Sukses


Barisan Seniman Lini Tengah Bernomor Punggung 8 Terbaik Sepanjang Masa: Steven Gerrard, Toni Kroos, hingga Andres Iniesta

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola bernomor punggung 8 tidak diberi perhatian seperti yang didapat kaos nomor 7, 9 atau 10. Tetapi itu tidak berarti bahwa angka 8 kurang penting dari yang lain.

Dalam permainan modern, nomor 8 dipakai oleh gelandang serang yang tugasnya membuat ruang di area padat dan keduanya menciptakan dan mencetak gol.

Bermain di lini tengah, para pemain ini biasanya memiliki kemampuan dribel bola yang sangat baik, mampu menggeliat keluar dari ruang sempit dengan gerak kaki yang rapi dan kemudian melepaskan umpan terobosan yang ciamik ke para penyerang. Terkadang ia juga kerap muncul sebagai pemain pemecah kebuntuan.

Beberapa pesepak bola hebat yang membius dunia mengenakan kaos nomor 8. Siapa saja mereka?

 

2 dari 10 halaman

Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso tidak ragu untuk menghadapi lawan dan terkadang, kemarahannya akan mengalir ke interaksinya dengan wasit juga. Tapi jangan biarkan agresi mengambil apapun dari permainannya, Gattuso adalah pemain yang sangat bagus untuk Italia dan AC Milan.

Andrea Pirlo berkembang menjadi salah satu mifielder terhebat di generasinya berkat kerja keras yang dilakukan Gattuso. 'Rino' melindungi pertahanannya dengan semangat dan penampilannya yang berapi-api selalu menjadi suguhan untuk ditonton.

Gattuso menebus kurangnya keterampilannya yang mencolok dengan tingkat kerja dan hasratnya terhadap permainan. Dia memenangkan 2 Scudetto, 1 Liga Champions dan Piala Dunia dalam karirnya dan akan turun sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di zaman kita.

3 dari 10 halaman

Juninho

Bisa dibilang sebagai pengambil tendangan bebas terhebat sepanjang masa, Juninho adalah seorang playmaker yang luar biasa dan kemudian menjadi salah satu pemain hebat Olympique Lyon sepanjang masa dengan memberikan banyak assist dan mencetak lebih dari 100 gol sepanjang karirnya.

Kedatangan Juninho yang membangkitkan tim Lyon yang belum pernah mengecap gelar juara. Juninho kemudian memimpin klubnya meraih 7 gelar Ligue 1 berturut-turut. Dia memenangkan pemain Ligue 1 tahun ini sekali dan masuk dalam tim terbaik Ligue 1 tahun ini dalam 3 kesempatan.

Membatasi Juninho sebagai pengambil tendangan bebas yang hebat akan menjadi reduktif. Juninho bisa menciptakan peluang dalam serangan dengan operan indahnya yang merupakan alasan mengapa dia mengumpulkan banyak assist. Dia juga memiliki visi yang hebat dan kecerdasan sepak bola yang hebat dan bisa mencetak gol dunia dari jarak jauh.

4 dari 10 halaman

Toni Kroos

Gelandang kelas dunia Real Madrid, Toni Kroos, layak masuk barisan legenda. Pemain Jerman itu sangat brilian untuk Los Blancos menikmati kehadirannya dengan passing dan visinya yang luar biasa.

Real Madrid mengontraknya pada 2014 dengan mahar 25 juta poundsterling dan kesepakatan itu masih dianggap murah. Kroos telah memenangkan 2 gelar La Liga, 2 Supercopa de Espana dan 3 gelar Liga Champions berturut-turut juga.

Kroos tidak pernah menjadi pemain tercepat di lapangan. Tapi dia lebih dari sekadar menebusnya dengan jangkauan umpan dan akurasi yang luar biasa dengan kedua kakinya. Bersama Luka Modric, dia adalah salah satu duet lini tengah yang paling ditakuti di Eropa belakangan ini. Kroos juga merupakan spesialis bola mati.

5 dari 10 halaman

Frank Lampard

Frank Lampard gelandang jenius yang menghidupkan sektor tengah Chelsea bertahun-tahun. Ia merupakan salah satu hebat Premier League.

Seorang gelandang box-to-box yang kreatif dan kkuat secara teknis, Frank Lampard memantapkan dirinya di Chelsea sebagai seorang gelandang yang juga merupakan pencetak gol yang produktif.

Dia adalah pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa dan telah memenangkan 3 gelar Premier League dan 1 gelar Liga Champions bersama The Blues.

Lampard memenangkan penghargaan FWA Footballer of the Year pada tahun 2005 dan menjadi runner-up untuk penghargaan Ballon d'Or dan FIFA Player of the Year pada tahun yang sama.

6 dari 10 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard bergabung dengan Liverpool pada 1997 dan mengabdi selama 17 tahun. Dia adalah kapten tim selama 12 tahun dari tahun 2003.

Gerrard masuk ke layar dan mencetak beberapa screamer dari lini tengah. Dia juga menunjukkan kedewasaan jauh melebihi usianya saat masih muda.

Momen terbaik Gerrard dengan seragam Liverpool adalah memenangkan Liga Champions UEFA di Istanbul setelah tertinggal 3-0 di babak pertama melawan AC Milan. Gerrard mencetak gol dan kemudian memenangkan penalti saat Liverpool bermain imbang dan kemudian menang dalam adu penalti.

Gerrard memiliki kaki kanan yang mengerikan dan telah mencetak beberapa gol yang sangat luar biasa. Dia juga seorang playmaker dalam yang sangat baik dan digunakan untuk membuat timnya berdetak dengan passing dan visi yang sangat baik.

7 dari 10 halaman

Hristo Stoichkov

Jadi bagian dari tim impian Johan Cruyff yang memenangkan 4 gelar La Liga berturut-turut dan 1 Liga Champions, Stoichkov pemain luar biasa. Dia dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik tahun 1990-an.

Di Piala Dunia 1994, ia memimpin lini depan Bulgaria, membawa negaranya ke semifinal dan memenangkan Sepatu Emas setelah mencetak 6 gol di turnamen. Stoichkov juga memenangkan Ballon d'Or tahun itu berkat kemampuannya untuk klub dan negaranya.

Dia juga menjadi runner-up untuk Pemain Terbaik Dunia FIFA pada dua kesempatan dan telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Bulgaria tahun ini sebanyak 5 kali.

'El Pistolero' adalah penyerang kaki kiri yang ulet yang keserbagunaannya membuatnya bermain sebagai striker dan sebagai gelandang kreatif dalam kariernya yang termasyhur.

Dimulai sebagai bek kiri, kecepatan eksplosif Stoichkov selalu sulit untuk dinegosiasikan bagi para pemain bertahan.

 

8 dari 10 halaman

Lothar Matthaus

Dianggap sebagai salah satu gelandang terhebat sepanjang masa, Lothar Matthaus berbagi rekor bermain di 5 Piala Dunia FIFA dengan pemain Meksiko Rafael Marquez.

Matthaus memimpin tim Jerman Barat meraih kejayaan Piala Dunia pada tahun 1990. Dia pernah bermain untuk Borussia Monchengladbach, Bayern Munich, dan Inter Milan.

Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa pada tahun 1990 dan kemudian memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA pertama pada tahun 1991. Dia bahkan memenangkan Pemain Terbaik Jerman pada tahun 1999 pada usia 38 tahun. menunjukkan betapa konsistennya dia di panggung besar.

Matthaus terkenal karena kemampuannnya menjelajahi lini tengah, membuat para pemain bertahan mati dengan kontrol dan akselerasi yang sangat baik. Legenda Jerman memiliki kepekaan posisi yang bagus, visi yang hebat dan bisa memasukkan bola ke bagian belakang gawang dari mana saja. Dia juga jago melakukan tekel. Ia sedikit dari gelandang yang memiliki kemampuan yang sangat lengkap.

9 dari 10 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Dia adalah bagian dari apa yang sekarang dianggap sebagai tim internasional terhebat dan tim klub terhebat abad ke-21.

Don Andres memiliki karier yang sangat termasyhur dan banyak penggemar sepak bola percaya bahwa gelar Ballon d'Or yang semestinya ia raih dirampok dalam banyak kesempatan.

Dribbling, passing, dan penglihatan Iniesta benar-benar tak tertandingi dan bersama Xavi dan Busquets, ia membentuk trio yang tak terbendung selama beberapa tahun baik untuk Barcelona maupun Timnas Spanyol.

Dia telah memenangkan gelar La Liga 9 kali dan 4 trofi Liga Champions bersama Barcelona. Iniesta mencetak gol kemenangan Spanyol di final Piala Dunia 2010. Dia menempati posisi ke-2, ke-4 dan ke-3 dalam perebutan Ballon d'Or pada tahun 2010, 2011, dan 2012.

Sang gelandang bernomor punggung delapan satu ini memilih operan yang tidak terbayangkan oleh orang awam. Iniesta masih bermain setelah meninggalkan Barcelona pada 2018 dan saat ini membela klub Jepang, Vissel Kobe.

Sumber: Sportskeeda

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

 

10 dari 10 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer