Sukses


7 Pesepak Bola yang Sering Berganti Klub, Ada yang Bela 29 Klub Sepanjang Kariernya

Bola.com, Jakarta - Jendela bursa transfer musim dingin di Eropa akan dibuka pada awal Januari 2020. Saat jendela transfer dibuka, klub-klub Eropa mempunyai kesempatan menambah pemain hingga 31 Januari.

Meskipun bursa transfer belum dibuka, beberapa pemain sudah dikaitkan dengan beberapa klub di dalam dan luar Eropa. Selain itu, ada pula pemain yang sudah resmi memperkuat klub lain dan baru bisa dimainkan awal Januari.

Di sisi lain, transfer pemain dalam sepak bola merupakan hal yang wajar. Bukan hal aneh jika pemain berpindah ke klub lain.

Bahkan ada beberapa pemain yang sering berpindah-pindah klub sepanjang kariernya. Satu di antaranya ialah Zlatan Ibrahimovic.

Pemain asal Swedia itu sudah pernah memperkuat sekitar 9 klub berbeda, yakni Malmo, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint Germain, Manchester United, dan LA Galaxy.

Selain Zlatan Ibrahimovic masih banyak pemain yang sering berganti-ganti klub. Berikut Bola.com merangkum dari sportskeeda, 7 pesepak bola yang sering berpindah klub.

 

2 dari 8 halaman

7. Robbie Keane

Robbie Keane menjadi satu di antara andalan di lini depan Irlandia. Keane menjadi satu di antara pemain yang sering berganti klub.

Ia pernah memperkuat 10 klub berbeda dalam waktu satu setengah dekade. Beberapa klub yang pernah diperkuat Keane ialah Wolverhampton Wanderers, Coventry City, Inter Milan, Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Leeds United, Celtic, LA Galaxy dan Tottenham Hotspur.

3 dari 8 halaman

6. Nicolas Anelka

Pemain asal Prancis, Nicolas Anelka, juga pernah membela banyak klub. Total ada 11 klub yang pernah dibelanya.

Beberapa klub yang pernah diperkuat Anelka antara lain Arsenal, Fenerbahce, Bolton Wanderers, Chelsea, Shanghai Shenhua, dan Mumbai City. Klub lain Anelka adalah West Bromwich Albion, Juventus, Paris Saint-Germain, Manchester City dan Liverpool.

4 dari 8 halaman

5. Andy Cole

Andy Cole banyak mengukir prestasi saat memperkuat Manchester United pada periode 1995-2001. Bahkan, Andy Cole pernah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di Premier League.

Selain catatan apik tersebut, Andy Cole sering berpindah-pindah klub sepanjang kariernya. Total ada sekitar 13 klub yang pernah dibelanya.

Klub-klub yang diperkuat Andy Cole ialah Arsenal, Fulham, Bristol City, Newcastle United, Blackburn Rovers, Fulham, Manchester City, Portsmouth, Birmingham City, Sunderland, Burnley, dan Nottingham Forest.

5 dari 8 halaman

4. Christian Vieri

Christian Vieri merupakan satu di antara striker terbaik asal Italia. Fisik dan duel udara yang bagus juga membuat Vieri dikenal sebagai bomber yang berbahaya di Serie A.

Dia merupakan satu di antara pemain yang pernah bermain untuk tiga klub besar Italia yakni Juventus, AC Milan dan Inter Milan. Selain ketiga klub tersebut, Christian Vieri pernah memperkuat Atletico Madrid, AS Monaco, Torino, Pisa, Ravenna, Venezia, Atalanta, Sampdoria, Atalanta, dan Fiorentina.

Tercatat ada sekitar 13 klub yang pernah diperkuat Christian Vieri sepanjang kariernya.

6 dari 8 halaman

3. Rivaldo

Legenda asal Brasil, Rivaldo, gantung sepatu pada awal 2015. Selama 24 tahun berkarier sebagai pesepak bola, Rivaldo total memperkuat 15 klub.

Meski pernah membela banyak klub, Rivaldo banyak dikenal sebagai bintang Barcelona. Selain El Barca, klub lain yang pernah diperkuatnya ialah Santa Cruz, AC Milan, Deportivo La Coruña, Corinthians, Palmeiras, Cruzeiro, São Paulo, Mogi Mirim, Olympiacos, AEK Athens, Bunyodkor, Kabuscorp, dan São Caetano.

7 dari 8 halaman

2. Marcus Bent

Pemain asal Inggris, Marcus Bent pernah bermain untuk klub Indonesia Mitra Kukar. Selama berprofesi sebagai pemain, Marcus Bent pernah memperkuat 15 klub berbeda.

Beberapa klub yang pernah diperkuat Bent ialah Brentford, Crystal Palace, Port Vale, Sheffield United, Blackburn, Ipswich Town, Leicester City, Everton, Charlton Athletic, Wigan Athletic, Birmingham City, Middlesbrough, QPR, Wolverhampton dan Mitra Kukar.

8 dari 8 halaman

1. John Burridge

Rekor pemain yang paling sering berganti klub menjadi milik John Burridge. Mantan kiper Timnas Inggris itu tercatat pernah membela 29 klub berbeda.

John Burridge Mengawali karier profesional sebagai pemain Workington pada 1969. Tak hanya itu, John Burridge juga penah berkostum Southend United, Crystal Palace, Queens Park Rangers, Wolverhampton Wanderers, Derby County, Sheffield United, Southampton, Hibernian, Scarborough, Lincoln City, Enfield, Aberdeen, Dunfermline Athletic, Dumbarton, Falkirk, Notts County, Witton Albion, Darlington, Grimsby Town, Gateshead, Northampton Town, Queen of the South, Purfleet, Blyth Spartans, Scarborough, dan Blyth Spartans.

Video Populer

Foto Populer