Sukses


6 Kandidat yang Layak Menggantikan Ronald Koeman di Timnas Belanda, Mulai Van Gaal Hingga Arsene Wenger

Bola.com, Jakarta - KepergianĀ Ronald Koeman sebelum kontraknya berakhir meninggalkan lubang di Timnas Belanda. Koeman memilih menerima pinangan Barcelona ketimbang menyelesaikan kontraknya yang baru berakhir pada 2022.

Situasi itu tentu saja membuat Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) kecewa. Apalagi Ronald Koeman meninggalkan jabatannya jelang Timnas Belanda yang akan berlaga di Piala Eropa tahun depan.

"Kami menyesali keputusan Koeman, akan tetapi menghormati pilihannya. Pada periode Koeman menjadi pelatih, dia meraih hasil sangat bagus bersama Timnas Belanda. Dia membuat Timnas Belanda bangkit setelah masa-masa sulit," kata Direktur KNVB, Eric Gudde, Sabtu (22/8/2020).Ā 

KNVB tak punya kuasa untuk menahan kepergian Koeman. Sejak menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Belanda pada 2018, ternyata ada klausul yang menyebutkan KNVB tak boleh menghalangi kepindahan Koeman andai ada tawaran dari Barcelona.

KNVB tentu membutuhkan waktu untuk mencari kandidat yang tepat memimpin Timnas Belanda. Sementara waktu, jabatan pelatih sementara tim berjuluk De Oranje itu diambil alih mantan asisten Ronald Koeman,Ā Dwight Lodeweges.

Situasi itu diprediksi berjalan sementara waktu sampai KNVB menemukan sosok yang tepat. Namun, tidak juga menutup peluang buatĀ Dwight Lodeweges mendapatkan posisi permanen di Timnas Belanda.

Bola.com mencoba mengerucutkan sejumlah nama yang dianggap layak menjadi pengganti Ronald Koeman. Berikut ini adalah enam sosok pelatih yang layak menukangi Timnas Belanda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

1. Mark van Bommel

Mark van Bommel layak masuk dalam bursa pelatih anyar Timnas Belanda. Meskipun masih berusia muda, pengalamannya menjadi asisten Timnas Australia hingga pelatih PSV Eindhoven layak diperhitungkan.

Karier singkat pada dua pekerjaan tersebut membuat Mark van Bommel layak diapreasi. Usianya yang baru 43 tahun tentu akan membawa perubahan masif di Timnas Belanda.

Apalagi Mark van Bommel memiliki pengalaman dan sangat mengenal Timnas Belanda. Selama bermain, Mark van Bommel tercatat menjadi bagian dari De Oranje rentang 2000-2012 dengan sumbangan 79 penampilan dan 10 penampilan.

Ā 

3 dari 7 halaman

2. Peter Bosz

Peter Bosz memiliki segudang pengalaman sejak terjun ke dunia kepelatihan pada 2000. Pelatih berusia 56 tahun itu telah menukangi AGOVV Apeldoorn, De Graasfchap, Heracles Almelo, Vitesse, Maccabi Tel Aviv, Ajax, Borussia Dortmund, dan saat ini melatih di Bayer Leverkusen.

Pengalaman tersebut membuatnya layak menjadi pelatih anyar Timnas Belanda. Apalagi Peter Bosz merupakan pemain De Oranje rentang 1991-1995.

Peter Bosz dikenal sebagai pelatih yang mengandalkan permainan agresif. Ini sesuai dengan gaya permainan Timnas Belanda yakni Total Football.

4 dari 7 halaman

3. Erik ten Hag

Erik ten Hag merupakan prospek menjanjikan untuk pelatih masa depan Timnas Belanda. Pada usia 50 tahun, Erik ten Hag telah menukangi sejumlah klub yakni Go Ahead Eagles, Bayern Munchen II, FC Utrecht, dan sejak 2017 menukangi Ajax.

Bersama Ajax, Erik ten Hag telah mempersembahkan tiga gelar. Di bawah asuhannya, Ajax menjadi klub yang mengerikan dengan persentase kemenangan mencapai 73,11 persen.

Jadi, sudah saatnya buat Erik ten Hag untuk mencoba tantangan baru. Tentu saja ini nantinya menjadi lompatan karier yang luar biasa buat Erik ten Hag.

5 dari 7 halaman

4. Frank de Boer

Posisi pelatih Timnas Belanda sudah tepat diberikan kepada Frank de Boer. Pelatih berusia 50 tahun itu sudah berpengalaman menukangi Ajax, Inter Milan, Crystal Palace, hingga Atlanta United.

Dengan pengalaman yang dimiliki De Boer, ini merupakan waktu yang tepat untuk mencoba tantangan baru. Sebagai pelatih lokal, De Boer masuk dalam sosok yang layak mengemban jabatan penting tersebut.

Apalagi De Boer sudah sangat mengenal Timnas Belanda. Semasa aktif bermain rentang 1990-2004, De Boer mengoleksi 112 penampilan dan mencetak 13 gol.

6 dari 7 halaman

5. Arsene Wenger

Timnas Belanda jarang menggunakan pelatih dari luar negeri. Terakhir, De Oranje dilatih pelaih asing pada 1997-1998 yakni oleh Ernst Happel.

Namun, KNVB tentu bakal mempertimbangkan sosok Arsene Wenger. Pria asal Prancis itu sudah berpengalaman menukangi klub sepanjang kariernya.

Melatih Timnas dianggap sebagai waktu yang tepat buat Arsene Wenger yang sudah hampir dua tahun menganggur itu. Menarik untuk menyaksikan pelatih asing menukangi Timnas Belanda.

7 dari 7 halaman

6. Louis van Gaal

Louis van Gaal menjadi kandidat favorit pelatih anyar Timnas Belanda. Van Gaal bukan sosok yang asing buat skuat berjulukan De Oranje itu.

Van Gaal pernah dua kali menukangi Timnas Belanda yakni pada 2000-2002 dan 2012-2014. Pencapaian terbaik Van Gaal bersama Timnas Belanda adalah raihan peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Saat ini, Van Gaal sedang menanggur dan belum menerima pekerjaan lagi setelah meninggalkan Manchester United pada 2016. Dengan kualitas yang dimiliki Van Gaal tentu saja membuat Timnas Belanda berpeluang kembali meraih kejayaan pada Piala Eropa tahun depan.

Sumber: dari berbagai sumberĀ 

Video Populer

Foto Populer