Sukses


Presiden FIFA: Suporter Wanita di Iran Segera Diizinkan Masuk Stadion

Bola.com, Zurich - Presiden FIFA, Gianni Infantino, membawa kabar baik untuk seluruh wanita pecinta sepak bola di Iran. Hal itu diungkapkannya setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, di Teheran pada Kamis (1/3/2018).

Seperti diketahui, Iran memang memberikan larangan kepada para wanita untuk menonton langsung pertandingan sepak bola yang melibatkan tim pria di stadion. Larangan tersebut sudah berlaku sejak 1979 ketika Revolusi Iran meletus.

Puncaknya terjadi ketika pertandingan pertandingan Liga Iran bertajuk Derbi Teheran antara Esteghlal melawan Persepolis, Kamis (1/3/2018). Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Azadi dan ditonton langsung oleh Gianni Infantino, akses suporter hanya terbatas untuk kaum Adam saja.

Pihak kepolisian kabarnya menangkap 35 orang suporter wanita yang memaksa masuk stadion. Gianni Infantino pun sudah melakukan dialog dengan pemimpin Iran untuk memberi izin pada suporter wanita datang ke stadion.

"Saya sudah meminta tolong (kepada Presiden Hassan Rouhani) untuk memberikan akses kepada para suporter wanita datang ke stadion. Saya berharap dan yakin, saya juga berjanji para wanita di Iran akan mendapatkan akses untuk menonton sepak bola di stadion sesegera mungkin," kata Infantino ketika membuka konferensi kesetaraan di markas FIFA, Jumat (2/3/2018), seperti dikutip ESPN.

"Kita akan lihat saja hasilnya. Akan tetapi, saya harap hal ini bisa banyak membantu seluruh wanita di dunia (untuk punya akses nonton ke stadion)," tegas pria asal Swiss itu.

Sebelumnya, Arab Saudi juga sudah menghentikan larangan menonton ke stadion buat kaum hawa pada awal Januari 2018. Pertandingan sepak bola pertama yang dihadiri suporter wanita di Arab Saudi yakni ketika Al-Ahli menghadapi Al-Batin, Jumat (12/01/18).

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer