Sukses


Ajax Membuktikan Uang Bukan Segalanya di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Ajax Amsterdam mulai mendapat label sebagai klub pembunuh raksasa di Liga Champions 2018-2019. Hal itu mengacu pada fakta, bahwa dengan darah muda yang menghuni skuat, Ajax mampu membuat kejutan dengan menyingkirkan tim favorit juara seperti Real Madrid dan Juventus.

Juventus menjadi korban terbaru Ajax Amsterdam, tepatnya saat kedua tim bertemu di fase perempat final. Setelah ditahan 1-1 dalam laga leg pertama di Johan Cruijff Arena (11/4/2019), De Amsterdammers tampil penuh percaya diri hingga mampu menjungkalkan Juventus 2-1 di Allianz Stadium (17/4/2019).

Ajax jadi bukti bahwa untuk mencapai keberhasilan di Liga Champions, setidaknya sampai tahapan saat ini, klub tak membutuhkan bujet besar untuk membentuk tim.

Hal cukup impresif adalah skuat yang menghuni starting eleven Ajax saat mempermalukan Juventus lalu, harganya terbilang murah meriah. Bahkan, lima pemain di antaranya belum lahir saat kali terakhir Ajax mencapai semifinal di Liga Champions.

Starting eleven Ajax ketika melawan Nyonya Tua di Turin adalah Onana, Veltman, De Ligt, Van De Beek, Neres, Tadic, Mazraoui, Blind, Schone, De Jong, dan Ziyecha yang nilai keseluruhannya hanya mencapai 54.929 juta pound (setara Rp1 triliun).

Jumlah itu hanya separuh dari total yang dibayarkan Juventus untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo pada awal musim ini lalu. Mengesankan bukan?

Tim "murah meriah" versi Ajax ini diperoleh dari berbagai cara.

Matthijs de Ligt, satu di antara pemilik bakat terbesar di dunia sepak bola, merupakan binaan akademi klub, sementara Joel Veltman, Donny van de Beek, dan Noussair Mazraoui mendapat kesempatan besar setelah promosi dari jajaran pemain muda.

Jangan lupakan pula David Neres, Hakim Ziyech, dan Dusan Tadic, yang ternyata direkrut Ajax dengan harga terjangkau.

Dan mungkin yang paling bertalenta dari mereka semua, Frenkie de Jong, hanya dibeli dengan harga satu euro saja.

Menarik untuk dinanti kiprah selanjutnya Ajax di Liga Champions musim ini.

Dengan mengandalkan pemain muda dengan harga terjangkau, Ajax Amsterdam akan bersua Tottenham Hotspur pada laga semifinal, 30 April dan 7 Mei 2019.

Sumber: Sportbible

Olahraga Dayung Penyumbang Medali Emas Terbanyak Indonesia pada SEA Games 2019

Video Populer

Foto Populer