Sukses


Best Starting XI Liga Champions 2019 / 2020 Versi Bola.com, Messi dan Ronaldo Minggir Dulu

Bola.com, Jakarta - Bola.com memilih 11 pemain terbaik tiap posisi dalam best starting XI Liga Champions 2019/2020. Mohon maaf Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kalian minggir dulu.

Banyak cerita di balik penyelenggaraan Liga Champions 2019/2020. Kompetisi sepak bola antarklub terbaik Eropa ini sempat ditunda akibat pandemi virus corona COVID-19.

Kendati demikian, keseruan tetap terjaga. Bahkan, Alexander Cerefin selaku Presiden UEFA menimbang sistem atau format Liga Champions diubah seperti musim 2019/2020, di mana kompetisi digelar terpusat sejak fase knock out dan tanpa home & away.

Para pemain dari tiap klub tetap bisa menampilkan permainan terbaik mereka sepanjang turnamen. Hingga terpilihlah best starting XI, mulai dari kiper hingga striker.

Berikut ini Bola.com memilih 11 pemain terbaik tiap posisi dalam best starting XI Liga Champions 2019/2020. Tak seperti 'biasanya', kali ini tidak ada nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

2 dari 13 halaman

Kiper - Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Manuel Neuer merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Champions musim ini. Kiper Bayern Munchen itu hanya kemasukan lima gol sepanjang kompetisi dan mampu mencatatkan enam clean sheet dari 11 pertandingan.

3 dari 13 halaman

Bek Kanan - Joshua Kimmich (Bayern Munchen)

Meski sebagaian besar bermain sebagai gelandang, Kimmich tampil sangat baik di posisi bek kanan dan dan jumlah assist-nya (4) menjadi yang terbanyak ketimbang bek-bek lain. Saat menang 8-2 atas Barcelona, dia mencatatkan satu assist dan satu gol.

4 dari 13 halaman

Bek Tengah - Dayot Upamecano (RB Leipzig)

Tidak mengherankan jika klub-klub top Eropa menginginkan Upamecano. Bek Prancis itu berperan penting dalam membawa RB Leipzig ke semifinal Liga Champions setelah melewati tim-tim seperti Tottenham Hotspur dan Atletico Madrid di fase sistem gugur.

5 dari 13 halaman

Bek Tengah - David Alaba (Bayern Munchen)

Memulai kompetisi sebagai bek kiri, David Alaba menunjukkan bahwa ia juga bisa diandalkan sebagai bek tengah. Statistik menyebutkan, bek asal Austria itu memenangi 85 persen dari total tekelnya, 75 persen duel 1 vs 1, dan mencatatkan 91 persen umpan sukses.

6 dari 13 halaman

Bek Kiri - Alphonso Davies (Bayern Munchen)

Pada usia 19 tahun, Alphonso Davies menjadi pemain Kanada pertama yang memenangkan Liga Champions. Diberkahi dengan kecepatan, tidak ada bek kiri lainnya yang punya musim lebih baik dari Davies dan sang pemain mencatatkan tiga assist di kompetii Eropa.

7 dari 13 halaman

Sayap Kanan - Serge Gnabry (Bayern Munchen)

Pemain asal Jerman ini merupakan salah satu pemain yang cukup berbahaya di Liga Champions. Ia merupakan ancaman terbesar Bayern Munchen selain Robert Lewandowski. Gnabry berhasil mencetal sembilan gol dan dua assist.

8 dari 13 halaman

Gelandang - Thiago Alcantara (Bayern Munchen)

Pemain internasional Spanyol ini adalah detak jantung tim Bayern Munchen. Thiago juga merupakan alasan utama mengapa Hansi Flick tidak terlalu cemas saat timnya menyerang total.

9 dari 13 halaman

Gelandang - Thomas Muller (Bayern Munchen)

Saat Niko Kovac dipecat, ada anggapan bahwa musim Thomas Muller telah berakhir. Namun, anggapan tersebut salah besar. Ia justru tetap menjadi andalan Bayern Munchen dan sanggup mencetak 12 gol dan 20 assist dari 30 penampilan di Bundesliga.

10 dari 13 halaman

Sayap Kiri - Neymar (PSG)

Banyak yang mengejek finishing buruk Neymar di beberapa pertandingan terakhir di Liga Champions. Namun, pemain Brasil itu mempunya peran penting dalam membawa PSG ke final. Mantan pemain Barcelona itu mencetak tiga gol dan membuat empat assist hanya dalam tujuh penampilan.

11 dari 13 halaman

Striker - Erling Haaland (Borussia Dortmund)

Delapan gol ia koleksi ketika bermain untuk RB Salzburg dan Borussia Dortmund. Sayang, Langkah Dortmund terhenti pada 16 besar dari PSG.

12 dari 13 halaman

Striker - Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Robert Lewandowski tampil sangat tajam di Liga Champions 2019-2020. Pemain asal Polandia itu menjadi top skorer di kompetisi ini setelah mencetak 15 gol dari 10 laga. Lewandowski juga turut andil menyumbang enam assist.

13 dari 13 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer