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Klasemen Liga Spanyol

1. Klasemen Liga Spanyol
Dua raksasa, Real Madrid dan Barcelona, kembali berada di jalur terdepan perburuan trofi jawara La Liga 2016-2017. Pada laga tadi malam, Real Madrid menang atas Leganes dengan skor 3-0, di Stadion Santiago Bernabeu.

Tak ingin kalah, beberapa jam kemudian, Barcelona mencuri angka penuh dari markas Sevilla. Dua gol dari Lionel Messi dan Luis Suarez, membuat Barcelona menang 2-1 di Ramon Sanchez Pizjuan.

Hasil tersebut membuat Real Madrid masih berada di puncak klasemen sementara La Liga 2016-2017 dengan 27 poin, disusul Barcelona di posisi ke-2 dengan 25 angka. Bagi Sevilla, kekalahan tersebut membuat mereka turun peringkat, menjadi ke-5.

Persaingan seru juga terjadi di zona degradasi. Sporting Gijon (9 angka), Osasuna (7) dan Granada (20), bakal bekerja keras untuk keluar dari area merah tersebut usai jeda internasional. Mereka harus segera bangkit jika tak ingin semakin terpuruk.

3 dari 6 halaman

Klasemen Liga Inggris

2. Klasemen Liga Inggris
Perubahan signifikan terjadi pada persaingan usai laga pekan ke-11 Premier League 2016-2017. Beberapa hasil berbeda yang didapat tim-tim papan atas, membuat klasemen sementara terjadi 'kontraksi'.

Liverpool berhasil duduk di posisi teratas dengan 26 angka. Hasil itu terjadi setelah The Reds berpesta gol ke gawang Watford. Pada laga di Stadion Anfield tersebut, Liverpool unggul dengan skor 6-1.

Raihan maksimal Liverpool, semakin positif saat duel Arsenal kontra Tottenham Hotspur berakhir imbang 1-1. Satu angka tak cukup bagi Arsenal untuk menyamai poin Liverpool. Arsenal berada di peringkat ke-4 klasemen sementara dengan torehan 24 angka.

Sedangkan Chelsea, yang sempat memimpin klasemen, harus lengser ke posisi runner-up dengan 25 poin, disusul Manchester City (24 poin). Persaingan ketat juga terjadi di zona degradasi.

Tiga tim, Hull City, Swansea City dan Sunderland, masih harus berjuang keras. Swansea City semakin terbenam setelah takluk kala menjamu Manchester United. The Swans kalah 1-3.

Kondisi miris tertuju pada sang juara bertahan, Leicester City. Mereka kembali menuai hasil buruk di kancah liga domestik setelah takluk di kandang sendiri dari West Bromwich Albion dengan skor 1-2. Kekalahan tersebut membuat mereka terpuruk di peringkat ke-14.

4 dari 6 halaman

Klasemen Liga Italia

3. Klasemen Liga Italia
Berbeda dengan liga lain, Serie A 2016-2017 masih memberi rasa nyaman pada Juventus. Sang juara bertahan masih berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 30 poin.

Paulo Dybala dkk unggul empat angka dari pesaing terdekat, AS Roma. Sementara AC Milan ada di posisi ke-3 dengan 25 angka. Komposisi tersebut terjadi setelah Juventus menekuk Chievo Verona dengan skor 2-1.

Raihan itu diikuti AC Milan, yang menekuk tuanr rumah Palermo dengan skor 2-1. AS Roma, yang sempat tergusur usai AC Milan menang, kembali ke posisi runner-up. I Lupi berada di bawah Juventus usai mengungguli Bologna dengan skor 3-0, pada laga di Stadion Olimpico.

Pada posisi papan bawah, tiga tim bersaing untuk keluar dari zona degradasi, yakni Pescara, Palermo dan Crotone. Tiga tim tersebut menuai hasil buruk pada giornata 12.

Pescara takluk dari sang tamu, Empoli dengan skor 0-4. Lalu, Palermo kalah saat kedatangan AC Milan dengan skor 1-2, dan Crotone kalah dari Inter Milan dengan skor 0-3.

5 dari 6 halaman

Klasemen Liga Jerman

4. Klasemen Liga Jerman
Bayern Munchen berada di posisi teratas klasemen Bundesliga 2016-2017 dengan raihan 24 poin. Hal yang mengejutkan, Leipzig masih meneruskan langkah hebat mereka.

Pada laga kontra Mainz 05, Leipzig menang dengan skor 3-1. Raihan maksimal tersebut membuat mereka menyamai perolehan poin Bayern Munchen. Leipzig hanya kalah selisih gol, dengan Bayern Munchen mengumpulkan keunggulan 18 gol, berbanding 13 gol.

Posisi ketiga dan keempat ditempat Hoffenheim serta Hertha BSC. Nasib ironi menjadi milik Werder Bremen. Mereka berada di posisi ke-16, alias masuk zona degradasi, usai kalah dari Schalke, dengan skor 1-3.

Bremen tak sendiri, karena ada dua tim lain yang menemani di zona merah, yakni Ingolstadt dan Hamburg SV. Dua tim terakhir sama-sama mengumpulkan 2 angka.

6 dari 6 halaman

Klasemen Liga Prancis

5. Klasemen Liga Prancis
Nice mengejutkan publik dengan keberadaan mereka di papan atas. Sayang, akhir pekan ini menjadi mimpi buruk bagi Mario Balotelli dkk. Nice harus mengakui keunggulan Caen dengan skor 0-1.

Hasil tersebut membuat Nice hanya berselisih tiga poin dari tim peringkat kedua dan ketiga, yakni AS Monaco serta Paris Saint-Germain (PSG). PSG merangsek ke peringkat tiga setelah menang atas Rennes dengan skor 4-0.

Pada peringkat terbawah, Lille harus waspada jika tak ingin terkena degradasi. Lille berada di peringkat ke-18 dengan 10 poin,. Dua tim terbawah, Nancy (9 poin) dan Lorient (7 poin).

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer