Sukses


Piala Super Eropa 2020: Drama 3 Gol Dianulir Wasit, Bayern Munchen Butuh 120 Menit untuk Kalahkan Sevilla

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2020. Bertanding di Puskas Arena, Budapest, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB, yang diwarnai dengan momen tiga gol dianulir wasit, Bayern Munchen berhasil menang 2-1 atas Sevilla melalui babak extra time.

Pertandingan ini disaksikan langsung oleh suporter yang menerapkan protokol kesehatan. Ada 15.500 penonton hadir dan tidak melebihi 30 persen dari kapasitas venue pertandingan.

Sevilla lebih dulu berhasil meraih keunggulan dalam pertandingan ini. Wasit Anthony Taylor memberikan penalti kepada klub Spanyol itu pada menit ke-11 setelah Ivan Rakitic dijatuhkan oleh David Alaba di kotak penalti.

Lucas Ocampos yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sebuah eksekusi penalti tanpa melihat dengan baik dilakukannya untuk menaklukkan Manuel Neuer.

Namun, Bayern Munchen mampu merespons dengan baik dan menyamakan kedudukan pada menit ke-34 lewat gol yang dicetak oleh Leon Goretzka. Kerja sama dengan Robert Lewandowski yang baik membuat pemain asal Jerman itu berhasil menjebol gawang Sevilla.

Sevilla hampir saja kembali unggul pada menit ke-36 lewat tandukan Luuk de Jong. Namun, wasit Anthony Taylor menganulir gol tersebut karena penyerang Sevilla itu sudah dalam posisi offside.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, giliran Bayern Munchen yang mendapatkan gol tapi dianulir oleh wasit. Gol Robert Lewandowski dianulir karena penyerang asal Polandia itu tertangkap kamera VAR sduah berada di posisi offside.

Tidak hanya satu kali, Bayern Munchen harus merasakan dua gol dianulir. Tepatnya pada menit ke-64, Leroy Sane harus dua kali berusaha untuk menjebol gawang Sevilla dan berhasil. Namun, wasit Anthony Taylor lebih dulu melihat pelanggaran dilakukan oleh Lewandowski.

Hingga 90 menit berlalu, kedua tim harus melanjutkan pertandingan dengan extra time karena kedudukan masih imbang 1-1.

Bayern Munchen akhirnya berhasil unggul pada menit ke-104. Javi Martinez yang baru masuk sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol setelah memaksimalkan bola setelah sebelumnya peluang David Alaba masih bisa dihalau kiper Sevilla, Yassine Bounou.

Sayang, upaya Bounou menghalau bola justru membuat gawangnya kembali terancam dan akhirnya jebol oleh gol yang dicetak Javi Martinez.

Dalam 15 menit pertandingan tersisa, Sevilla tidak mampu mendapatkan gol yang mereka butuhkan untuk memaksa laga berlanjut dan ditentukan lewat drama adu penalti. Bayern Munchen mampu mempertahankan keunggulan 2-1 yang mereka miliki dan memenangkan Piala Super Eropa 2020.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Alaba, Niklas Sule, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard; Leon Goretzka, Joshua Kimmich; Thomas Muller, Serge Gnabry, Leroy Sane; Robert Lewandowski

Pelatih: Hans Dieter Flick

Sevilla (4-3-3): Yassine Bounou; Jesus Navas, Sergio Escudero, Diego Carlos, Jules Kounde; Ivan Rakitic, Fernando, Joan Jordan; Suso, Lucas Ocampos, Luuk de Jong

Pelatih: Julen Lopetegui

3 dari 3 halaman

Video

Pesepakbola dengan gol Tendangan Bebas Terbanyak

Video Populer

Foto Populer