Sukses


Ballon d'Or: Cristiano Ronaldo Lebih Baik dibanding Lionel Messi

Jakarta - France Football, baru-baru ini, telah merilis daftar 30 nominator penghargaan Ballon d'Or 2018. Dua pemenang penghargaan bergengsi dalam 10 tahun terakhir, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali menjadi nominator.

Ballon d'Or adalah penghargaan tertinggi serta tertua di Eropa. Penghargaan ini diberikan France Football setiap tahun sejak 1956.

Pemenang dipilih oleh 173 jurnalis di seluruh dunia, dengan satu perwakilan per negara. Sedangkan daftar nominasi disusun oleh staf editorial publikasi Perancis.

Selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, nominator Ballon d'Or lainnya tahun ini adalah Sergio Aguero, Alisson Becker, Gareth Bale, Karim Benzema, Edinson Cavani, Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Roberto Firmino, Diego Godin, Antoine Griezmann, dan Eden Hazard.

Nominator lainnya Isco, Harry Kane, N'golo Kante, Hugo Lloris, Mario Mandzukic, Sadio Mane, Marcelo, Kylian Mbappe, Luka Modric, Neymar, Jan Oblak, Paul Pogba, Ivan Rakitic, Sergio Ramos, Mohamed Salah, Luis Suarez, dan Raphael Varane.

2 dari 2 halaman

Ronaldo Ungguli Messi

Saat France Football mengumumkan daftar 30 nominator Ballon d'Or 2018, Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang telah dinominasikan untuk penghargaan itu sebanyak 15 kali (antara 2004 dan 2018). Ini merupakan rekor tertinggi.

Ronaldo mengungguli Lionel Messi. Bintang timnas Argentina dan Barcelona itu berada di posisi kedua dengan dinominasikan sebanyak 13 kali (antara 2006 dan 2018).

Pemenang Ballon d'Or akan diumumkan di Paris, Prancis, 3 Desember mendatang. Apakah Messi atau Ronaldo yang bakal memenangkan penghargaan itu untuk kali keenam dan menjadi rekor baru?

Tapi, nominator edisi kali ini memiliki sejumlah favorit. Luka Modrid, Mohamed Salah, dan Kylian M'bappe adalah nominator yang bisa mematahkan dominasi Messi dan Ronaldo dalam 10 tahun terakhir.

Modric, misalnya. Gelandang timnas Kroasia dan Real Madrid itu baru saja memenangkan penghargaan Pemain Terbaik UEFA dan FIFA 2018.

Gareth Bale 17 Kali Cedera Sejak Membela Real Madrid

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer