Sukses


Presiden Juventus Pertanyakan Kelayakan Atalanta di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Di tengah merebaknya virus Corona di Italia yang ikut berdampak terhadap kegiatan olahraga di negara itu termasuk sepak bola, Presiden Juventus, Andrea Agnelli, justru melempar pernyataan yang membikin panas beberapa kalangan, khususnya segenap elemen di klub Atalanta.

Agnelli melontarkan pernyataan kontroversial, dengan menganggap sesama kontestan Serie A, Atalanta, tidak layak jadi peserta di Liga Champions.

Dasar pemikiran Agnelli adalah sejarah, nama besar, dan rekam jejak sebuah klub.

Atalanta bisa dibilang mendapatkan keuntungan dari regulasi terbaru, yakni tim finis di zona empat besar Serie A otomatis masuk fase grup Liga Champions.

Regulasi itu membuat Atalanta tidak perlu repot-repot melewati fase kualifikasi hanya untuk berada satu grup dengan klub besar Eropa.

"Saya sangat menghormati semua yang Atalanta lakukan, tapi tanpa sejarah internasional dan berkat satu musim yang hebat, mereka mendapatkan akses langsung ke kompetisi utama Eropa, apakah itu tepat atau tidak?" ujar Agnelli, dikuitp dari Football Italia.

"Lalu saya memikirkan Roma, yang berkontribusi dalam beberapa tahun terakhir untuk mempertahankan ranking tinggi Italia di UEFA. Mereka melewati satu musim yang buruk kemudian gagal (masuk empat besar dan main di Liga Champions), dengan semua konsekuensi kerusakan secara finansial," lanjutnya.

"Kami juga harus melindungi investasi dan biaya. Jadi, apakah Atalanta dengan itu punya peluang yang lebih kecil untuk tampil di level tertinggi? Saya tak mau jawab. Ini soal mempersiapkan proses yang transparan untuk membuat keputusan ini."

"Ada tim yang memenangi liga atau piala dan mencapai penyisihan Liga Champions hanya berdasarkan peringkat negara mereka. Intinya adalah bagaimana kita menyeimbangkan kontribusi untuk sepak bola Eropa dan kinerja klub dalam satu musim," tutur Agnelli.

2 dari 2 halaman

Mengejutkan

Atalanta berhasil tampil mengejutkan di Serie A musim lalu dengan finis di peringkat ketiga. Kini, tim yang dijuluki La Dea (Sang Dewi) tersebut kembali membuat publik terkejut berkat kiprah di Liga Champions 2019-2020 yang cemerlang.

Mereka membuat publik terkejut karena berhasil mencapai babak 16 besar. Pada leg pertama di fase 16 besar, Atalanta berhasil mengalahkan Valencia dengan skor telak 4-1. Peluang mereka untuk lolos ke perempat final pun makin besar.

Padahal, ini menjadi kesempatan pertama Atalanta tampil di Liga Champions sejak klub itu berdiri, 111 tahun silam.

Sumber Asli: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Penulis/Editor: Yaumil Azis. Published: 6/3/2020)

Jadwal Perempat Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo Bisa Reuni dengan Real Madrid

Video Populer

Foto Populer