Sukses


Lumat VVV Venlo 13-0, Ajax Amsterdam Ukir Rekor di Eredivisie

Bola.com, Venlo - Kemenangan besar ditorehkan Ajax Amsterdam di Eredivisie. Menghadapi VVV Venlo di Covebo Stadion De Koel pada laga pekan keenam, Sabtu (24/10/2020) malam WIB, Ajax menang dengan skor 13-0.

Bermain di kandang lawan, de Godenzonen tampil menekan sejak bola digulirkan. Mencatatkan 76 persen penguasaan bola, Ajax mampu unggul 4-0 atas Venlo pada babak pertama.

Keempat gol Ajax Amsterdam pada paruh pertama disarangkan Jurgen Ekkelenkamp pada menit ke-12, Lassina Traore menit ke-17 dan 32', serta Dusan Tadic menit ke-44.

Unggul empat gol pada babak pertama, Ajax sama sekali tak mengendurkan intensitas serangan pada paruh kedua. Kartu merah yang diterima bek VVV Venlo, Christiaan Kum, pada menit ke-52, membuat de Godenzonen semakin leluasa melakukan tekanan.

Ajax Amsterdam kemudian menambah sembilan gol lagi, lewat aksi Lassina Traore pada menit ke-54, 65', dan 87', Antony menit ke-55, Jurgen Ekkelenkamp menit ke-57', Daley Blind menit ke-59', Klaas Jan Huntelaar menit ke-74 dan 76', serta Lisandro Martinez menit ke-78'. Sampai laga berakhir, Ajax menang 13-0 atas VVV Venlo.

Berkat kemenangan ini, Ajax Amsterdam bercokol di puncak klasemen sementara Eredivisie dengan nilai 15 hasil dari enam pertandingan. Di sisi lain, VVV Venlo menempati peringkat ke-10 dengan koleksi lima poin.

 

2 dari 3 halaman

Ukir Rekor

Hasil tersebut membuat Ajax menorehkan rekor di Eredivisie. Mereka menjadi klub pertama yang berhasil meraih kemenangan dengan skor 13-0 di Liga Belanda.

Ajax Amsterdam juga memecahkan rekor kemenangan terbesar yang pernah terjadi di Eredivisie. Sebelumnya, kemenangan besar juga diukir Ajax pada Mei 1972. Kala itu, mereka menang 12-1 atas Vitese.

Penyerang Ajax Amsterdam, Lassina Traore, juga mengukir rekor spesial. Traore menjadi pemain Ajax pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Eredivisie, setelah terakhir kali ditorehkan Marco van Basten pada 1985.

Saat itu, Van Basten mencetak enam gol ke gawang Sparta Rotterdam dalam laga pekan ke-17 Liga Belanda 1985/1986. Ajax pun menang 9-0 pada pertandingan yang berlangsung di Ajax-stadion tersebut.

Sumber: Opta, Transfermarkt

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Berita Pilihan Minggu Ini

Video Populer

Foto Populer