Sukses


Memprediksi Juara Liga Champions: Final Ideal Bayern Munchen vs Atletico Madrid

Bola.com, Jakarta - UEFA akhirnya menentukan bahwa Liga Champions 2019-2020 tetap dilangsungkan. Menarik untuk memprediksi siapa yang bakal keluar sebagai juara.

Pada Liga Champions kali ini, sejumlah perubahan dilakukan. Selain meniadakan sistem format home & away, mulai babak perempat final hingga partai puncak, semua pertandingan digelar terpusat alias di tempat netral.

Lalu, sisa pertandingan yang ada dipadatkan pada Agustus 2020 mendatang. Drawing sudah dilakukan, laga-laga seru bakal disaksikan.

Sebanyak 12 tim tersisa. Empat di antaranya sudah memastikan diri lolos ke babak perempat final. Sementara delapan tim lainnya masih harus berduel pada leg kedua babak 16 besar.

PSG, RB Leipzig, Atalanta, dan Atletico Madrid telah menunggu. Menariknya, keempat tim tersebut bertemu di babak perempat final. PSG berjumpa tim sarat kejutan, Atalanta, sedangkan RB Leipzig bersua Atletico Madrid yang mengalahkan Liverpool pada laga sebelumnya.

Semua tim kini tertuju pada satu tempat, yakni Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, venue 'mini tournament' Liga Champions mulai perempat final hingga final. Bola.com memprediksi siapa yang akan mengangkat trofi Si Kuping Besar.

 

Video

2 dari 16 halaman

Atalanta

Kisah Atalanta di Liga Champions 2019-2020 bagaikan Cinderella. Mereka datang dengan materi pemain dan finansial yang bisa dibilang pas-pasan. Soal kandang saja, anak asuh Gian Piero Gasperini ini menumpang di Giuseppe Meazza.

Namun siapa sangka, anggapan miring menyoal perjalanan Atalanta di Liga Champions 2019-2020 justru membuat mereka tampil tanpa beban. Alhasil, meski sempat terseok-seok pada babak grup, Luis Muriel dkk. berhasil melaju hingga perempat final.

Menghadapi PSG, di atas kertas, Atalanta mungkin tidak diunggulkan. Namun perlu diketahui, PSG belum pernah sekalipun menang melawan tim dari Serie A Italia di pentas Liga Champions.

Selain itu, PSG bakal terkendala dalam hal match fitness. Sebab, mereka praktis belum bertanding di level kompetitif usai Ligue 1 resmi dihentikan akibat pandemi virus corona. Neymar dkk. hanya akan bertanding dua kali pada turnamen Piala Prancis dan Piala Liga.

Atalanta yang merupakan debutan di Liga Champions jelas diuntungkan perihal faktor ini. Terlebih, performa mereka di Serie A juga sedang bagus-bagusnya.

Prediksi: Semifinal

 

3 dari 16 halaman

Atletico Madrid

Semua pendukung Atletico Madrid yang telah lama menanti tim kesayangannya mengangkat trofi Liga Champions bisa menyudahi mimpinya musim ini. Ada sejumlah faktor.

Yang pertama, Atletico berhasil menumbangkan Liverpool, sang juara bertahan. Yang kedua, lawan mereka pada perempat final adalah RB Leipzig yang secara kekuatan belum teruji benar di pentas antarklub Eropa.

Soal match fitness, Leipzig tak kalah telak. Sebab, Bundesliga merupakan satu dari sedikit liga yang pertama menggulirkan kembali kompetisi usai dihentikan akibat pandemi virus corona.

Lalu, Atletico Madrid masih punya satu 'utang' di Lisbon. Pada final Liga Champions 2014, mereka tumbang menyesakkan atas Real Madrid. Jadi, ini adalah momen balas dendam buat anak asuh Diego Simeone siapapun lawannya nanti di final.

Prediksi: Final

 

4 dari 16 halaman

Barcelona

Barcelona jadi satu dari delapan tim yang belum memastikan diri lolos ke perempat final. Mereka masih harus berhadapan dengan Napoli di Camp Nou dengan agregate 1-1.

Barcelona memang lebih diunggulkan dan melihat grafik Napoli di Serie A, bakal tak sulit buat Lionel Messi dkk. untuk memulangkan tim besutan Gennaro Gattuso.

Akan tetapi, calon lawan mereka pada babak perempat final adalah Bayern Munchen atau Chelsea. Andai bertemu Munchen, Barcelona diprediksi kepayahan.

Di La Liga, fisik dan psikis Barcelona tengah digenjot lantaran persaingan dengan Real Madrid. Ini bisa membuat El Barca kehabisan bensin jelang laga di Liga Champions.

Di sisi lain, Bayern Munchen sedang dalam trek positif menyusul gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal. Dengan begini, Barcelona diprediksi hanya akan sampai perempat final Liga Champions saja.

Prediksi: Perempat Final

 

5 dari 16 halaman

Bayern Munchen

Bayern Munchen diprediksi bakal keluar sebagai juara Liga Champions. Setidaknya, mereka bisa sampai perempat final dulu, sebab pada leg pertama kontra Chelsea, The Bavarian telah unggul aggregate 3-0.

Secara tim, materi pemain Bayern Munchen tidak bertumpu pada Robert Lewandowski saja. Masih ada pemain lain yang bisa dijadikan kartu as.

Serge Gnabry, Aphonso Davies, dan Thiago Alcantara diyakini bakal tampil memesona di Lisbon nanti.

Prediksi: Juara

 

6 dari 16 halaman

Chelsea

Tidak banyak yang bisa diharapkan dari Chelsea di Liga Champions 2019-2020. Untuk lolos dari hadangan Bayern Munchen saja sudah sulit.

The Blues tertinggal 0-3 dari Bayern Munchen. Lalu, sudah ada lawan berat menanti jika di luar dugaan sanggup menjungkalkan Munchen.

Di sisi lain, performa anak asuh Frank Lampard juga belum membaik. Berbagai hasil minor didapat Chelsea, termasuk kekalahan dari West Ham United dan Sheffield United.

Prediksi: 16 Besar

 

7 dari 16 halaman

Juventus

Tanpa mengesampingkan kekuatan Lyon, mari beranggapan bahwa Juventus mampu membalikkan ketertinggalan 0-1 pada leg pertama 16 besar.

Lolos ke babak perempat final, sudah ada Real Madrid atau Manchester City yang sudah menunggu. Diprediksi, Si Nyonya Tua bakal terhenti pada babak tersebut.

Maurizio Sarri juga belakangan diterpa isu tak sedap karena banyak pendukung Juventus yang menilai mantan pelatih Napoli itu tak layak menangani tim kesayangannya.

Prediksi: Perempat Final

 

8 dari 16 halaman

Lyon

Catatan dua kemenangan dari enam laga pada babak grup tentu bukan hal yang bagus buat Lyon. Menariknya, mereka sanggup memenangi pertandingan ketiga melawan Juventus pada leg pertama babak 16 besar.

Sama seperti PSG, Lyon praktis tak cukup memiliki match fitness karena terhentinya Ligue 1. Ini bukan modal yang bagus menghadapi Juventus yang 'padat agenda' sejak Serie A digulirkan kembali.

Lagipula, bisa mencapai 16 besar saja sudah prestasi yang cukup bagus mengingat performa mereka di pentas liga. Jadi, modal kemenangan 1-0 atas Juventus tampaknya tak bakal cukup.

Prediksi: 16 Besar

 

9 dari 16 halaman

Manchester City

Bermodalkan kemenangan 2-1 atas Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar di Santiago Bernabeu, Manchester City bisa berharap mampu meraih trofi Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub.

Satu faktor yang bisa membuat Manchester City optimistis menyambut format baru Liga Champions, kekalahan terakhir pada kompetisi bersistem one-off alias tanpa home & away terjadi pada 2018 silam.

Jika sanggup melewati hadangan Real Madrid, City sudah ditunggu Bayern Munchen, Chelsea, Juventus, atau Lyon. Diprediksi, perjalanan Manchester City hanya akan semifinal saja.

Prediksi: Semifinal

 

10 dari 16 halaman

Napoli

Napoli wajib menang menghadapi Barcelona di Camp Nou pada leg kedua babak 16 besar. Hal itu dirasa sangat sulit.

Inkonsistensi Napoli terlihat nyata musim ini. Anak asuh Gennaro Gattuso berhasil memenangi Coppa Italia kontra Juventus, tapi gagal bersaing di perburuan tiket Liga Champions.

Barcelona bukan lawan yang mudah meski akan bermain di Camp Nou tanpa penonton.

Prediksi: 16 Besar

 

11 dari 16 halaman

PSG

Sadar anak asuhnya butuh asupan pertandingan, pelatih PSG, Thomas Tuchel bakal menyuapi pemainnya dengan sejumlah pertandingan persahabatan. Mereka akan menghadapi Le Havre, Shamrock Rovers, dan Celtic.

Setelah itu, barulah PSG menghadapi pertandingan kompetitif di Piala Prancis dan Piala Liga, yakni melawan Saint-Etienne dan Lyon.

Atalanta yang akan dihadapinya pada babak perempat final bisa jadi adalah lawan terberat PSG musim ini. Besar kemungkinan, Atalanta akan keluar sebagai pemenangnya.

Prediksi: Perempat Final

 

12 dari 16 halaman

RB Leipzig

RB Leipzig dipastikan tak bisa memainkan Timo Werner pada sisa Liga Champions 2019-2020 karena sang striker sudah akan bergabung dengan Chelsea. Klub Bundesliga itu sangat bergantung pada Werner, sehingga pada laga kontra Atletico Madrid, sudah barang tentu mereka bakal kesulitan.

Skenarionya mungkin akan berbeda kalau laga digelar home & away. Namun, dengan format one-off, Atletico Madrid diprediksi tanpa kesulitan berarti.

Prediksi: Perempat Final

 

13 dari 16 halaman

Real Madrid

Real Madrid akan bermain menghadapi Manchester City dengan dua catatan negatif. Pertama, mereka harus mengejar ketertinggalan 1-2 di Etihad Stadium.

Kedua, Sergio Ramos dipastikan tak bisa tampil karena akumulasi kartu. Menghadapi lini serang Manchester City yang mengerikan, tentu sulit buat Madrid untuk mengejar ketertinggalan.

Prediksi: 16 Besar

 

14 dari 16 halaman

Prediksi Semifinal

Man City vs Bayern Munchen

Atalanta vs Atletico Madrid

 

15 dari 16 halaman

Prediksi Final

Bayern Munchen vs Atletico Madrid

16 dari 16 halaman

Prediksi Juara

Bayern Munchen

Video Populer

Foto Populer