Sukses


10 Pesepak Bola Top dan Pemain Idolanya, Ayo Siapa yang Dikagumi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo?

Bola.com, Jakarta - Bocah-bocah di berbagai belahan dunia tumbuh dengan menyukai sepak bola. Mereka juga punya pemain idola masing-masing, dengan berbagai alasan berbeda-beda. 

Sosok pesepak bola hebat biasanya menjadi inspirator anak-anak tersebut untuk berkarier di sepak bola profesional. Mereka biasanya ingin mengikuti jejak sang idola, mulai gaya bermain hingga prestasi-prestasinya. 

Pemain-pemain yang kini berstatus bintang sepak bola dunia biasanya juga pernah punya idola masa kecil. Mungkin hanya segelintir orang yang tidak punya pemain idola. Cristiano Ronaldo contohnya. Bintang Juventus itu mengatakan tak memiliki pemain idola yang spesifik. 

Saat ditanya siapa pemain yang paling memengaruhinya, Ronaldo mengaku tak punya sosok yang spesifik itu. Dia memilih memotivasi dirinya sendiri untuk menjadi yang terbaik. 

Beda Ronaldo, beda pula rival terberatnya, Lionel Messi. Pemain Barcelona dan Timnas Argentina itu punya idola yang ternyata sama-sama orang Argentina. Siapakah dia?  

Berikut ini daftar 17 pesepak bola top dan pemain idolanya, seperti dilansir Timetalk.  

 

2 dari 12 halaman

Sergio Aguero

Bintang Manchester City Sergio Aguero dikenal sangat menyukai mantan striker Liverpool, Michael Owen. Fakta itu diungkapkan pada otobiografinya. 

"Fans City mungkin tak ingin mendengarnya, tetapi saat masih kecil saya ingin menjadi Owen. Saya selalu menyukai Liverpool," kata Aguero. 

 

Saat berkostum Liverpool, Michael Owen meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 2001 karena penampilan impresifnya. (AFP/Adrian Dennis)

3 dari 12 halaman

Cristiano Ronaldo

Saat diwawancara oleh soccer.com tentang siapa pemain yang menjadi idolanya, pemenang Ballon d’Or 5 kali itu mengungkapkan: “Dalam hati saya. Saya mempunyai banyak pemain yang dapat bermain bersama mereka,” lantang Ronaldo.

“Akan tetapi saya memilih satu dari negara saya dan dia telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Dia adalah Eusebio.

“Dia adalah salah satu simbol penting dari timnas Portugal dan dia adalah pemain sepak bola yang luar biasa. Tapi saya mengharapkan bisa bermain dengannya di tim yang sama yaitu Portugal.

2. Eusebio (Portugal), bintang yang dalam kariernya sukses mencetak 790 gol dari 809 pertandingan ini meraih Ballon d'Or pada tahun 1965. Prestasi terbaiknya bersama Portugal hanya posisi ketiga Piala Dunia 1966. (AFP/Staff)

4 dari 12 halaman

Xavi

Xavi mengidolakan legenda Southampton, Matt Le Tissier. Bahkan, mantan gelandang Barcelona itu cukup terobsesi dengan kehebatan Le Tissier. 

Xavi memilih Le Tissier sebagai pemain favorit sejak dirinya masih bocah.  

Matt Le Tissier yang bermain untuk Southampton (1986-2002) berada di peringkat 2. (Premierleague.com)

5 dari 12 halaman

David Beckham

Pahlawan sepak bola bagi David Beckham adalah legenda Manchester United, Bryan Robson. Hebatnya, Beckham berhasil mengikuti jejak sang pemain idola. 

Beckham bisa menjadi kapten Timnas Inggris seperti Robson, serta memakai nomor punggung 7 di Manchester United. 

 

5. Bryan Robson, pesepak bola ini mendapat julukan Captain Marvel dari fans United. Akhir 80an dan awal 90an menjadi masa kejayaannya mengawal lini tengah Manchester United. (www.manutdevening.com)

6 dari 12 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi mengidolakan sesama mantan gelandang Timnas Argentina, Pablo Airmar. Sang pemain dikenal punya skill yang mumpuni dan secara teknik sangat brilian. 

Tak heran, Aimar menjadi anutan Messi. Bintang Barcelona itu dikabarkan masih menjadi penggemar berat Pablo Aimar. 

 

4. Pablo Aimar - Postur dan posisi bermainnya mirip dengan Diego Maradona. Aimar membela Argentina sebanyak 52 kali namun gagal sepenuhnya menjadi The Next Maradona. (AFP/Rodrigo Arangua)

7 dari 12 halaman

Dennis Bergkamp

Striker legendaris Arsenal, Dennis Bergkamp, menjadikan Glenn Hodlle sebagai sosok pahlawannya. Bergkamp tumbuh dewasa dengan menjadikan legenda Tottenham Hotpur itu sosok inspiratornya. 

Namun, Bergkamp selalu membantah rumor bahwa dirinya fans Tottenham. 

 

Legenda_Tottenham Hotspur_Glenn Hoddle (Bola.com/Adreanus Titus)

8 dari 12 halaman

Cesc Fabregas

Pemain Monaco yang pernah memperkuat Arsenal dan Barcelona, Cesc Fabregas, mengidolakan Pep Guardiola, yang kini menjadi manajer Manchester City. 

Alasannya, posisi bermain Fabregas sama dengan Guardiola. Fabregas juga mengikuti jejak Guardiola sebagai gelandang kreatif. 

 

5. Pep Guardiola - Pelatih Manchester City ini pernah melakoni peran sebagai anak gawang. Legenda asal Belanda, Johan Cryuff lah yang kemudian membawanya masuk ke tim junior Barcelona. (Patrick Hertzog)

9 dari 12 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Pemain AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, sangat menyukai Ronaldo. Ibra, yang pernah bermain untuk Juventus, Manchester United, dan Barcelona pernah menyanjung sosok striker legendaris asal Brasil itu. 

"Tak akan pernah ada pemain yang lebih baik daripada Ronaldo," kata Ibra. 

 

Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)

10 dari 12 halaman

Dimitar Berbatov

Mantan striker Manchester United, Dimitar Berbatov, tumbuh dengan berkiblat pada legenda Newcastle United, Alan Shearer. 

"Pertamanya saya mendukung Blackburn karena Shearer ada di sana, kemudian Newcastle. Orang tua saya membelikaan jersey Newcastle nomor punggung 9 karena mereka tahu saya sangat menyukai Shearer. Saya tidur dengan jersey tersebut," kata Berbatov kepada Four Four Two

3. Alan Shearer (1996-1997) - Dari Blackburn Rovers ke Newcastle United dengan nilai transfer: 18,9 juta poundsterling. Nilai saat ini menurut data inflasi: 138 juta poundsterling. (AFP/Odd Andersen)

11 dari 12 halaman

Eden Hazard

Pemain Real Madrid, Eden Hazard, diketahui sejak kecil mengidolakan Zinedine Zidane. Dia terpesona dengan kemampuan Zidane mengolah bola dan gaya bermainnya yang elegan. 

Beruntung, Eden Hazard kini bisa merasakan langsung sentuhan tangan dingin Zidane yang menjadi pelatihnya di Real Madrid. 

 

5. Zinedine Zidane - Salah satu dari pesepak bola terbaik sepanjang sejarah ini mulai bersinar saat membela Juventus. Tahun 2001 dirinya memecahkan rekor menjadi pemain termahal dunia saat memutuskan hijrah ke Real Madrid dengan mahar 78 juta euro. (AFP/Gabriel Bouys)

Sumber: Berbagai sumber

12 dari 12 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer