Sukses


VIDEO: Highlights Piala Asia 2019, Yordania Vs Vietnam 1-1 (2-4 Pen)

Bola.com, Jakarta Timnas Vietnam secara dramatis lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 5-3 (1-1) atas Yordania pada 16 besar Piala Asia 2019, di Stadion Al Maktoum, Dubai, Minggu (20/1/2019). Kemenangan ini membuat Vietnam mengulangi pencapaian tahun 2007 lalu.

Saat itu, Vietnam yang bertindak sebagai tuan rumah bersama Indonesia, Malaysia, dan Thailand. The Golden Dragons tersingkir di perempat final setelah takluk dari Irak yang kemudian muncul sebagai juara.

Vietnam yang bermain dengan formasi 5-4-1 tertinggal lebih dulu 0-1 dari Yordania. Tim asuhan Vital Borkelmans membuka keunggulan lewat gol Baha Abdel-Rahman pada menit ke-39.

Tendangan bebas Abdel-Rahman yang mengarah ke pojok kanan gawang tidak bisa diantisipasi kiper Vietnam, Dang Van Lam. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Tertinggal satu gol, Vietnam bermain ofensif untuk mengejar defisit satu gol. Strategi itu berbuah hasil dengan gol dari Nguyen Cong Phuong pada menit ke-51.

Umpan Nguyen Trong Hoang dari sisi kanan disambut tembakan keras Cong Phuong yang menggetarkan gawang Yordania.

Setelah skor imbang 1-1, Vietnam makin gencar melancarkan serangan. Do Hung Dung mendapatkan kesempatan untuk membawa Vietnam unggul namun tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan.

Yordania yang lebih banyak bertahan sesekali mencoba melakukan serangan balik ke pertahanan Vietnam. Hanya saja, skor 1-1 tetap bertahan dan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu, Vietnam dan Yordania silih berganti melancarkan serangan. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga membuat pertandingan ditentukan lewat adu penalti.

Vietnam akhirnya muncul sebagai pemenang setelah menang adu penalti 4-2. Que Ngoc Hai, Do Hung Dung, Luong Xuan Truong, dan Tien Dung Bui, berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna, sedangkan Minh Vuong Tran jadi satu-satunya eksekutor Vietnam yang gagal mencetak gol.

Sementara itu, hanya Baha Abdel-Rahman dan Ahmad Al Ersan yang berhasil menjadi eksekutor di kubu Yordania. Sementara dua rekannya, Baha Faisal dan Ahmed Samir tidak mampu menaklukkan Van Lam.

Hasil ini melapangkan jalan Vietnam ke perempat final Piala Asia 2019. Juara Piala AFF 2018 itu akan menunggu pemenang pertandingan antara Jepang melawan Arab Saudi.

Video Populer

Foto Populer