Sukses


FIFA Resmi Menunda Piala Dunia Antarklub 2021

Jakarta - FIFA resmi menunda pagelaran Piala Dunia Antarklub 2021, Rabu (18/3/2020) atau Kamis dini hari WIB. Organisasi sepak bola dunia itu mengambil kebijakan demi memberi jalan bagi Piala Eropa dan Copa America yang ditunda setahun akibat pandemi virus Corona.

"Kami selanjutnya akan mengumumkan kapan penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub yang sedianya bergulir Juni-Juli 2021," tulis keterangan resmi badan tersebut.

FIFA tidak memiliki banyak opsi melihat kacaunya jadwal pertandingan karena pandemi virus Corona. Hampir seluruh kompetisi tengah dihentikan demi meredam penyebaran Covid-19 yang sudah menginfeksi lebih dari 200 ribu orang di seluruh dunia tersebut.

Krisis kesehatan ini belum diketahui kapan berakhir, sehingga mendorong UEFA dan CONMEBOL menunda turnamen kebanggaan masing-masing yakni Piala Eropa dan Copa America.

"Kita menghadapi situasi luar biasa yang membutuhkan pendekatan sebaik mungkin," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

 

2 dari 2 halaman

Format Baru

FIFA menerapkan format baru untuk Piala Dunia Antarklub 2021. Ajang itu bakal menjadi turnamen empat tahunan dengan diikuti 24 klub.

Sebelumnya Piala Dunia Antarklub dihelat setiap tahun dan mempertemukan tujuh klub, yakni enam juara dari tiap kawasan plus wakil tuan rumah. Format terakhir ini rencananya bergulir pada Desember 2020 di Qatar.

Sebelum mengambil keputusan resmi, Infantino mengindikasikan bakal menunda Piala Dunia Antarklub 2021 yang rencananya digelar di China. Infantino menyodorkan tiga alternatif untuk menggelar Piala Dunia Antarklub yani pada akhir 2021, 2022, dan 2023.

 

Sumber: FIFA

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan/Edu Krisnadefa, published 19/3/2020)

Video Populer

Foto Populer