Sukses


Liga Italia: Sinyal Juventus Mulai Menyiapkan Era Baru Tanpa Cristiano Ronaldo

Bola.com, Turin - Cristiano Ronaldo punya pengaruh besar untuk Juventus sejak bergabung pada 2018. Namun, Juventus tak bisa selamanya terlalu tergantung kepada sang pemain karena kontraknya di Turin akan habis pada Juni 2022. 

Juventus kini menunjukkan sinyal mulai bersiap menjalani hidup tanpa Cristiano Ronaldo di masa depan.

Ronaldo bergabung dengan Juventus pada 2018. Datang pada usia 33 tahun, Ronaldo tetap menjadi pemain paling penting di lini depan Juventus. Gol demi gol menjadi jaminan dari kehadiran Ronaldo.

Ronaldo mencetak 21 gol pada musim pertamanya di Serie A. Pada musim kedua, 31 gol dicetak pemain berusia 35 tahun itu. Ketajaman Ronaldo diyakini belum akan mengendur pada musim 2020/2021 ini.

Di sisi lain, Juventus juga mulai bersiap pada era post-Ronaldo. Si Nyonya Tua sudah memberi beberapa isyarat. Selain membeli dua pemain muda, Andrea Pirlo mengatakan siap memberi istirahat untuk Ronaldo.

Cristiano Ronaldo seolah membuat Juventus ketergantungan. Pemain asal Portugal punya peran yang tak tergantikan di lini depan. Gonzalo Higuian hingga Mario Mandzukic harus meninggalkan klub setelah Ronaldo datang.

Andrea Pirlo menyadari Juventus punya ketergantungan pada Ronaldo. Di sisi lain, Pirlo juga sadar akan kualitas yang dimiliki Ronaldo. Pirlo tidak akan mencoret nama Ronaldo dari line-up, tetapi memberi istirahat lebih.

"Ronaldo bekerja sangat keras. Dia membawa antusiasme. Anda bisa melihatnya di lapangan," ucap Andrea Pirlo.

"Cristiano Ronaldo memulai musim dengan sangat baik, saya berharap dia akan terus melakukan seperti ini hingga akhir musim," sambung pelatih 41 tahun.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Bawa Pemain Muda

Juventus menambah tiga pemain di lini depan pada musim 2020/2021 ini. Alvaro Morata menjadi yang paling senior dengan usia 27 tahun. Sedangkan, Federico Chiesa baru 22 tahun dan Dejan Kulusevski berusia 20 tahun.

Ketiga pemain memang belum berada di level Ronaldo, tetapi mereka disiapkan untuk menjadi pilar Juventus di masa depan. Jangan lupa, Juventus juga masih punya Paulo Dybala di lini depan.

Transfer Chiesa mendapat perhatian lebih. Sebab, dia disebut-sebut sebagai salah satu bakat terbaik Italia di lini depan. Belakangan, eks pemain Fiorentina itu juga bisa bermain sebagai winger.

Bersama Chiesa dan Kulusevski, Juventus diyakini menyiapkan skema tim untuk masa depan. Paulo Dybala bakal banyak belajar dari Ronaldo dalam dua musim ke depan untuk kemudian menjadi pemimpin baru di lini depan.

Belum ada tanda-tanda Juventus akan memperpanjang kontrak Ronaldo yang habis pada Juni 2022. Di sisi lain, belum ada juga pertanda Ronaldo akan mengakhiri kariernya setelah kontrak bersama Juventus akan habis.

Ronaldo masih punya fisik yang prima pada usia 35 tahun. Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, yakin Ronaldo masih berada di level profesional untuk waktu yang lebih lama.

"Cristiano siap bermain sampai dia berusia 40 tahun, tetapi dia tidak tahu apakah itu akan terjadi. Pada titik tertentu dia mungkin merasa bahwa dia tidak lagi punya kondisi yang sama," kata Santos.

"Ronaldo bukan pemain yang akan menurunkan levelnya, ketika dia merasa dia tidak bisa menjadi Ronaldo, dia tidak akan melakukannya," tutup Santoso.

Sumber: The Sun

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 8/10/2020)

Video Populer

Foto Populer