Sukses


Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions: Real Madrid vs Liverpool

Bola.com, Kiev - Partai puncak Liga Champions 2017-2018 yang mempertemukan Real Madrid dan Liverpool akan tersaji di NSC Olimpiyskiy Stadium, Sabtu (26/5/2018). Menjelang laga tersebut, terdapat sejumlah fakta menarik.

Real Madrid merupakan kesebelasan paling sukses sepanjang sejarah Liga Champions. Los Blancos 12 kali mengangkat trofi Liga Champions dan berstatus juara bertahan.

Sementara itu, Liverpool adalah kesebelasan Inggris tersukses di Eropa. Secara keseluruhan, The Reds memenangi delapan gelar, lima di Liga Champions sementara sisanya di Liga Europa.

Hasilnya, pertandingan tersebut diprediksi bakal berjalan ketat. Maklum, baik Real Madrid maupun Liverpool merupakan kesebelasan raksasa di Eropa.

Secara keseluruhan, Real Madrid dan Liverpool telah lima kali saling berhadapan di ajang resmi. Dari jumlah tersebut, The Reds unggul setelah meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Menjelang pertemuan kedua kesebelasan elit Eropa tersebut di final Liga Champions, tidak heran dihiasi sejumlah fakta menarik. Berikut ini Bola.com merangkum lima di antaranya:

 

2 dari 6 halaman

Trauma Cristiano Ronaldo

Selama membela Manchester United, kekalahan terbesar Cristiano Ronaldo adalah dengan skor 1-4. Enam tahun di Old Trafford, Ronaldo tiga kali kalah dengan skor tersebut.

Ketiga tim yang mengalahkan Ronaldo dan Manchester United dengan skor tersebut adalah Manchester City, Middlesbrough, dan Liverpool. Dari tiga tim itu, hanya Liverpool yang mampu melakukannya di kandang The Red Devils.

Kekalahan itu terjadi pada musim 2008-2009. Padahal, saat itu Ronaldo bermain selama 90 menit. Namun, dia hanya bisa mencetak satu gol pada menit ke-22.

 

3 dari 6 halaman

Keseimbangan Liverpool

Saat ini, Liverpool memiliki lini depan paling mengerikan di dunia. Bagaimana tidak, di Liga Champions trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane telah menyumbang 29 gol.

Jumlah tersebut membuat mereka menjadi trio paling mematikan sepanjang sejarah Liga Champions. Secara keseluruhan, The Reds mencetak 40 gol, terbanyak di Liga Champions musim ini.

Meski begitu, Liverpool juga memiliki lini belakang yang solid. Sepanjang musim ini, The Reds mampu mencatatkan enam clean sheet, terbanyak bersama Barcelona

 

4 dari 6 halaman

Memori Buruk Real Madrid

Sepanjang sejarah, Real Madrid 15 kali melaju ke final Liga Champions. Dari jumlah tersebut, mereka hanya menelan tiga kekalahan.

Kekalahan terakhir terjadi pada musim 1980-1981. Siapa yang mengalahkan Real Madrid pada laga tersebut? Liverpool. Saat itu Los Blancos takluk berkat gol Alan Kennedy.

 

5 dari 6 halaman

Rekor Apik Cristiano Ronaldo

Ronaldo juga memiliki rekor apik setiap bersua Liverpool di berbagai ajang. Dari 11 pertemuan, tim yang dibela Ronaldo hanya menelan tiga kekalahan.

Kapten timnas Portugal itu mampu mengoleksi tiga gol dan dua assist ketika melawan The Reds. Ronaldo memiliki tuah, karena tim yang dia bela hanya menelan satu kekalahan saat dia menciptakan gol atau assist melawan Liverpool.

 

6 dari 6 halaman

Real Madrid Mengejar Rekor

Banyak rekor dapat tercipta andai Real Madrid menjuarai Liga Champions. Selain klub, beberapa individu berpeluang menciptakan rekor.

Apabila Real Madrid memenangi pertandingan di Kiev, mereka akan menjadi klub pertama yang memenangi Liga Champions tiga kali beruntun sejak 1976. Saat itu, Bayern Munchen melakukannya.

Sementara itu, Zinedine Zidane berpeluang menyamai Bob Paisley dan Carlo Ancelotti yang memenangi tiga gelar Liga Champions sebagai pelatih. Namun, Zidane menjadi yang pertama dalam tiga musim beruntun.

Andai mencetak gol di Kiev, Ronaldo akan menyamai rekor legenda Bayern Munchen, Franz Roth. Ronaldo bakal menjadi pemain yang mencetak gol dalam final Liga Champions beruntun.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

Video Populer

Foto Populer