Sukses


FIFA Hukum Timnas Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara

Bola.com, Zurich - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi menjatuhkan hukuman kepada Timnas Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara karena memakai logo bunga Poppy pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Inggris didenda 45 ribu franc Swiss (Rp 588 juta) akibat menggunakan emblem bunga Poppy, ketika menang 3-0 atas Skotlandia dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Wembley, 12 November 2016.

Sementara itu, Timnas Skotlandia yang menyematkan simbol bunga Poppy di pita hitam lengan kanan, dijatuhi denda 20 ribu franc Swiss (Rp 261 juta). Kedua negara tersebut dinilai telah melanggar FIFA Law of The Game.

FIFA selama ini tegas melarang penggunaan simbol-simbol berbau politik, agama, atau bentuk komersialisasi di dalam pertandingan sepak bola. Hukuman pun siap diberikan bagi yang melanggar, baik itu tim ataupun individu pelatih dan pemain.

"FIFA hari ini (19/12/2016), mengonfirmasi hukuman yang dijatuhkan terhadap beberapa asosiasi sepak bola terkait insiden yang terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 dan pertandingan persahabatan," bunyi pernyataan resmi FIFA.

"Timnas Inggris dijatuhi denda 45 ribu franc Swiss atas beberapa kejadian pada laga Inggris kontra Skotlandia, termasuk sesuatu yang diperlihatkan federasi sepak bola tim tuan rumah, tim Inggris dan penonton dari simbol politik dan beberapa kasus kesalahan penonton."

"Timnas Skotlandia yang bertindak sebagai tim tamu dijatuhi denda 20 ribu franc Swiss untuk menampilkan simbol politik yang sama dan kasus pelanggaran yang dilakukan oleh suporter Skotlandia."

Selain Timnas Inggris dan Skotlandia, FIFA juga menghukum Timnas Wales dan Irlandia Utara karena masalah serupa. Wales memakai simbol bunga Poppy pada saat bersua Serbia, 13 November 2016, sedangkan Irlandia ketika menghadapi Azerbaijan pada 12 November 2016.

"Wales dijatuhi denda 20 ribu franc Swiss dan Irlandia Utara didenda 15 ribu franc Swiss terkait beberapa insiden termasuk tampilan simbol politik ketika Wales menghadapi Serbia, dan Irlandia Utara yang menghadapi Azerbaijan," lanjut pernyataan tersebut. 

Simbol bunga Poppy merupakan lambang peringatan penghentian Perang Dunia I di fron barat antara sekutu dengan Jerman pada 11 November 1918. Peringatan itu juga dikenal sebagai Armistice Day oleh sekutu termasuk Inggris dengan Jerman.

Jadi tak heran jika klub-klub di Premier League mencantumkan simbol bunga Poppy di jersey para pemain ataupun jas yang dipakai sang manajer, mulai akhir Oktober sampai pertengahan November.

Sumber: FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer