Sukses


Dari Alessandro Del Piero Hingga Pavel Nedved, Ini Daftar Skuat Juventus Kala Berlaga di Serie B 2006-2007

Bola.com, Jakarta - Juventus harus berlaga di Serie B 2006-2007 akibat tersandung skandal pengaturan skor, Calciopoli. Meski tampil di kasta kedua, Juve masih diperkuat sejumlah pemain bintang Eropa.

I Bianconeri terbukti bersalah terkait pengaturan skor dalam sejumlah pertandingan di Serie A musim 2004-2005 dan 2005-2006. Otak dibalik skandal Calciopoli itu adalah Luciano Moggi, yang ketika itu menjabat sebagai Direktur Umum Juventus.

Akibatnya, Juventus dijatuhi sanksi oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) berupa degradasi ke Serie B, pengurangan poin hingga 30, dan titel juara musim 2004-2005 dan 2005-2006 dilucuti. Akan tetapi, Juve melakukan banding.

Berdasarkan hasil banding, La Vecchia Signora tetap berlaga di Serie B 2006-2007, pengurangan sembilan poin, tiga pertandingan kandang tertutup, dan titel juara Serie A 2004-2005 dan 2005-2006 dicopot. Adapun Luciano Moggi dilarang beraktivitas di dunia sepak bola seumur hidup.

Tampil di kasta kedua membuat sejumlah pemain bintang Juventus memutuskan angkat kaki. Mulai dari Fabio Cannavaro dan Emerson yang hengkang ke Real Madrid, Zlatan Ibrahimovic dan Patrick Vieira bergabung ke Inter Milan, Adrian Mutu ke Fiorentina, dan Gianluca Zambrotta serta Lilian Thuram pindah ke Barcelona.

Meski begitu, tak sedikit juga pemain yang masih setia bertahan. Mereka adalah Alessandro Del Piero, Gianluigi Buffon, Pavel Nedved, David Trezeguet, dan Mauro Camoranesi.

Juventus juga mempromosikan pemain-pemain dari akademi, yakni Claudio Marchisio dan Paolo De Ceglie, serta memboyong Jean-Alain Boumsong dari Newcastle United dan Cristiano Zanetti dari Inter Milan.

Di bawah asuhan Didier Deschamps, Juventus terlalu tangguh bagi klub-klub di Serie B. Meski mendapat pengurangan sembilan poin, skuat Putih-Hitam berhasil finis di puncak klasemen akhir Serie B 2006-2007.

Mereka mengoleksi 85 poin hasil dari 42 pertandingan. Torehan itu pun membuat Juve kembali promosi ke Serie A. Selain itu, penyerang Juventus, Alessandro Del Piero, juga menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak pada musim tersebut dengan koleksi 20 gol.

Berikut ini adalah daftar pemain Juventus ketika tampil di Serie B 2006-2007:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Juventus di Serie B:

Kiper: Gianluigi Buffon, Antonio Mirante, Matteo Trini, Emanuele Belardi

Bek: Alessandro Birindelli, Giorgio Chiellini, Robert Kovac, Gianluca Pessotto, Felice Piccolo, Federico Balzaretti, Jonathan Zebina, Paolo De Ceglie, Nicola Legrottaglie, Jean-Alain Boumsong.

Gelandang: Giuliano Giannichedda, Pavel Nedved, Claudio Marchisio, Matteo Paro, Marco Marchionni, Dario Venitucci, Raffaele Bianco, Mauro Camoranesi.

Penyerang: Valeri Bojinov, Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Raffaele Palladino, Marcelo Zalayeta, Sebastian Giovinco, Michele Paolucci.

Pelatih: Didier Deschamps

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer