Sukses


5 Negara yang Memiliki Basis Pendukung Terbanyak Seantero Dunia di Media Sosial: Unik, Minim Gelar Timnas Inggris Tetap Populer

Bola.com, Jakarta - Sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Meskipun kebanyakan orang mudah terhubung dengan sepak bola di level klub, namun tim nasional memberikan semangat maksimal di antara para penggemar.

Pada 17 September 2020, FIFA memiliki 210 tim nasional yang diakui secara resmi, tetapi hanya sedikit dari mereka yang ambil bagian dalam kompetisi elite seperti Piala Dunia.

Karena negaranya absen di event akbar, suporter mengalihkan dukungan ke negara lain. Berkat jangkauan global sepak bola yang sangat besar, tim sekarang dapat membangun basis penggemar jauh dari wilayah mereka sendiri, termasuk tim nasional.

Di sisi lain, tim nasional dapat menggunakan media sosial secara efektif di era globalisasi saat ini untuk membuat penggemarnya tetap terlibat bahkan ketika pemain sibuk bermain dengan klub mereka.

Sangat mudah untuk memastikan kesuksesan sebuah tim berdasarkan trofi yang mereka kumpulkan, tetapi hampir tidak mungkin untuk mengukur popularitas mereka secara akurat. Di sinilah tiga platform media sosial besar Facebook, Instagram, dan Twitter berguna. Jumlah pengikut online secara kasar memberi kita gambaran tentang jumlah penggemar yang dimiliki suatu tim.

Meskipun timnas sebuah negara tak bisa menandingin akun-akun pribadi macam Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Lionel Messi yang memiliki ratusan juta penggemar online, mereka masih memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial.

Berikut ini lima negara yang memiliki basis penggemar terbanyak di dunia. Data diambil dari media sosial resmi.

2 dari 7 halaman

Argentina: 1,9 Juta Penggemar

Tidaklah mengherankan melihat Argentina menjadi salah satu negara yang punya pendukung berlimpah di dunia sepak bola. Tujuh dekade terakhir Tim Tango selalu melahirkan pemain-pemain hebat.

Mulai dari Mario Kempes, Diego Maradona, hingga yang terkini Lionel Messi. Pemenang Piala Dunia dua kali tersebut punya jumlah penggemar 11,9 juta orang, menandai banyak orang di seantero dunia menggemari gaya bermain negara satu ini, juga tentu efek langsung popularitas Lionel Messi yang mendunia.

  • Facebook: 4,1 juta penyuka
  • Twitter: 3,7 juta pengikut
  • Instagram: 4,1 juta pengikut
3 dari 7 halaman

Jerman: 13,5 Juta Penggemar

Jerman adalah salah satu tim nasional paling sukses, setelah memenangkan empat Piala Dunia (1954, 1974, 1990, 2014), tiga trofi Piala Eropa (1972, 1980, 1996), dan satu Piala Konfederasi (2017).

Timnas Jerman selalu menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kompetisi internasional berkat pemain-pemain luar biasa di jajaran skuatnya. Mereka konsisten mencetak pemain berkualitas dari generasi ke generasi.

Popularitas Die Mannschaft dan peringkat FIFA terpukul setelah tersingkir fase grup dari Piala Dunia 2018 dan penampilan buruk di UEFA Nations League tahun lalu. Meski begitu, mereka adalah tim nasional terpopuler keempat di media sosial.

Inilah cara tim sepak bola nasional Jerman yang memiliki 13,5 juta penggemar didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 6,4 juta suka
  • Twitter: 3,1 juta pengikut
  • Instagram: 4,0 juta pengikut
4 dari 7 halaman

Inggris: 16,2 Juta Penggemar

Sepak bola modern lahir di Inggris dan hingga saat ini tetap menjadi salah satu olahraga paling populer di negara tersebut. Jadi, tidak mengherankan melihat Timnas Inggris memiliki 16,2 juta penggemar online di seantero dunia.

The Three Lions belum pernah memenangkan satu pun trofi internasional sejak kesuksesan mereka di Piala Dunia 1966, tetapi popularitas mereka tidak lantas melorot. Beberapa tahun belakangan bahkan meningkat pesat seiring meleseatnya popularitas Premier League sebagai kompetisi terbaik di dunia.

Jika para pemain bertalenta tinggi yang ada di timnas tersebut bisa meniru performa klub, mereka akan menjadi salah satu tim sepak bola yang paling ditakuti di dunia.

Beginilah cara 16,2 juta penggemar tim sepak bola nasional Inggris didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 7 juta suka
  • Twitter: 4,1 juta pengikut
  • Instagram: 5,1 juta pengikut
5 dari 7 halaman

Prancis: 18,6 Juta Penggemar

Saat ini, Prancis memiliki salah satu skuad paling solid di dunia dengan line-up bertabur bintang macam: Kylian Mbappe, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Raphael Varane, dan N'Golo Kante. Kesuksesan  memenangi Piala Dunia 2018 mengantar Tim Ayam Jantan melesat ke puncak ranking FIFA, sebelum disalip Belgia baru-baru ini.

Les Blues adalah tim nasional pertama yang mengakuisisi tiga gelar terpenting yang diakui oleh FIFA: Piala Dunia, Piala Konfederasi, dan Olimpiade.

Beginilah cara 18,6 juta penggemar tim sepak bola nasional Prancis didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 6 juta suka
  • Twitter: 7,8 juta pengikut
  • Instagram: 4,8 juta pengikut
6 dari 7 halaman

Brasil: 23,7 Juta Penggemar

Brasil, pemenang Piala Dunia lima kali, yang memperkenalkan 'jogo bonito' kepada dunia, adalah bangsa yang menghayati dan mencintai sepak bola. Negara ini telah menghasilkan beberapa talenta terbaik yang pernah ada di sepak bola dunia. Mulai dari Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Zico, hingga Neymar.

Meskipun mereka kurang bersinar di beberapa edisi terakhir Piala Dunia, warisan Tim Samba yang kaya terus menarik lebih banyak penggemar. Banyak orang menikmati gaya permainan indah negara satu ini. Buat mereka Brasil adalah simbol keindahan.

Inilah bagaimana 23,7 juta penggemar tim sepak bola nasional Brasil didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 11,8 juta suka
  • Twitter: 4,6 juta pengikut
  • Instagram: 7,3 juta pengikut

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Pesepakbola dengan gol Tendangan Bebas Terbanyak

Video Populer

Foto Populer