Sukses


Bundesliga 2019-2020, Musim Bergelimang Rekor

Bola.com, Jakarta - Bundesliga sudah menggelar pertandingan pekan ke-34 pada minggu lalu. Artinya kompetisi kasta tertinggi Jerman untuk musim 2019-2020 sudah resmi berakhir.

Bayern Munchen masih menunjukkan keperkasaan mereka di Bundesliga. Mereka mengamankan gelar juara Bundesliga musim ini yang merupakan gelar kedelapan mereka secara beruntun.

Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Borussia Monchengladbach sukses mengamankan posisi mereka di zona Liga Champions. Sementara Dusseldorf dan Paderborn harus rela turun kasta ke Divisi 2.

Namun, yang tidak kalah menarik. Ada sejumlah rekor baru yang tercipta selama Bundesliga 2019-2020 berlangsung. Apa saja rekor tersebut?

Video

2 dari 5 halaman

Perburuan Top Scorer dan Rekor Gol Lain

Tidak lengkap rasanya bagi seorang striker tanpa mendapatkan gelar top scorer pada akhir musim. Dikenal dengan istilah Torjägerkanone, semua striker berjibaku memperebutkannya.

Kali ini, pemain depan Bayern Munchen, Robert Lewandowski, finis sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga dengan 34 gol, yang juga membuatnya jadi pemain asing yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim.

Musim ini adalah sah musim terbaik Lewandowski. Selain selalu berhasil mencetak gol dalam 11 pertandingan pertama, striker asal Polandia itu menambah hiasan prestasinya dengan meraih penghargaan pencetak gol terbanyak kelima di sepanjang karier, dan yang ketiga secara berturut-turut.

Total, Lewandowski telah mencatatkan 236 gol di Bundesliga. Sementara itu, Timo Werner berakhir sebagai pencetak gol terbanyak kedua dengan 28 gol.

Sementara di tempat ketiga ada pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho, yang mencetak 17 gol dan pula secara mengesankan berhasil mencatatkan 16 assist.

Pada rekor lainnya, Erling Haaland jadi pemain pertama yang mencetak 9 gol dalam 6 laga pertama. Ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick dalam laga debut sebagai pemain pengganti.

Rekor berikutnya, pencetak gol termuda berhasil dicatatkan oleh Florian Wirtz dari Bayer Leverkusen dalam usia 17 tahun dan 34 hari. Untuk rekor klub, ada Borussia Dortmund yang berhasil membukukan rekor internal dengan mencetak 84 gol pada musim ini.

3 dari 5 halaman

Thomas Muller, Jawara Assist

Tampil apik di pertandingan terakhir melawan Wolfsburg, Thomas Müller menambah pundi-pundi assist dengan membuat satu assist dan tambahan satu gol.

Bersama 21 assist yang Müller bawa ke pertandingan itu, ia menghapus nama Kevin De Bruyne dari kitab sejarah Bundesliga dengan berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya menjadi milik Kevin de Bruyne.

4 dari 5 halaman

Klaus Gjasula, Kolektor Kartu Kuning Terbanyak di Jerman

Klaus Gjasula bukan nama yang familiar dalam sepak bola. Namun, nama yang asing di kepala itu mampu mencetak sejarah dan masuk dalam buku rekor.

Gelandang bertahan SC Paderborn tersebut membukukan rekor baru di Bundesliga dalam laga kontra Werder Bremen dengan mengoleksi kartu kuning ke-17 nya di sepanjang musim ini.

Rekor tersebut melampaui rekor Tomasz Hajto yang dibuat pada musim 1998-1999.

5 dari 5 halaman

Termahal di Jerman, Termahal di Dunia

Transfer Lucas Hernandez ke Bayern Munchen menciptakan rekor baru sebagai pembelian bek termahal yang pernah dilakukan oleh jawara Jerman itu dan juga yang termahal dalam sejarah Bundesliga.

Bahkan menurut catatan, trannsfer ini juga yang termahal di dunia untuk posisi bek. Mahar 80 juta euro dikeluarkan The Bavarian demi mendatangkan bek kiri tersebut ke Allianz Arena dari Atlético Madrid.

Sumber: Bundesliga

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 6/7/2020)

Video Populer

Foto Populer