Sukses


Saat Jose Mourinho Berduel dengan Pelatih Kembarannya Julian Nagelsmann

Bola.com, London - Pelatih kepala RB Leipzig, Julian Nagelsmann, yang kini berusia 32 tahun terpaut 25 tahun lebih muda dari pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Kedua tim bakal berjumpa pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Tottenham Stadium, London, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB.

Julian Nagelsmann dijuluki 'Mini-Mourinho' saat menjabat sebagai asisten pelatih di Hoffenheim.

Pada Rabu malam, saat Tottenham menghadapi RB Leipzig, Jose Mourinho mungkin melihat ke arah bangku lawan dan mengenali sesuatu yang tak asing. Ia seperti melihat cermin.

Julian Nagelsmann, pria muda yang bersemangat yang sangat ingin menjadi pemain sepak bola yang kariernya berakhir sebelum waktunya, seseorang yang berhenti dari kursus bisnis universitas untuk fokus pada olahraga, seseorang yang sejak usia sangat muda mencuat sebagai salah satu pelatih paling cerdas dari generasi mereka.

Dengan kata lain, dia akan melihat versi dirinya yang lebih muda.

Pada usia 32, Nagelsmann dianggap sebagai masa depan, sementara Mourinho belakangan dianggap sudah lewat waktunya.

Sepak bola di level elite sekarang didominasi oleh permainan transisi keras dan cepat yang berkembang di Jerman. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, contohnya. Salah satu pelopor gaya itu adalah Ralf Rangnick, yang mengembara di Stuttgart, Schalke, Hoffenheim, dan Leipzig. Ia sekarang Direktur Olahraga dan Pengembangan di Red Bull.

Dalam sebuah wawancara dengan Blizzard ia mengidentifikasi empat prinsip untuk memandu bagaimana tim Red Bull seharusnya bermain:

“Satu, tambahkan kemungkinan maksimum ke tim dan bertindak, jangan bereaksi. Jadi, Anda perlu mendikte permainan dengan dan tanpa bola, bukan melalui individu."

“Dua, gunakan keunggulan numerik dan biarkan bola berjalan secara langsung kapan pun memungkinkan, tanpa tindakan individu yang tidak perlu dan tanpa pelanggaran."

“Tiga, gunakan transisi, beralihlah dengan cepat. Cobalah untuk memenangkan kembali bola dalam waktu lima detik dengan penekanan agresif. Setelah memenangkan bola kembali, main cepat langsung, main langsung, dan vertikal ke arah gawang lawan, kejutkan lawan yang tidak terorganisir untuk masuk ke area penalti dan menembak dalam 10 detik setelah memenangkan bola kembali."

“Di Hoffenheim, kami melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa kemungkinan mencetak gol adalah dalam waktu delapan detik usai memenangkan kembali bola. Dalam pelatihan kami memiliki jam hitung mundur dan targetnya adalah untuk mencetak dalam waktu 10 detik. Jurgen Klopp mengatakan bahwa playmaker terbaik adalah 'penangkal sempurna.' Jadi empat, semakin banyak tim berlari lebih cepat untuk memenangkan kembali bola semakin besar kemungkinan mereka akan mencetak gol begitu mereka menang kembali dengan cepat. ”

Video

2 dari 3 halaman

Beda Jalan Hidup dengan Jose Mourinho

Sebelum menunjuk Nagelsmann, yang membangun fondasi permainan bagus di Hoffenheim, Rangnick menggambarkannya sebagai sosok manajer muda potensial di Jerman.

Tentu saja dia adalah salah satu yang berpikiran maju, mendapat manfaat dari pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang seperti Rangnick, Wolfgang Frank, dan Volker Finke.

Pertarungan itu mereka menangkan dan Jerman telah berubah dari menjadi negara yang percaya bahwa sepak bola adalah semua pertarungan individu untuk menjadi yang terdepan dalam mengembangkan tekanan.

Hal itu yang membedakan Nagelsmann dengan Mourinho, yang meskipun dibentuk sebagai pelatih di tengah masa transisi pasca-Cruyffian Barcelona akhir 1990-an, memutuskan pindah dari Barcelona karena merasa kariernya tidak akan berkembang di sana.

Dalam dua kampanye pertamanya di persaingan Eropa, Nagelsmann bersama Hoffenheim tampak jadi tim yang naif. Mereka hanya memenangkan satu dari 14 pertandingan.

Sang pelatih  mengakui bahwa dia membuat terlalu banyak perubahan antara Bundesliga dan Eropa, yang menyebabkan tim kebingungan. Mereka bermain terlalu ofensif yang akhirnya malah merugikan.

 

3 dari 3 halaman

Peran Jurgen Klopp

Saat melakukan evaluasi diri, Nagelsmann telah mengakui pentingnya Klopp di Liverpool sebagai model, menjelaskan bagaimana ia ingin timnya juga menjadi kurang bergantung pada serangan balik dan belajar bagaimana mengendalikan permainan.

"Dia selalu memikirkan segalanya," kata pemain sayap Emil Forsberg.

“Apa yang harus Anda lakukan dengan bola, jika saya mengambil bola di sini, apa yang bisa saya lakukan, dan bagaimana Anda harus bergerak ketika lawan memiliki bola. Anda hanya harus melakukannya. Ini akan muncul dan Anda akan mendapatkan bola lampu di kepala Anda seperti: 'Ah Oke, jadi jika saya melakukan itu dan itu, itu akan terbuka dan saya bisa memainkan operan atau saya bisa memainkan passing seperti itu.' Saya suka menjalani latihannya, Anda menjalani sesuatu dengan maksud tertentu yang baik."

Sementara pendekatan holistik terdengar sangat mirip dengan teori periodisasi Mourinho, perbedaan besar adalah bahwa Mourinho, yang percaya sepak bola pada dasarnya acak, menganggap gerakan yang diprogram terlalu tidak dapat diandalkan untuk menjadi sesuatu yang berharga dan lebih suka mencoba untuk menghasilkan sesuatu dengan mengandalkan pola pikir pemainnya, sehingga mereka menjalankan apa yang diinginkan setelah ada kesamaan pemikiran.

Gaya permainan keduanya berbeda. Jose Mourinho doyan bertahan, sementara Julian Nagelsmann pemuja permainan ofensif. Pertemuan kedua pelatih mempertontonkan dua kutup berbeda sepak bola. Siapa yang akhirnya menjadi usang?

 Sumber: Guardian

Video Populer

Foto Populer