Sukses


Daftar 24 Negara Peserta dan Pembagian Grup Piala Asia 2019

Bola.com, Jakarta - Turnamen paling akbar di Asia, Piala Asia, segera dimulai. Edisi 2019, akan digulirkan dua hari lagi, tepatnya pada Sabtu (5/1/2019). Piala Asia 2019 digelar di Uni Emirat Arab (UEA) hingga 1 Februari 2019.

UEA menyiapkan delapan venue (stadion) di empat kota penyelenggara untuk pelaksanaan Piala Asia 2019, yakni di Abu Dhabi, Dubai, Al Ain, dan Sharjah.

Tak seperti Piala Asia 2015 yang hanya diikuti 16 negara, Piala Asia 2019 diikuti lebih banyak peserta, yakni 24 negara. Australia, sang juara bertahan, tergabung di Grup B bersama Suriah, Palestina, dan Yordania.

Sedangkan Jepang, yang menjadi penguasa di Piala Asia dengan empat gelar, berada di Grup F bersama Uzbekistan, Oman, dan Turkmenistan

Ada enam grup yang dihuni masing-masing empat tim. Nantinya, dua tim peringkat teratas (juara dan runner-up tiap grup) plus empat tim berperingkat ketiga terbaik, lolos ke fase 16 besar. 

Selain Australia, yang tercatat sebagai anggota Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), ASEAN juga mengirim Thailand, Vietnam, serta Filipina, ke Piala Asia 2019.

Sementara Indonesia, absen pada penyelenggaraan kali ini lantaran terkena diskualifikasi pada kualifikasi akibat jatuhnya sanksi FIFA pada 2015.

Sebelum Piala Asia 2019 bergulir, ada baiknya pencinta sepak bola mengingat kembali 24 negara peserta yang terbagi ke dalam Grup A hingga F. Pembagian grup dilakukan pada 4 Mei 2018 di Armani Hotel, Burj Khalifa, Dubai. 

Berikut daftar peserta dan pembagian grup Piala Asia 2019, selengkapnya:

2 dari 2 halaman

Daftar Peserta dan Pembagian Grup

Grup A: Uni Emirat Arab, Thailand, India, Bahrain

Grup B: Australia, Suriah, Palestina, Yordania

Grup C: Korea Selatan, China, Kirgizstan, Filipina

Grup D: Iran, Irak, Vietnam, Yaman

Grup E: Arab Saudi, Qatar, Lebanon, Korea Utara

Grup F: Jepang, Uzbekistan, Oman, Turkmenistan

Video Populer

Foto Populer