Sukses


Chanathip Songkrasin Yakin Thailand Bisa Bikin Kejutan di Piala Asia 2019

Bola.com, Bangkok - Bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, optimistis dirinya dan rekan satu tim bisa memenuhi target di Piala Asia 2019, yakni melaju ke fase gugur. Sepanjang sejarah Piala Asia, Thailand tujuh kali ikut serta, namun baru sekali mampu lolos dari penyisihan grup. Prestasi itu dicatatkan pada 1972 ketika mereka jadi tuan rumah.

Ambisi mengulang prestasi 46 tahun silam itu membayangi Chanathip. Ia ingin kesuksesan yang diraihnya di level klub bersama Consadole Sapporo di J-League sepanjang musim 2018, menular ke Timnas Thailand.

Sepanjang tahun 2018, Timnas Thailand dalam berbagai level "menderita" karena kegagalan meraih prestasi. Tanpa Chanathip yang jadi andalan di lini tengah, Timnas Thailand terpuruk di Asian Games 2018 serta Piala AFF 2018.

Sebaliknya, di pengujung tahun 2018, Chanathip menerima beberapa penghargaan personal atas performa mengilapnya bersama Consadole Sapporo. Namanya masuk jajaran 11 pemain terbaik di J-League 2018 serta jadi Men's Player of The Year dalam penghargaan FA Thailand 2018.

"Kami harus masuk ke putaran kedua karena kami sangat jarang melakukan itu. Saya tahu ini bukan tugas mudah buat kami. Laga pembuka kami melawan India akan sulit. Kami sama sekali tak boleh meremehkan mereka," ujar Chanathip.

"Tapi, saya yakin kami akan mencapai putaran kedua karena kami punya banyak pemain berkualitas dan kami semua siap untuk turnamen ini," imbuhnya.

Berbeda dengan di Piala AFF 2018 yang turun dengan skuat "minimalis", Timnas Thailand dipastikan menurunkan komposisi terbaik di Piala Asia 2019. Chanathip dan beberapa nama lain yang absen di Piala AFF 2018, dipastikan siap tempur di Piala Asia 2019.

The War Elephants mengawali kampanye di Piala Asia 2019, yang digelar di Uni Emirat Arab pada 5 Januari-1 Februari 2019, dengan menantang India pada 6 Januari. Kemudian secara beruntun melawan Bahrain pada 10 Januari serta tim tuan rumah UEA pada 14 Januari. 

Tim asuhan Milovan Rajevac ini dijadwalkan bertolak menuju UEA dari Bangkok pada Minggu (30/12/2018). Mereka dijadwalkan menjalani uji coba tertutup melawan Oman di UEA sebelum meladeni India.

Saat ini Timnas Thailand masih menjalani pemusatan latihan yang diikuti 27 pemain. Nantinya, setelah uji coba kontra klub lokal, Thai-Honda, pada Rabu (25/12/2018), skuat diciutkan menjadi 23 pemain.

Sumber: Bangkok Post

Video Populer

Foto Populer