Sukses


Xavi Hernandez dan Catatan Impresif dalam Kariernya

Bola.com, Doha - Xavi Hernandez memutuskan untuk gantung sepatu pada akhir musim 2018-19. Ia mengantarkan klubnya Al Sadd menjadi juara liga pada musim 2018-19, dan masih berusaha mengamankan gelar Piala Emir.

Xavi merupakan produk akademi sepak bola Barcelona, La Masia. Ia merupakan sosok legenda di klub tersebut setelah mempersembahkan delapan gelar Liga dan empat gelar Liga Champions.

Ia merupakan bagian dari generasi emas Barcelona. Semasa berseragam Blaugrana, Xavi pernah menjadi pengawal dua pemain terbaik dunia, yaitu Ronaldinho dan Lionel Messi.

Setelah merasa cukup bermain di level tertinggi, Xavi memutuskan untuk meninggalkan Barcelona pada 2015. Ia melanjutkan petualangannya di Qatar dengan bergabung bersama Al Sadd.

Empat musim di klub tersebut, Xavi akhirnya berhasil mengantarkan Al Sadd menjadi juara liga pada 2018-19. Hal itu membuatnya telah melaksanakan misinya dan bisa gantung sepatu dengan tenang.

Setelah memutuskan untuk pensiun, Xavi Hernandez sudah memiliki rencana untuk mengikuti kursus kepelatihan. Sebagai satu di antara gelandang terbaik di dunia, Xavi memiliki visi yang bagus dalam melihat strategi permainan.

Selama berkarier, Xavi Hernandez memiliki beberapa catatan penting, selain koleksi trofi yang ia miliki. Berikut ini adalah catatan penting Xavi Hernandez

2 dari 2 halaman

Catatan Spesial Xavi Hernandez

- Xavi Hernandez adalah pemegang rekor penampilan terbanyak untuk Barcelona. Ia menggunakan kostum Barcelona dalam 767 pertandingan resmi.

- Hanya ada sembilan pemain yang berhasil mencatatkan lebih dari 500 penampilan di La Liga. Xavi adalah satu di antaranya, ia mencatatkan 505 penampilan di La Liga.

- Xavi Hernandez mencatatkan 13 kekalahan dari 42 pertandingan El Clasico yang pernah ia ikuti. Xavi menyumbang total lima gol di El Clasico.

- Xavi Hernandez mencatatkan 25 kemenangan dari 36 derbi Catalan yang ia ikuti. Xavi menyumbang enam gol ke gawang Espanyol dari total penampilan tersebut.

- Xavi Hernandez mencatatkan 133 penampilan untuk timnas Spanyol. Catatan tersebut membuatnya menjadi satu di antara 13 pemain yang menembus 100 penampilan untuk La Furia Roja. Xavi kalah jumlah penampilan dari Sergio Ramos (162) dan Iker Casillas (167).

- Xavi Hernandez mencetak pencetak gol ke-1000 timnas Spanyol selama bertanding di laga internasional. Gol ke-1000 Spanyol tersebut tercetak dalam laga melawan Irlandia Utara pada kualifikasi Piala Eropa 2008 (September 2006).

Sumber: Opta

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Tim Nasional Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil memenangkan gelar EURO secara back-to-back pada 2008 dan 2012
    Tim Nasional Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil memenangkan gelar EURO secara back-to-back pada 2008 dan 2012
    Tim Nasional Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil memenangkan gelar EURO secara back-to-back pada 2008 dan 2012

    Timnas Spanyol

  • Al-Sadd

Video Populer

Foto Populer