Sukses


Mohamed Salah Berpotensi Rebut Ballon d'Or dengan 3 Syarat

Jakarta Mohamed Salah tampil luar biasa bersama Liverpool musim ini. Sejauh ini, penyerang internasional Mesir itu telah mencetak 43 gol dan 13 assist untuk The Reds di semua kompetisi.

Jumlah itu sangat berpotensi untuk bertambah. Performa mengesankan itu membuat Mohamed Salah mulai disebut-sebut sebagai calon peraih penghargaan Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia berikutnya.

Pencapaian Mohamed Salah dinilai sudah mengalahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Selama satu dekade terakhir, Messi dan Ronaldo menguasai penghargaan Ballon d'Or.

Wajar bila Mohamed Salah dianggap mampu menyamai level permainan Ronaldo dan Messi. Soal jumlah gol musim ini, pemain berusia 25 tahun ini pun lebih baik dari Ronaldo dan Messi.

Namun, tidak mudah untuk bisa meraih Ballon d'Or 2018. Konsistensi diperlukan oleh Mohamed Salah untuk menyabet gelar pemain terbaik dunia itu. Berikut syaratnya versi Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

1. Juara Liga Champions

Sulit bagi Mohamed Salah untuk memenangkan Ballon d'Or tanpa meraih gelar bergengsi seperti Liga Champions. Membawa Liverpool juara Liga Champions jadi syarat mutlak untuk Salah meraih Ballon d'Or.

Performa pemain di Liga Champions sepertinya jadi ukuran. Sebab, musim lalu Ronaldo dianugerahi Ballon d'Or berkat penampilan luar biasa membawa Real Madrid juara Liga Champions dua kali berturut-turut.

Selain itu, Mohamed Salah juga perlu mempertahankan performa gemilangnya hingga akhir musim. Salah juga harus membawa Liverpool finis empat besar di Liga Inggris.

 

3 dari 4 halaman

2. Penampilan di Piala Dunia 2018

Mohamed Salah sudah sukses mengantarkan Mesir berlaga di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Namun, itu saja tidak cukup.

Salah setidaknya mesti membantu Mesir lolos dari fase grup. Torehan gol Salah di Rusia juga sedikit banyak dipertimbangkan untuk penilaian gelar Ballon d'Or.

Ini yang mungkin menjadi salah satu hambatan Salah, karena di Liverpool dia dibantu pemain-pemain sekelas Roberto Firmino dan Sadio Mane. Di Timnas Mesir, tantangan Salah lebih besar.

4 dari 4 halaman

3. Jumlah Gol

Mohamed Salah sejauh ini tampil trengginas dengan membuat 43 gol dan 13 assist. Jumlah gol Salah sementara melebihi Cristiano Ronaldo (41 gol) dan Lionel Messi (40 gol).

Di Liga Inggris, Liverpool masih menyisakan empat pertandingan. Sementara di Liga Champions, The Reds akan melakoni laga semifinal leg kedua di kandang AS Roma, Stadion Olimpico.

Jika menang agregat, Salah mengantarkan Liverpool ke partai puncak yang bakal digelar di Kiev, Ukraina. Artinya, total masih ada enam pertandingan dan Salah sangat mungkin menambah pundi-pundi golnya.

Video Populer

Foto Populer