Sukses


Manchester United dan 9 Klub Eropa Rilis Jersey Anyar 2017 - 2018

Bola.com — Menjelang musim 2017-2018, sejumlah klub raksasa Eropa mulai merilis jersey anyar yang bakal dipakai, tidak terkecuali Manchester United. The Red Devils baru saja memperkenalkan seragam kandang terbaru.

Berbeda dari klub-klub kebanyakan, MU lebih dulu merilis seragam tandang untuk musim ini. Jersey berwarna hitam tersebut telah beredar di pasaran sejak pertengahan Juni 2017.

Sementara itu, untuk kostum kandang Manchester United masih didominasi warna merah. Perbedaan terletak pada aksen warna hitam sebagai pemanis selain warna putih.

Seragam baru Manchester United terinspirasi jersey pada masa lalu, namun dengan sentuhan modern. Apabila sebelumnya menggunakan kerah bundar, kali ini The Red Devils memakai kerah berkancing.

Manchester United kembali melanjutkan kerja sama dengan perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, dan Chevrolet sebagai sponsor utama. Jersey tersebut akan dilengkapi celana hitam dan kaus kaki putih.

Selain Manchester United, beberapa kesebelasan besar Eropa juga telah merilis jersey anyar. Lalu, klub mana saja yang mengeluarkan seragam kandang maupun tandang untuk musim depan?

Berikut ini Bola.com merangkum beberapa di antaranya:

2 dari 4 halaman

Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal

Chelsea

Musim 2017-2018 menjadi awalan baru bagi Chelsea. Klub asal London itu berganti sponsor menjadi Nike, setelah sebelumnya bekerja sama dengan Adidas sejak 2006.

Meski berganti sponsor, tidak tampak perbedaan mencolok pada jersey anyar Chelsea. Warna biru yang menjadi ciri khas mereka mendominasi seragam kandang, diikuti putih sebagai pelengkap.

Sementara itu, jersey tandang The Blues kembali berwarna putih dengan aksen biru di bagian samping. Biru juga menjadi warna yang dipilih untuk logo Yokohama Tires dan lambang Nike.

Dalam peluncuran jersey baru mereka, Chelsea menggandeng grup musik Gorillaz sebagai bintang tamu. Kebetulan, vokalis Gorillaz, Damon Albarn, terkenal sebagai penggemar The Blues.

Tottenham Hotspur

Seolah mengikuti jejak Chelsea, Tottenham Hotspur berganti sponsor menjadi Nike. The Lilywhites mengakhiri kerjasama dengan Under Armour sejak 2012.

Tottenham mempertahankan ciri khas mereka yang identik dengan warna putih. Pada bagian samping jersey, terdapat warna biru tua. Sementara itu, logo sponsor, AIA, diberi warna merah.

Seragam tandang Tottenham memiliki warna berkebalikan dengan jersey kandangnya. Biru tua menjadi warna utama, dengan putih menjadi warna logo sponsor.

Arsenal

Berbeda dengan dua rival sekota, Arsenal masih setia menggunakan jasa Puma sebagai produsen jersey. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada kostum kandang The Gunners.

Seragam baru Arsenal memiliki perbedaan pada warna yang digunakan. Sebelumnya, mereka memilih merah cerah, kali ini Puma memakai warna yang lebih gelap.

Jersey baru Arsenal masih disponsori Fly Emirates pada bagian depan. Untuk melengkapi seragam barunya, Arsenal akan memakai celana dan kaus kaki berwarna putih sesuai tradisi klub.

3 dari 4 halaman

Juventus, AC Milan, Inter Milan

Juventus

Setelah merilis jersey kandang pada awal Juni 2017, Juventus memperkenalkan seragam kedua mereka beberapa hari lalu. Berbeda dengan musim sebelumnya, I Bianconeri memilih kuning sebagai warna utama kostum tersebut.

Juventus menggunakan logo baru pada jersey tandang 2017-2018. Apabila sebelumnya lambang Juventus berbentuk oval dan berwarna hitam-putih, saat ini, mereka hanya menggunakan huruf "J" disertai tiga bintang yang melambangkan gelar Serie A.

Seragam anyar itu akan dilengkapi dengan celana biru dan kaus kaki berwarna kuning. Perisai Scudetto dan lambang juara Coppa Italia akan terpampang pada dada jersey tandang Juventus.

AC Milan

AC Milan menjaga tradisi jersey putih menjadi identitas tandang mereka. Namun, aksen merah dan hitam tetap mereka pakai sebagai perlambang julukan mereka, I Rossoneri, yang memiliki arti merah-hitam.

Merah terlihat dominan setelah menjadi warna yang dipilih untuk logo Adidas dan sponsor utama tim, Fly Emirates. Pada bagian samping, kerah, dan lengan bagian bawah terbalut warna merah-hitam.

Penampilan seragam tandang AC Milan itu berbeda jauh dibandingkan jersey musim 2016-2017. Saat itu, warna emas lebih mendominasi kostum mereka.

Inter Milan

Senada dengan rival satu kota, Inter Milan memperkenalkan seragam tandang berwarna putih. Inter Milan juga tidak melupakan warna kebanggaan mereka, biru-hitam.

Masih diproduksi oleh Nike, Inter Milan membuat perubahan dibandingkan musim 2016-2017. Sebelumnya, seragam kedua Inter berwarna putih polos dengan sedikit sentuhan biru-hitam di bagian lengan.

Untuk seragam barunya, Inter Milan mengubah seluruhnya bagian lengan jersey. Bagian lengan kanan berwarna hitam, sedangkan warna di kiri biru.

4 dari 4 halaman

Barcelona, Real Madrid, Liverpool

Barcelona

Terinspirasi dari sejarah klub, seragam tandang Barcelona berwarna biru muda. Pada bagian bawah lengan terdapat desain strip merah marun.

Sementara itu, strip pada bagian kerah dan tulisan logo sponsor menggunakan warna biru tua. Sama seperti jersey kandang, bendera Catalan, Senyera, juga terpampang pada bagian leher.

Barcelona berganti sponsor pada musim 2017-2018. Apabila sebelumnya, mereka bekerja sama dengan Qatar Airways, kini Blaugrana disponsori perusahaan asal Jepang, Rakuten.

Real Madrid

Juara Liga Champions 2016-2017, Real Madrid, langsung merilis seragam kandang dan tandang sekaligus pada pertengahan Juni 2017. Jersey kandang mempertahankan warna putih, sedangkan kostum tandang berbalut warna hitam.

Tidak ada perubahan mencolok dari jersey kandang Real Madrid. Perbedaan terletak pada penggunaan warna biru muda untuk logo Adidas dan sponsor utama, Fly Emirates.

Atas permintaan para pendukung, Los Blancos menggunakan warna hitam untuk seragam tandang pada musim depan. Warna hijau muda mempermanis kostum kedua Real Madrid itu.

Liverpool

Kostum tandang anyar Liverpool terinspirasi seragam kedua mereka musim 1991-1992. Alhasil, jersey The Reds terlihat unik dan orisinal.

Jersey tersebut didominasi warna putih dengan bagian depan terbagi menjadi empat kotak. Bagian kiri atas dan kanan bawah memiliki garis hijau kecil, sedangkan sisanya putih polos.

Angka 125 yang merupakan usia Liverpool pada 3 Juni 2017, tertempel pada bagian bawah logo klub. Selain itu, angka 96 sebagai perlambang jumlah korban tewas tragedi Hillsborough juga menghiasi jersey tandang Liverpool.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer