Sukses


Ronaldo dan 4 Eks Real Madrid Peraih Trofi Pemain Terbaik FIFA

Bola.com, Madrid - Cristiano Ronaldo berhasil meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2017. Megabintang Real Madrid tersebut mengungguli Lionel Messi dan Neymar yang berada di tempat kedua serta ketiga. 

Acara penghargaan yang berlangsung di Palladium London, Senin (23/10/2017), Ronaldo mengumpulkan 43,16 persen suara. Dia unggul atas Lionel Messi ditempat kedua dengan 19,25 persen suara, dan Neymar di urutan ketiga dengan 6,97 persen suara.

CR7 memang layak meraih penghargaan tersebut. Penyerang tim nasional Portugal itu tampil impresif sepanjang musim lalu.

Dia sukses mengantarkan Real Madrid merengkuh trofi La Liga dan Liga Champions. Dia juga mengoleksi 42 gol dan 12 assist dari 46 laga di berbagai ajang. 

Memasuki musim ini, Cristiano Ronaldo tetap memperlihatkan taringnya. Ronaldo mampu mengoleksi tujuh gol dan satu assist dari 10 laga, serta membawa Madrid meraih gelar Piala Super Eropa dan Supercopa de Espana 2017.

Bagi Cristiano Ronaldo, trofi tersebut adalah yang kelima diraih sepanjang kariernya. Ronaldo pernah merengkuh titel serupa pada 2008, 2013, 2014, dan 2016. Namun bedanya, 2008 adalah FIFA World Player of the Year, sedangkan 2013 dan 2014 merupakan FIFA Ballon d'Or. 

Bukan hanya Cristiano Ronaldo, sejumlah mantan pemain Real Madrid juga pernah merengkuh penghargaan Pemain Terbaik FIFA. Sejak memasuki era milenium tercatat ada lima pemain Madrid yang meraih trofi Pemain Terbaik FIFA, termasuk CR7. 

Berikut ini adalah empat mantan pemain Real Madrid yang meraih titel Pemain Terbaik FIFA:

 

2 dari 5 halaman

Luis Figo (2001)

Luis Figo mendapat atensi publik setelah memutuskan membelot dari Barcelona ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2000. Karier pemain asal Portugal itu pun makin meningkat dan berhasil memenangi Pemain Terbaik FIFA 2001. 

Penghargaan itu dia raih bermodalkan prestasi gemilang selama musim 2000-2001. Pria yang saat ini berusia 44 tahun tersebut membawa Madrid meraih gelar La Liga dan Piala Super Spanyol.

Figo sukses mengalahkan David Beckham yang menempati posisi kedua, dan rekan satu timnya Raul Gonzalez yang bercokol pada peringkat ketiga.

3 dari 5 halaman

Ronaldo (2002)

Ronaldo Luis Nazario de Lima atau yang dijuluki O Fenomeno meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA setelah pergi dari Inter Milan dan gabung ke Real Madrid pada 31 Agustus 2002. Jadi, sebagian besar penilaian dilakukan ketika Ronaldo masih berkostum La Beneamata.

Penyerang Real Madrid tersebut meraih penghargaan setelah mengumpulkan 56 suara dari total 148 suara. Kemenangan tersebut menjadi yang ketiga sepanjang kariernya. Sebelumnya, Ronaldo memenangi gelar tersebut pada 1996 (Barcelona) dan 1997 (Inter Milan).

4 dari 5 halaman

Zinedine Zidane (2003)

Zinedine Zidane meraih kesuksesan bersama Real Madrid pada musim 2002-2003. Pria berkepala plontos tersebut mengantarkan Los Blancos memenangi La Liga dan Piala Super Eropa.

Berkat performa gemilangnya itu, legenda timnas Prancis tersebut dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA pada 2003. Sebelumnya, Zidane pernah meraih gelar Pemain Terbaik FIFA pada 1998 dan 2000 ketika masih bermain di Juventus.

Zinedine Zidane kembali mendapatkan penghargaan dari FIFA pada 2017. Namun bedanya, Zidane dinobatkan sebagai pelatih terbaik, mengungguli Antonio Conte dan Massimiliano Allegri. 

 

5 dari 5 halaman

Fabio Cannavaro (2006)

Cerita yang dialami Fabio Cannavaro serupa dengan Ronaldo. Sang pemain meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA setelah hijrah dari Juventus ke Real Madrid pada 1 Juli 2006.

Cannavaro menjadi pemain bertahan terakhir yang mampu memenangi penghargaan itu. Selain itu, eks Napoli tersebut menjadi pemain tertua yang memenangi penghargaan dengan usia 33 tahun.

Fabio Cannavaro sukses mengungguli Zinedine Zidane dan Ronaldinho. Pria yang saat ini memutuskan menjadi manajer TJ Quanjin tersebut memperoleh 498 suara.

Berbagai media meyakini Cannavari memperoleh penghargaan tersebut setelah mengantarkan tim nasional Italia memenangi Piala Dunia 2006.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer