Sukses


4 Data dan Fakta Undian Perempat Final Liga Champions

Bola.com — UEFA akan menggelar undian perempat final Liga Champions 2017-2018, di Nyon, Jumat (16/3/2017) pukul 12.00 waktu setempat, atau 18.00 WIB.

Dari total 16 klub yang bersaing pada 16 besar Liga Champions, satu-satunya kejutan adalah tersingkirnya Manchester United. Skuat asuhan Jose Mourinho itu kalah 1-2 dari Sevilla pada pertandingan leg kedua, di Old Trafford.

Sevilla melangkah ke babak delapan besar dengan agregat 2-1 setelah bermain 0-0 pada pertandingan leg pertama. Bagi Sevilla, ini adalah kali pertama mereka lolos ke perempat final Liga Champions sejak 60 tahun silam.

Sementara itu, partai big match lainnya pada 16 besar adalah Chelsea vs Barcelona. Setelah bermain 1-1 pada laga leg pertama, di Stamford Bridge, Chelsea tak berdaya saat bertandang ke Camp Nou.

Barcelona menang tiga gol tanpa balas. Lionel Messi menjadi bintang setelah menyumbang dua gol, sedangkan sisanya dikreasi Ousmane Dembele.

Berikut ini adalah beberapa data dan fakta menjelang undian perempat final Liga Champions, seperti dilansir dari UEFA:

2 dari 5 halaman

Tim-tim yang lolos

Barcelona (Spanyol) — menang agregat 4-1 melawan Chelsea

Bayern Munchen (Jerman) — menang agregat 8-1 melawan Besiktas.

Juventus (Italia) — menang agregat 4-3 atas Tottenham Hotspur

Liverpool (Inggris) — menang agregat 5-0 melawan Porto FC

Manchester City (Inggris) — menang agregat 5-2 vs FC Basel

Real Madrid (Spanyol) — menang agregat 5-2 atas Paris Saint-Germain

AS Roma (Italia) — agregat 2-2 vs Shakhtar Donetesk, AS Roma menang produktivitas gol tandang

Sevilla (Spanyol) — menang agregat 2-1 melawan Manchester United

3 dari 5 halaman

Sistem pengundian

Peraturan yang akan dipakai pada undian perempat final Liga Champions tidak menggunakan sistem proteksi negara klub bersangkutan. Ini artinya, berbeda dengan 16 besar, pada perempat final, duel sesama tim satu negara bisa saja terjadi.

Saat ini, Spanyol mengirim wakil paling banyak setelah tiga klubnya memastikan satu tempat pada perempat final, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Sementara itu, Premier League dan Serie A masing-masing mengirimkan dua wakil, yaitu Manchester City, Liverpool (Inggris) dan Juventus, AS Roma (Italia). Adapun Bayern Munchen menjadi satu-satunya wakil Jerman pada babak delapan besar.

4 dari 5 halaman

Kapan pertandingan dimulai?

Pertandingan leg pertama perempat final akan digelar pada 3 dan 4 April, sedangkan 10 dan 11 April akan dilaksanakan leg kedua. Jadwal detail akan diumumkan setelah UEFA selesai menggelar undian di Nyon. 

5 dari 5 halaman

Jadwal selanjutnya?

Undian semifinal: 13 April

Pertandingan semifinal: 24-25 April dan 1-2 Mei

Stadion NSC Olimpiyskyi, Kiev, akan menjadi tuan rumah pagelaran final Liga Champions 2017-2018 pada Sabtu, 26 Mei mendatang.

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer