Sukses


Profil Tim Piala Konfederasi 2017: Portugal

Bola.com - Tim nasional Portugal telah melalui perjalanan panjang agar dapat berlaga di Piala Konfederasi 2017. Meski baru kali pertama mencicipi turnamen itu, publik tetap menjagokan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sebagai salah satu kandidat peraih juara.

Portugal menunjukkan performa impresif dalam beberapa tahun terakhir. Puncaknya, mereka dinobatkan sebagai juara Piala Eropa 2016 setelah membungkam tuan rumah Prancis 1-0 dalam partai puncak.

Prestasi yang diraih portugal tidak lepas dari peran Fernando Santos sebagai pelatih utama. Kejeniusannya dalam meramu taktik membuat para bintang tampil solid pada hampir setiap pertandingan.

Fernando Santos pun mampu mengeluarkan potensi terbaik Cristiano Ronaldo dan membuatnya tampil maksimal. Bomber Real Madrid itu membukukan masing-masing tiga gol dan assist dalam tujuh laga yang dilalui Portugal di Piala Eropa 2016.

Cristiano Ronaldo digadang-gadang bakal menjadi bintang pada gelaran Piala Konfederasi nanti. Apalagi, sang pemain tengah dalam puncak kesuksesan setelah menjuarai Liga Champions dan La Liga bersama Real Madrid.

Berbagai faktor itu tak ayal membuat Portugal menjadi tim unggulan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan diyakini akan kembali mengantarkan negaranya mengukir sejarah.

Akan tetapi, Portugal pantang jemawa karena bakal berhadapan dengan sejumlah tim unggulan lainnya. Sebut saja, misalnya Jerman yang merupakan juara Piala Dunia 2014 dan Cile sebagai kampiun Copa America 2015.

Di atas kertas, kekuatan Jerman dan Cile dianggap menyamai atau bahkan melebihi Portugal. Alhasil, kejelian Fernando Santos dalam meramu taktik bakal sangat memengaruhi hasil yang bakal diraih A Seleccao das Quinas.

2 dari 3 halaman

Profil singkat Fernando Santos

Pada 1987 Fernando Santos memulai karier kepelatihannya bersama klub Portugal, Estoril Praia. Namun, nama sosok bergelar insinyur listrik dan telekomunikasi itu mulai melejit ketika menangani Porto 11 tahun berselang.

Fernando Santos mengantarkan Porto menjuarai total lima trofi selama tiga musim menjadi pelatih, yakni masing-masing dua Piala Portugal, dan Piala Super Portugal, serta satu Liga Portugal.

Meraih sukses di Porto, Fernando Santos mencari tantangan bersama tim-tim lain seperti Benfica, Sporting Lisbon, AEK Athens, hingga Panathinaikos. Berbagai pengalaman itu membuat Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) mejadikannya sebagai pelatih pada 2010.

Fernando Santos pun dinilai berhasil membayar kepercayaan EPO. Dia mengantarkan Yunani melaju hingga ke babak perempat final Piala Eropa 2012, dan 16 besar Piala Dunia 2014.

Menilik catatan positif itu, Portugal memanggil Fernando Santos untuk menjabat posisi pelatih. Hasilnya pun berakhir manis setelah Selecao untuk kali pertama sepanjang sejarah menjuarai Piala Eropa.

3 dari 3 halaman

Skuat Portugal

Portugal bersama tuan rumah Russia, Selandia Baru, dan Meksiko berada di Grup A. Di sisi lain, Grup B dihuni Jerman, Australia, Cile, dan Kamerun.

Berikut ini adalah jadwal pertandingan Portugal di Grup A Piala Konfederasi 2017

  • Portugal Vs Meksiko – 18 Juni 2017 - Kick Off: Pukul 22:00 WIB
  • Rusia Vs Portugal – 21 Juni 2017 - Kick Off: Pukul 22:00 WIB
  • Selandia Baru Vs Portugal – 24 Juni 2017 - Kick Off: Pukul 22:00 WIB

Berikut ini adalah skuat Portugal di Piala Konfederasi 2017

Kiper: Beto, Jose Sa, Rui Patricio

Bek: Bruno Alves, Cedric Soares, Eliseu, Jose Fonte, Neto, Pepe, Raphael Guerreiro

Gelandang: Adrien Silva, Andre Gomes, Bernardo Silva, Danilo, Joao Moutinho, Nelson Semendo, William Carvalho

Striker: Cristiano Ronaldo, Gelson Martins, Nani, Ricardo Quaresma, Pizzi

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer