Sukses


3 Bintang Sepak Bola Dunia yang Gagal Bersinar Saat Jadi Pelatih

Jakarta - Sepak bola dunia banyak mengalami perbahan, termasuk soal peran manajer atau pelatih. Selama 10 tahun terakhir, ada dua manajer yang bisa dibilang sangat menonjol, yakni Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

Keduanya hampir merevolusi peran manajer. Guardiola yang pernah jadi pelatih Barcelona, ​​Bayern Munchen, dan Manchester City, berhasil menjadikan tim-tim tersebut menjadi properti bernilai tinggi dalam sepak bola. 

Mourinho mungkin menjadi manajer pertama sejak Brian Clough yang menjadi benar-benar "box-office". Pelatih berjuluk Special One ini mendapatkan reputasi sebagai penghibur di luar lapangan.

Keduanya telah mengambil jalur yang berbeda sebelum menjadi manajer. Guardiola datang ke Barcelona, ​​sebagai pemain, kemudian menjadi pelatih. Tapi, berikut ini ada pemain yang memiliki karier hebat tetapi belum berhasil sebagai manajer sepak bola. 

2 dari 4 halaman

Thierry Henry

Henry tak diragukan adalah salah satu pemain terhebat di Premier League. Pemain Prancis itu hampir tidak diketahui jumlah golnya ketika ia bergabung dengan Arsenal pada 1999. Namun, saat meninggalkan London Utara pada 2007, Henry adalah pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.

Dia juga merasakan beberapa momen yang tak terlupakan, salah satunya saat mencetak gol kemenangan di Bernabeu dan mengantar The Gunners ke final Liga Champions pada 2006.

Namun, Henry bisa disebut gagal ketika ia mengambil jabatan manajerial pertamanya. Setelah menolak pekerjaan di Aston Villa pada musim panas, ia mengambil alih posisi Leonardo Jardim di Monako pada Oktober.

Dia menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub raksasa Prancis itu. Tapi, setelah hanya memenangkan empat dari 20 pertandingan, dia dipecat pada Januari lalu.

3 dari 4 halaman

Paul Scholes

Scholes membangun reputasinya di Manchester United sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Dia bermain 718 kali untuk MU di semua kompetisi.

Scholes sudah mencetak 155 gol, dan memenangkan sejumlah trofi. Dia memenangkan Liga Champions pada dua kesempatan, serta gelar Liga Inggris 11 kali.

Namun, itu tidak berlaku ketika Scholes menjadi pelatih. Dia mengambil alih klub League Two, Oldham Athletic, pada Februari. Segalanya dimulai dengan baik setelah memetik kemenangan 4-1 atas Yeovil Town di pertandingan pertamanya.

Dia akhirnya mengundurkan diri setelah hanya berada 31 hari di pucuk pimpinan. Ia menyalahkan dewan karena gagal memberinya kendali penuh atas masalah klub.

4 dari 4 halaman

Alan Shearer

Tidak banyak pemain yang dikaitkan dengan klub sebanyak Shearer dihubungkan dengan Newcastle United. Selama empat tahun bersama Blackburn Rovers, dia memenangkan Premier League pada musim 1994/95 dan menjadi pemain pertama yang mencetak 30 gol liga dalam tiga musim berturut-turut,

Shearer menolak pindah ke MU untuk bergabung dengan Newcastle. Ia menjadi pencetak gol the Magpies sepanjang masa dengan 206 gol, sebelum pensiun pada 2006.

Shearer menjadi manajer klub pada 2006 ketika The Magpies menunjuk mantan striker ini, untuk menyelamatkan mereka dari degradasi.

Namun, upanya tidak berhasil. Shearer tidak dapat menyelamatkan klub dari degradasi ke Championship.

Video Populer

Foto Populer