Sukses


Daftar Tim Unggulan Liga Champions 2017-2018: Real Madrid Teratas

Bola.com, Monako - Proses pengundian fase grup Liga Champions 2017-2018 di Grimaldi Forum, Monako, bakal dimulai beberapa jam lagi. Seperti tradisi, event tersebut menyedot perhatian publik sepak bola dunia. Latarnya tak lain nilai tinggi tim-tim yang berlaga di Liga Champions tersebut.

Proses pengundian fase grup Liga Champions memiliki beberapa aturan khusus. Satu di antaranya adalah status unggulan yang biasanya dibedakan melalui medium 'pot'. Pada musim ini, delapan tim berada di pot 1.

Status unggulan kali ini tak berkaitan dengan nilai koefisien atau peringkat klub tersebut di level UEFA. Panitia penyelenggara Liga Champions menentukan daftar unggulan utama berdasar prestasi terakhir pada musim lalu.

Walhasil, Real Madrid menjadi unggulan utama karena berstatus juara bertahan dan jawara La Liga 2016-2017. Hal tersebut wajar karena Real Madrid menjadi tim teratas dalam daftar koefisien klub se-Eropa, yakni dengan nilai 176.999.

Persyaratan ala UEFA di Liga Champions juga yang membuat tim terbaik ketiga dalam daftar koefisien UEFA, yakni Barcelona, tak bisa masuk dalam jajaran Top Eight. Barcelona harus puas berada di pot 2, meski secara gamblang tak akan bersua Real Madrid, Atletico Madrid dan Sevilla.

Unggulan kedua menjadi milik Bayern Munchen, sekaligus runner-up pengumpul koefisien UEFA. Peraturan dari UEFA juga berbuntut tak diunggulkannya Paris Saint-Germain (PSG).

Wakil Prancis yang masuk dalam pot 1 adalah AS Monaco. Hal itu berkaitan dengan status AS Monaco sebagai jawara Ligue 1 musim lalu. PSG harus tersingkir dan berada di area pot 2 bersama Barcelona, Atlético Madrid, Borussia Dortmund, Sevilla, Manchester City, Porto dan Manchester United.

Selain Real Madrid, pada area pot 1 alias unggulan utama Liga Champions musim ini berisi Bayern Munchen, Juventus, Benfica, Chelsea, Shakhtar Donetsk, AS Monaco dan Spartak Moskow.

Berikut ini daftar isi pot pengundian fase grup Liga Champions 2017-2018:

Daftar Tim Unggulan

Pot 1: Real Madrid, Bayern Munchen, Chelsea, Juventus, Benfica, AS Monaco, Spartak Moscow, Shakhtar Donetsk

Pot 2: Barcelona, Atlético Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, Sevilla, Manchester City, Porto, Manchester United

Pot 3: Napoli, Tottenham Hotspur, Basel, Olympiakos, Anderlecht, Liverpool, AS Roma, Beşiktaş

Pot 4: Celtic, CSKA Moskow, Sporting CP, APOEL, Feyenoord, Maribor, Qarabag, RB Leipzig

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer