Sukses


Fakta Menarik PSV Vs Barcelona, Blaugrana Kokoh di Puncak Klasemen

Jakarta - Barcelona dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champions musim ini sebagai juara grup. Ya, Barcelona berhasil mengalahkan PSV Eindhoven 2-1 dalam laga matchday 5 Grup B yang digelar di Philips Stadion, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Usai bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Barcelona memecah kebuntuan lewat gol Lionel Messi dan Gerard Pique. PSV hanya bisa memperkecil ketinggalan berkat gol Luuk de Jong di laga Liga Champions ini.

Berkat kemenangan ini, Barcelona pun semakin kokoh berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 13 poin. Sementara PSV makin terpuruk di posisi juru kunci dan harus puas dengan hanya meraih satu poin.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 4 halaman

Jalannya pertandingan babak pertama Liga Champions

Bertindak sebagai tuan rumah, PSV mencoba menggebrak sejak menit pertama. Sayang, peluang yang didapat Gaston Pereiro masih bisa dihalau Marc-Andre Ter Stegen. Memasuki menit ke-16, Pereiro lagi-lagi mendapatkan peluang untuk membawa tuan rumah memimpin. Kali ini tiang gawang yang menjadi penyelamat Barcelona dari kebobolan.

Philippe Coutinho memiliki peluang emas di menit ke-35 di Liga Champions ini. Menerima umpan dari Messi, Coutinho mencoba melepas tembakan yang masih bisa dihalau bek PSV, Nick Viergever.

Jelang babak pertama usai, PSV hampir saja mengubah kedudukan jika saja peluang De Jong dan Denzel Dumfries tak digagalkan mistar dan tiang gawang tim tamu. Skor 0-0 menjadi hasil sementara saat turun minum.

3 dari 4 halaman

Jalannya pertandingan babak kedua Liga Champions

Usai kembali dari kamar ganti, Barcelona mencoba meningkatkan efektivitas serangan mereka. Meski demikian, belum ada peluang berbahaya yang dihasilkan tim tamu sepanjang 15 menit awal paruh kedua di Liga Champions.

Barca akhirnya sukses mencetak gol lewat aksi Messi di menit ke-61. Usai melakukan kerja sama satu-dua dengan Ousmane Dembele, La Pulga tetap mampu melepas tembakan untuk membobol gawang Jeroen Zoet meski mendapat ruang tembak yang cukup sempit.

Pique sukses menambah keunggulan Barca menjadi 2-0 lewat golnya di menit ke-70. Berawal dari tendangan bebas Messi, Pique menyontek bola untuk mengoyak gawang tuan rumah di laga Liga Champions ini.

Usai terus menerus menekan pertahanan lawan, PSV akhirnya mampu memperkecil skor menjadi 1-2 berkat sundulan De Jong meneruskan crossing Angelino dari sisi kiri. Memasuki menit-menit akhir, Malcom memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Sayang usahanya masih gagal membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk kemenangan Barca menjadi hasil akhir laga Liga Champions ini.

 

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Liga Champions, PSV Vs Barcelona

1. PSV sendiri lolos ke fase grup Liga Champions musim ini berkat kemenangan agregat 6-2 melawan BATE Borisov di play-off kualifikasi (3-2 tandang, 3-0 kandang).

2. Kemenangan tandang melawan BATE di leg pertama merupakan kemenangan tandang pertama PSV di Eropa setelah tanpa kemenangan dalam sepuluh laga tandang sebelumnya (Seri 4 Kalah 6).

3. Terakhir kali PSV menang tandang di putaran utama Liga Champions adalah dengan skor 1-0 melawan CSKA Moscow pada November 2007. Sejak itu, rekor mereka adalah Seri 3 Kalah 7.

4. PSV belum pernah menang di Spanyol. Rekor tandang PSV melawan klub-klub Spanyol adalah Menang 0 Seri 5 Kalah 9. Terakhir, mereka kalah 0-2 melawan Atletico Madrid di fase grup Liga Champions 2016/17.

5. PSV selalu menang dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi, mencetak 27 gol dan cuma kebobolan lima.

6. Mark van Bommel pelatih PSV adalah pemain Barcelona musim 2005/06. Musim itu, dia turut membantu Barcelona menjuarai Liga Champions dan La Liga.

7. Rekor Barcelona melawan PSV adalah Menang 2 Seri 3 Kalah 1, mencetak 12 gol dan kebobolan 12. Kedua tim sudah dua kali bermain imbang 2-2 di fase grup Liga Champions 1997/98.

8. Barcelona sendiri tak terkalahkan dalam 26 laga kandang terakhirnya di Liga Champions (Menang 24 Seri 2), sejak September 2013. Barcelona bahkan memenangi semua laga kandangnya di fase grup selama lima edisi terakhir.

9. Terakhir kali Barcelona berhadapan dengan klub Belanda adalah di fase grup Liga Champions 2014/15, yakni melawan Ajax. Barcelona menang 3-1 di Camp Nou dan menang 2-0 di Amsterdam.

10. Barcelona juga tak terkalahkan dalam 30 laga terakhirnya di Camp Nou (Menang 27 Seri 3), sejak kalah 1-3 melawan Real Madrid di Supercopa de Espana pada 13 Agustus 2017.

11. Barcelona berada di atas angin dengan rekor kandang melawan klub-klub Belanda adalah Menang 5 Seri 3 Kalah 0. Tim asal Catalunya tersebut selalu menang dalam empat laga kandang terakhirnya di semua kompetisi.

12. Sementara itu, jika Luis Suarez (Barcelona) dimainkan maka akan melakoni penampilannya yang ke-50 di Liga Champions (termasuk kualifikasi). Luis Suarez bakal bahu membahu dengan Lionel Messi yang sudah mencetak sembilan gol dalam delapan penampilan terakhirnya di La Liga.

Pesan Terakhir Emiliano Sala Sebelum Pesawatnya Hilang

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer